Menilik Usaha Barcelona Untuk Datangkan Erling Haaland

0
127

Debatbola.com – Kehilangan Lionel Messi membuat Barcelona berusaha mendatangkan striker baru yang bisa mengembalikan kejayaan klub. Awal musim lalu, El Barca berhasil mendatangkan Sergio Aguero yang merupakan top scorer sepanjang masa milik Manchester City. Belum berkontribusi banyak, sang striker sudah harus pensiun dini karena gangguan irama jantung yang dideritanya.

Melihat posisi Barcelona yang belum juga memuaskan di klasemen Liga Spanyol membuat klub tersebut berinisiatif mendatangkan striker baru. Incaran klub tersebut yaitu Erling Haaland yang merupakan komoditas panas sejak musim lalu. Barcelona harus menyediakan dana yang sangat besar demi bisa mendatangkan bomber milik Borussia Dortmund tersebut.

Ngebet Erling Haaland

Barcelona merupakan klub terkuat untuk mendatangkan Erling Haaland bersama Real Madrid yang lebih dulu tertarik. Sudah bukan rahasia lagi jika Blaugrana dikaitkan dengan bomber milik Norwegia tersebut. Bahkan Lluis Carrasco sudah sesumbar akan memenangkan persaingan dengan klub lain yang juga menginginkan Erling Haaland.

Joan Laporta selaku Presiden Barcelona sangat menyukai Haaland dan menginginkan pemain tersebut untuk menjadi bagian dari Camp Nou. Statusnya sebagai bomber muda terbaik saat ini akan mampu mendongkrak kualitas klub sehingga mampu bersaing di papan atas Liga Spanyol. Keran gol milik Barcelona tidak akan macet lagi karena memiliki mesin pencetak gol yang sudah terbukti kualitasnya.

Barcelona sebenarnya masih memiliki striker lain seperti Ansu Fati, Memphis Depay, Ousmane Dembele, Luuk de Jong serta Martin Braithwaite. Namun sayang para striker tersebut belum mampu berkontribusi banyak bahkan cenderung mengecewakan. Ansu Fati yang merupakan produk asli La Masia sebenarnya bisa menjadi andalan, akan tetapi cedera yang sering menghampirinya membuat pemain tersebut terhambat perkembangannya.

Beberapa waktu lalu Barcelona sebenarnya sudah berhasil mendatangkan Ferran Torres dari Manchester City. Striker muda asli Spanyol tersebut bersedia pindah untuk menambah kekuatan di lini depan Tim Catalan. Namun pihak Barcelona masih merasa belum cukup sehingga masih menginginkan Erling Haaland.

Cara Barcelona Dapatkan Dana Besar

Mendatangkan Erling Haaland bukanlah perkara yang mudah bagi Barcelona. Bukan hanya perkara banyaknya pesaing saja, harga bomber Norwegia tersebut juga akan sangat mahal. Barcelona sendiri tengah menghadapi krisis yang membuat klub tersebut terlilit hutang dan kekurangan dana untuk mendatangkan pemain.

Pihak Barcelona harus mencari cara agar Erling Haaland bisa didatangkan ke Camp Nou tanpa mengganggu keuangan klub. Pasalnya, El Barca harus menyediakan setidaknya 100 juta euro untuk bisa memboyong Haaland dari Bundesliga. Jumlah tersebut tentu saja sangat jauh dengan limit belanja yang sudah ditentukan untuk Barcelona.

Rupanya Joan Laporta sudah menyiapkan cara jitu untuk mengatasi masalah keuangan yang melanda klub tersebut. Barca akan menjual pemain bergaji tinggi dan mengajukan pinjaman ke Goldman Sachs yang merupakan Bank Investasi milik Amerika Serikat serta menjalin kerjasama dengan CVC Capital.

Kabar baru yang beredar, Barcelona juga akan menjual saham Barca Studios yang merupakan barang mewah klub tersebut sebesar 49% untuk membiayai transfer Haaland. Bukan hanya bisa menutupi biaya transfer, masalah keuangan akan sedikit terbantu dengan penjualan Barca Studios tersebut. Gaji para pemain termasuk Ferran Torres akan tertutupi dalam waktu dekat karena petinggi Barcelona sudah menyetujui penjualan barang mewah itu.

Borussia Dortmund Untung Besar

Erling Haaland sebenarnya memiliki klausul rilis sebesar 75 juta Euro saja. Karena tidak ingin kalah dengan pesaingnya, Barcelona menyediakan dana setidaknya 100 juta Euro untuk mengamankan jasa Haaland. Borussia Dortmund tentu merupakan pihak yang paling diuntungkan dengan tawaran dari Barcelona itu.

Die Borussen mendatangkan Erling Haaland dari Red Bull Salzburg pada tahun 2020 lalu dengan biaya hanya 20 juta Euro. Selisih angka yang cukup besar dengan harga rilis Haaland saat ini tentu akan membuat Borussia Dortmund mendapatkan untung yang sangat besar. Namun rupanya Barcelona baru bisa memboyong Haaland pada musim panas nanti karena Die Borussen tidak mau menjualnya Januari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here