‘Menggelar Liga Tanpa Penonton Akan Jadi Pengalaman Buruk’

Debatbola.com – La Liga Spanyol akan menyusul Bundesliga untuk menggulirkan kembali liga yang kini vakum akibat virus corona. Meski belum ada tanggal pasti, kemungkinan besar La Liga akan menggulirkan seluruh kompetisi sepakbolanya pada Juni mendatang.

Wacana melanjutkan sisa musim 2019/20 ini mendapatkan pro dan kontra. Banyak yang menilai situasi belum aman sehingga seharusnya liga belum waktunya digelar kembali. Ada juga yang beranggapan bahwa ini menjadi kabar baik bagi sepakbola Spanyol.

Hal berbeda disampaikan oleh mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengenai kelanjutan liga ini. Menurutnya, jika dilanjutkan seperti yang diwacanakan, di mana akan digelar tanpa penonton, hal itu akan jadi pengalaman buruk bagi para pemain dan pelatih.

“Kalau menggelar beberapa pertandingan tanpa penonton mungkin tidak masalah, tapi aku tak tahu kalau ada 100 pertandingan yang akan digelar tanpa penonton,” ujar Valverde pada Radio Marca. “Yang pertama, itu akan sangat rumit.”

“Itu juga akan sangat buruk. Intinya kita semua sebenarnya belum siap untuk bermain dengan cara seperti itu. Mungkin sekarang semua orang hanya sedikit bersemangat.”

Valverde menambahkan, penonton adalah bagian dari sepakbola itu sendiri. Tanpa penonton artinya tak akan ada kesenangan dan keriangan dalam sepakbola. Meski memang kondisinya tidak memungkinkan, harusnya ini bukan jadi alasan untuk melanjutkan liga.

“Ini akan menjadi hari-hari yang sulit, khususnya ketika kita peduli pada orang-orang yang sangat dekat dengan kita. Kita sedang mengalami sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mungkin ini akan membuat kita melihat banyak pekerjaan yang lebih penting. Tapi itu tak membuat sepakbola berhenti untuk disaksikan, karena itu artinya kita telah merenggut kebahagiaan terbesar dalam sepakbola itu sendiri.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here