Mengenal Japan National Stadium, Venue Final Sepakbola Wanita Olimpiade Tokyo

0
282

Debatbola.com – Perhelatan sepakbola wanita kini sudah hampir mencapai puncaknya, dan untuk venue partai puncak nanti, Japan National Stadium dipilih. Sebagai stadion venue final Olimpiade Tokyo 2020, pasti banyak orang yang ingin mengenal lebih dekat stadion ini. Karenanya, mari kita kenal lebih dekat dengan stadion yang berlokasi di Tokyo ini.
Sejarah Pembangunan

Japan National Stadium awalnya merupakan sebuah stadion bernama National Olympic Stadium. Namun, ketika Jepang terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2020, mereka berencana merekonstruksi stadion tersebut. Pada tahun 2012, proyek tersebut dilaksanakan. National Olympic Stadium dihancurkan dan dibangun ulang dengan biaya miliaran pounds.

Proyek pembangunan ulang itupun selesai dan stadion Japan National Stadium yang baru berdiri pada Maret 2019. Jepang berencana menggunakan stadion ini sebagai venue olahraga atletik, rugby dan sepakbola. Stadion yang baru ini juga direncanakan akan menjadi venue pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020 serta Paralympic 2021.

Desain dan Konstruksi Bangunan

Jika berbicara soal konstruksi bagunan, Japan National Stadium termasuk unik karena mayoritas bahan bangunan yang digunakan untuk membangun stadion ini justru adalah kayu. Semua kayu yang digunakan untuk membangun Japan National Stadium didatangkan dari seluruh kawasan Jepang untuk memangkas biaya impor.

Bagian atap stadion ini juga terbilang cukup unik di mana desainnya terinspirasi dari Hōryū-ji, salah satu kuil Budha yang berlokasi di prefektur Nara, Jepang. Ventilasi-ventilasi yang dibuat di atap juga dirancang sedemikian rupa. Hal ini dilakukan agar ventilasi-ventilasi tersebut bisa menjaga aliran udara di setiap sektor stadion, terutama sektor indoor.

Masih di bagian atap, terdapat panel surya. Sementara di bagian bawah, terdapat tangki yang berfungsi menyimpan air hujan. Air hujan inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengairi rumput stadion dan tanaman-tanaman di lantai atas. Total, stadion ini memiliki kapasitas 68 ribu penonton, termasuk 450 tempat duduk untuk pengguna kursi roda.

Lokasi Stadion

Sebagai stadion termegah di Jepang, tentu tidak sulit menemukan lokasi di mana Japan National Stadium berdiri. Stadion ini sendiri berlokasi di Kasumigaoka, Shinjuku, dan masih termasuk ke dalam wilayah ibukota Jepang, Tokyo. Tak jauh dari sana, juga terdapat Japan Olympic Museum, tempat yang menyimpan sejarah keikutsertaan Jepang di Olimpiade.

Untuk bisa sampai di Japan National Stadium, orang-orang juga tak perlu repot-repot mencari transportasi. Pasalnya, stadion ini bisa dijangkau dengan naik kereta atau bis di beberapa stasiun terdekat. Dua di antara sekian stasiun yang bisa dipakai antara lain Kokuritsu-Kyōgijō, dan Sendagaya Railway Station yang berlokasi di Tokyo.

Peran di Gelaran Olimpiade Tokyo

Sejak awal, Japan National Stadium memang dibangun untuk venue utama pagelaran Olimpiade 2020 yang digelar di Jepang. Jadi, peran stadion ini di Olimpiade 2020 tentu tak perlu ditanyakan lagi. Stadion ini bakal menjadi venue upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade, serta venue laga final beberapa cabang olahraga, termasuk sepakbola wanita.

Selain digunakan untuk cabang sepakbola, stadion ini juga digunakan untuk menggelar cabang olahraga lain, salah satunya adalah atletik. Usai gelaran Olimpiade 2020 selesai, stadion ini juga masih akan berfungsi. Stadion ini nantinya bakal tetap menggelar berbagai ajang olahraga dan kebudayaan daerah.

Siapa yang Akan Berlaga di Japan National Stadium?

Empat negara yakni Swedia, Australia, Kanada dan Amerika Serikat telah menyelesaikan pertarungan mereka di babak semifinal. Akhirnya, media inter303 mencatatkan nama dua negara terbaik sudah terpilih untuk tampil di Japan National Stadium. Kedua negara itu adalah Swedia yang menang 1-0 atas Australia, dan Kanada yang sukses jungkalkan Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here