Mengenal Orkun Kökçü, Target Arsenal Berbanderol 50 Juta Euro

0
131

Debatbola.com – Kendati winter transfer sudah ditutup dan summer transfer belum resmi dibuka, Arsenal sudah aktif berburu pemain. Orkun Kökçü, gelandang muda sensasional yang kini bermain di Feyenoord tak luput dari perhatian tim berjuluk The Gunners. Kökçü kini menjadi target untuk menambah kekuatan lini tengah Arsenal yang terancam keropos.

Masa depan Granit Xhaka sampai saat ini masih belum jelas, dan gelandang berpaspor Swiss kini gencar diburu AS Roma. Untuk jaga-jaga kepergian sang midfielder, Kökçü bisa jadi pilihan yang bagus. Lalu, siapa sebenarnya Orkun Kökçü? Mari mengenal lebih dekat sosok pemain incaran Arsenal yang kabarnya dibanderol mencapai 50 juta euro.

Pemain Turki, Mekar di Belanda

Dari namanya saja, banyak orang pasti berpikir bahwa Kökçü adalah pemain yang berasal dari Turki. Anggapan banyak orang memang benar. Tetapi, Kökçü yang kini bermain untuk Timnas Turki sejatinya tidak lahir di Negeri Bulan Sabit. Kökçü justru lahir di Negeri Kincir Angin, Belanda, tepatnya pada tanggal 29 Desember 2000.

Karir Kökçü dimulai manakala ia bermain untuk tim junior Groningen. Setelahnya, pada tahun 2014, Kökçü pindah ke Feyenoord. Empat tahun kemudian, Kökçü melakoni debut tim utamanya dalam laga kontra VV Gemert, mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0. Sejak saat itu, karir Kökçü kian mekar di kompetisi kasta tertinggi Negeri Kincir Angin.

Musim ini, wahana888 mencatatkan bahwa Kökçü telah mengemas lima gol plus satu assist. Pemain yang juga punya darah Azerbaijan terus tampil impresif di bawah arahan Arne Slot. Beberapa penghargaan telah disabet pemain yang kini berusia 21 tahun. Teranyar, namanya terpilih sebagai pemain terbaik kompetisi Liga Belanda bulan Januari.

Sempat Bela Belanda, Hingga Perkuat Timnas Turki

Sebagai pemain yang lahir di Belanda, Kökçü sempat berkarir sebagai pemain timnas Belanda di level U-18 dan U-19. Namun, memasuki tahun 2019, Kökçü pindah haluan dengan memilih memperkuat timnas Turki. Penampilannya semakin impresif, dan kini, Kökçü menjadi salah satu anggota tetap dalam skuad Stefan Kuntz.

Di level senior, Kökçü tercatat telah memainkan 13 laga untuk tim Negeri Bulan Sabit. Terakhir kali, Kökçü tampil impresif, mengemas satu gol ditambah satu assist dalam kemenangan 2-1 Turki atas Montenegro di kualifikasi World Cup, November lalu. Kökçü kini punya misi membawa Turki berlaga di World Cup 2022 Qatar, musim dingin nanti.

Kualitas yang Tak Perlu Diragukan

Dengan begitu banyaknya klub yang memburunya, tak dapat dipungkiri bahwa Kökçü merupakan sosok dengan kemampuan tak perlu diragukan. Ali Boussaboun, eks punggawa Feyenoord menyebut bahwa Kökçü punya masa depan cerah. Boussaboun percaya Kökçü bakal bergabung ke salah satu klub raksasa Benua Biru di masa depan.

Ali Can Kutlu, salah satu pemandu bakat juga mengamini pernyataan Ali Boussaboun. Sang pemandu bakat menilai Kökçü punya kemampuan alami seorang gelandang. Akurasi umpannya sangat baik, apalagi jika bicara soal umpan-umpan lambung. Satu hal yang pasti adalah, kualitas Kökçü tak perlu diragukan lagi

Ramai Peminat dan Berbanderol Mahal

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, Kökçü adalah pemain yang ramai peminat. Beberapa klub Liga Inggris seperti Arsenal, Chelsea dan Leeds United meminati jasa pemain muda Turki tersebut. Tak ketinggalan, ada tiga klub Spanyol, yakni Real Betis, Sevilla dan Valencia yang juga menaruh minat terhadap jasa Kökçü.

Karena Kökçü adalah seorang midfielder berbakat, sudah pasti banderolnya pun bakal sangat mahal. Memang, menurut data dari laman Transfermarkt, Kökçü cuma memiliki market value sebesar 14 juta euro. Tetapi, banderol asli Kökçü diperkirakan tidak sekecil itu, melainkan berada di angka kisaran 50 hingga 60 juta euro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here