Menjadi Pemimpin Timnas, Siapakah Kapten Termuda Gelaran EURO 2020?

0
125
Menjadi Pemimpin Timnas, Siapakah Kapten Termuda Gelaran EURO 2020

Debatbola.com – Pemimpin sangatlah diperlukan dalam suatu kelompok atau organisasi. Tak terkecuali di permainan sepakbola yang notabene dimainkan oleh sebelas pemain. Pemimpin tim sepakbola biasanya disebut kapten tim.

Dalam pertandingan sepakbola peran kapten ini sangatlah krusial. Pasalnya masing-masing tim memerlukan seseorang untuk bertanggung jawab kepada tim maupun kepada sang pelatih. Mereka juga diperlukan sebagai penyambung antara para pemain dengan pelatih.

Kapten Termuda Di EURO 2020

Sementara itu biasanya pemain yang ditunjuk menjadi kapten adalah seorang pemain senior yang sudah berpengalaman dalam dunia sepakbola. Akan tetapi ada juga pemain yang masih berusia muda yang telah ditunjuk sebagai kapten.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di gelaran EURO 2020 ini, setiap negara menyumbangkan masing-masing satu kapten. Di setiap kapten tersebut terdapat juga pemain-pemain yang masih berusia cukup muda. Lalu siapa saja kapten termuda di gelaran EURO 2020? Berikut akan dibahas.

Andy Robertson

Bek kiri Liverpool ini sukses membawa Timnas Skotlandia lolos mengikuti turnamen EURO 2020. Walaupun hanya menjadi peringkat ketiga dalam tabel klasemen kualifikasi pada 2019 lalu, mereka berhak tampil di babak playoff. Pada babak hidup mati tersebut, tim yang berjuluk Tartan Army ini harus menghadapi Israel dan Serbia.

Pada laga semifinal melawan timnas Israel, skuat yang diasuh oleh pelatih Steve Clarke tersebut berhasil menang lewat skema adu penalti. Setelah itu mereka pun berhak tampil di final dan melawan Serbia. Di laga pamungkas itu, mereka juga berhasil keluar sebagai pemenang dengan skema yang sama seperti di fase semifinal.

Lolos ke gelaran EURO 2020 menjadi tujuan utama skuat Tartan Army dan hal itu pun telah terlaksana. Sementara itu sebagai kapten tim, mereka mengirimkan Andy Robertson sebagai pemimpin tim mereka. Mantan bek Dundee United itu menjadi kapten termuda di turnamen paling bergengsi sebenua Eropa ini di usianya yang ke-27 tahun.  

Pemilihan sang pemain tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya sang pemain tersebut merupakan pemain dengan kualitas yang paling mumpuni di antara pemain yang lain. Andy Robertson juga mampu tampil impresif sebagai bek kiri Liverpool sejak diboyong pada Juli 2017 silam dari Hull City.

Granit Xhaka

Satu lagi pemain yang ditunjuk menjadi kapten di usia yang termuda di antara tim lainnya adalah pemain Arsenal, Granit Xhaka. Gelandang tengah klub asal London Utara ini memilih untuk membela tanah kelahirannya, Swiss.

Timnas Swiss sendiri lolos EURO 2020 setelah tampil impresif pada babak kualifikasi. Mereka sukses finish di posisi puncak tabel grup D dengan total poin 17 dari total delapan pertandingan. Anak asuh Vladimir Petkovic ditemani oleh pasukan timnas Denmark yang finish sebagai runner up.

Granit Xhaka menjadi pemain termuda kedua di gelaran EURO 2020 sebagai kapten. Tahun ini dirinya masih berusia 28 tahun dan sudah ditunjuk sebagai pemimpin tim. Dirinya ditunjuk menjadi suksesor mantan kapten La Nati, Stephan Lichtsteiner yang pensiun.

Penunjukan itu dimulai pada gelaran resmi kualifikasi EURO pada tahun 2019 lalu. Granit Xhaka ditunjuk menjadi kapten sementara tim pada laga yang dimainkan di markas Republik Irlandia. Dimana pada laga itu, La Nati berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1.

Namun setelah laga itu Stephan Lichtsteiner yang masih bermain kembali mengambil alih ban kapten. Gelandang Arsenal ini baru menjadi kapten tim dan memimpin timnas Swiss pada turnamen UEFA Nations League pada bulan Juni 2019 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here