Mengenal Nissan Stadium, Panggung Partai Pamungkas Sepakbola Pria Olimpiade Tokyo

0
176

Debatbola.com – Usai merampungkan fase semifinal, perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepakbola pria telah sampai di babak final. Dua tim terbaik, Spanyol dan Brazil bakal bertarung memperebutkan medali emas. Keduanya bakal bentrok di salah satu stadion termegah di Jepang, Nissan Stadium.

Nissan Stadium merupakan salah stadion megah di Yokohama, Jepang, dan bahkan pernah menyandang status stadion terbesar di Jepang. Sebagai panggung partai pamungkas sepakbola pria Olimpiade, tentu banyak yang penasaran tentang stadion ini. Karenanya, mari mengenal lebih dekat stadion yang menjadi kandang Yokohama Marinos ini.

Sejarah Pembangunan

Dikenal sebagai salah satu stadion termegah di Jepang, proyek pembangunan Nissan Stadium sejatinya sudah direncanakan sejak awal 1990-an. Lalu, proses pembangunan stadion inipun dimulai pada Januari 1994. Empat tahun berselang, atau pada 1 Maret 1998, stadion yang memakan dana pembangunan sekitar 7,9 triliun rupiah itu resmi dibuka.

Stadion yang juga dikenal sebagai International Stadium Yokohama ini juga memiliki sisi historis yang panjang. Bagaimana tidak, dengan kapasitas 72 ribu kursi stadion ini tercatat sebagai stadion dengan kapasitas paling banyak selama 21 tahun lamanya. Rekor ini akhirnya dikalahkan oleh New National Stadium Tokyo yang berkapasitas 80 ribu kursi.

Berbagai Event yang Pernah Digelar

Sejak awal, Nissan Stadium memang dibangun untuk menjadi venue berbagai olahraga, mulai dari sepakbola, hingga baseball. Di ajang sepakbola sendiri, Nissan Stadium tercatat sudah pernah menjadi venue berbagai turnamen besar. Salah satu yang paling diingat tentu saja ajang Piala Dunia 2002, ketika Jepang menjadi tuan rumah turnamen.

Total, di turnamen Piala Dunia 2002, Nissan Stadium dipercaya menjadi venue empat pertandingan. Salah satunya adalah pertandingan final antara Brazil melawan Jerman yang berakhir kemenangan buat tim Samba. Nissan Stadium juga pernah menjadi venue beberapa edisi Intercontinental Cup dan Piala Dunia Antarklub.

Tak cuma menjadi venue pertandingan sepakbola, Nissan Stadium juga kerap digunakan sebagai venue olahraga lain, serta venue konser musik. Pada tahun 2013 contohnya. Stadion ini menjadi tempat berlangsungnya konser girlband Jepang, AKB48. Di tahun yang sama, grup musik Korea Selatan TVXQ juga pernah manggung di stadion ini.

Lokasi Stadion

Menemukan stadion megah sekelas Nissan Stadium tentunya bukan merupakan perkara yang sulit. Nissan Stadium berlokasi di Shin-Yokohama Park, Yokohama, Prefektur Kanagawa, Jepang. Stadion ini berjarak 6 kilometer dari pusat kota Yokohama, serta berlokasi 25 kilometer di sebelah barat daya ibukota Jepang, Tokyo.

Akses transportasi untuk menjangkau stadion ini juga cukup mudah. Stadion ini dapat dijangkau dengan menggunakan kereta. Jika menggunakan kereta dari Shin-Yokohama Station, stadion ini dapat dijangkau dengan durasi perjalanan 10 sampai 15 menit. Sementara jika berangkat dari Tokyo, maka durasi perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 20 menit.

Siapa yang Selanjutnya Berlaga di Nissan Stadium?

Seperti yang sudah dijelaskan oleh media inter303 tadi, Spanyol dan Brazil bakal menjadi dua tim berikutnya yang berlaga di Nissan Stadium. Kedua negara tersebut sebelumnya telah melewati perjalanan panjang untuk sampai di final sepakbola pria Olimpiade Tokyo. Sekarang, keduanya bakal bertemu demi memperebutkan medali emas di turnamen ini.

Laga antara Brazil menghadapi Spanyol tentu saja akan menjadi laga yang sarat akan gengsi bagi kedua kesebelasan. Bagi Spanyol, ini adalah saat yang tepat untuk menunjukkan kekuatan para pemain muda yang mereka miliki. Sementara bagi Brazil, ini akan jadi ajang pertaruhan status mereka selaku jawara bertahan sepakbola Olimpiade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here