Menu Latihan Sangat Berat, Timnas U-23 Banyak Yang Sakit

0
25

Debatbola.com – Timnas Indonesia U-23 kini tengah melakoni pemusatan latihan di Korea Selatan yang sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Pemusatan latihan tersebut dalam rangka persiapan untuk menghadapi SEA Games 2021 yang tahun ini terlaksana di Vietnam. Bahkan Timnas juga diikutkan laga uji coba dengan beberapa klub lokal asal Korea Selatan sebagai bagian dari latihan.

Baru-baru ini terungkap menu latihan yang harus dilakoni para pemain Timnas U-23 selama pemusatan latihan. Rupanya para punggawa menjalani latihan yang cukup keras demi membuat fisik para pemain menjadi lebih kuat. Karena kerasnya latihan yang diberikan Shin Tae Yong, banyak dari para pemain yang jatuh sakit karena kelelahan.

Menu Latihan Yang Berat

Sejak Timnas dilatih oleh Shin Tae Yong, perubahan besar dibawa oleh pelatih asal Korea tersebut. Para pecinta sepak bola bahkan sangat mengapresiasi kerja keras Shin Tae Yong yang terus berusaha membuat Timnas menjadi lebih kuat. Secara perlahan progres dari perkembangan Timnas mulai terlihat baik dari segi performa serta ketahanan fisik.

Selama Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan, menu latihan yang digunakan Shin Tae Yong kini sudah terbongkar dan menjadi sorotan publik. Para pelatih Timnas rupanya menjalankan sesi latihan yang cukup keras dari pelatih asal Korea itu. Salah satu punggawa Timnas U-23 sampai mengakui jika menu latihan yang diberikan pelatih asal Korea Selatan itu sangat melelahkan.

Tidak tanggung-tanggung Shin Tae Yong menjadwalkan pelatihan sebanyak 3 kali dalam sehari. Pemain Timnas U-23 juga diharuskan melakukan sesi latihan yang berlokasi di gunung dan pantai. Dengan menu latihan yang seperti itu, tentu akan menguras tenaga para pemain Timnas yang rata-rata umurnya masih muda.

Menu latihan yang digunakan oleh Shin Tae Yong rupanya berfungsi untuk melatih fisik para punggawa Timnas yang selama mendapat kritikan. Menurut Pelatih asal Korsel tersebut, fisik pemain Indonesia masih ringkih dan jauh dari standar fisik pemain sepakbola. Padahal, dari segi kemampuan dan taktik, para pemain tersebut cukup bagus.

Alasan itulah yang akhirnya membuat Shin Tae Yong membuat menu latihan seperti itu untuk Timnas U-23. Berlatih di berbagai medan dengan jadwal latihan yang sangat padat akan membuat fisik para pemain menjadi lebih kuat. Diharapkan saat melakoni laga di SEA Games nanti, fisik para pemain Timnas U-23 sudah sangat bagus.

Marc Klok sebagai pemain yang ikut dalam pemusatan latihan mengakui jika latihan yang diberikan sangat keras dan menguras tenaga. Namun, Klok juga menyadari jika untuk bisa berprestasi di kompetisi nanti sangat membutuhkan fisik yang bagus. Pemain kelahiran Belanda tersebut juga mengakui jika latihan tersebut sangat penting dilakukan.

Banyak Yang Jatuh Sakit

Selama ini, yang dilakukan oleh punggawa Timnas U-23 di Korea Selatan yaitu latihan, makan dan kemudian istirahat. Para pemain hanya boleh fokus pada bola, taktik serta teknik dengan diselingi latihan lari di gunung dan pantai untuk melatih fisik. Bahkan dengan padatnya menu latihan yang diberikan, para punggawa Timnas U-23 sampai tidak sempat untuk menikmati langit sore di Korea Selatan.

Menu latihan yang cukup padat tersebut rupanya benar-benar menguras stamina para pemain dan bahkan banyak yang jatuh sakit. Kemungkinan besar fisik pemain Indonesia belum terbiasa dengan latihan fisik seberat itu. Bahkan ada juga pemain yang kini tengah menjalani terapi karena cedera selama latihan.

Sekedar info, kini hanya ada 25 pemain Timnas U-23 yang melakoni pemusatan pelatihan di Korea Selatan. Dua pemain lainnya yaitu Elkan Baggott serta Saddil Ramdani tidak mendapat ijin dari klub yang menaunginya. Sedangkan 4 pemain yang bermain untuk Tim luar negeri masih belum bisa bergabung seperti Pratama Arhan dan Witan Sulaeman.

Selain menjadwalkan latihan, Shin Tae Yong juga menjadwalkan pertandingan uji coba dengan beberapa klub lokal Korea Selatan. Baru-baru ini Timnas U-23 sudah melakoni laga uji coba melawan Andong Science dan berhasil memenangkan pertandingan. Selanjutnya, Timnas U-23 masih harus melakoni dua laga uji coba lagi melawan Pohang Steelers dan terakhir Daejeon Citizen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here