Mengapa Banyak Pemain Asal Jepang Berkarir di Liga Indonesia Inilah Alasannya

0
40

Debatbola.com – Jepang yang merupakan salah satu negara dengan kultur sepakbola yang kuat di Asia, kedatangan para pemain asal Negeri Sakura ke Indonesia sangat menarik untuk dibahas. Padahal jika ditinjau dari kompetisi maupun kualitas sepakbola, Liga Jepang jauh lebih baik.

Hal ini menunjukkan jika Liga Indonesia memiliki potensi yang besar sehingga mampu menarik pemain asing, khususnya Jepang. Hingga saat ini tercatat sudah ada delapan pemain asal Jepang yang bakal merumput di Liga 1 musim depan. Para pemain tersebut antara lain Kei Hirose, Ryota Noma, Renshi Yamaguchi, Nagasawa Ryosuke, Kodai Lida, Katsuyoshi Kimishima, Sho Yamamoto dan taisei Marukawa.

Nama-nama pemain asing asal Jepang tersebut tersebar hampir di setiap klub yang bermain di Liga 1 musim depan. Lantas apa alasan yang membuat para pemain ini ingin berkarir di Indonesia? Berikut beberapa ulasannya:

1. Regulasi Liga 1 yang Mewajibkan Tiap Klub memiliki Pemain Asia
Regulasi ini telah ada sejak 2018 lalu. Dalam peraturannya setiap klub diharuskan memenuhi empat kuota pemain asing dimana satu pemain Asia dan selebihnya pemain asing di luar Asia.

Agar dapat memenuhi regulasi ini, tentunya beberapa klub mengarahkan bidikan pada negara Jepang yang telah terbukti kualitas sepak bolanya. Adanya regulasi ini sedikit banyak mempengaruhi banyaknya pemain Jepang yang bermain di Liga 1.

2. Marukawa Effect
Musim lalu, Liga Indonesia dihebohkan dengan penampilan pemain asal Jepang Taisei Marukawa. Pada musim perdananya berkarir di Liga Indonesia, dirinya berhasil meraih gelar individu sebagai pemain terbaik.

Meskipun gagal mengantarkan klubnya saat itu, Persebaya menjadi Juara Liga 1, namun perannya di dalam tim dianggap sebuah kesuksesan besar. Selama berseragam Persebaya pada musim lalu, Marukawa berhasil mencetak 17 gol serta 10 assist.

Selain meraih penghargaan sebagai pemain terbaik, dirinya juga berhasil menyabet gelar top assist. Berkat kesuksesan Marukawa bersama Persebaya inilah yang membuat beberapa klub ingin mengontrak pemain asal Jepang. Mereka berharap mampu mengulangi kesuksesan yang dilakukan oleh Taisei Marukawa

3. Penampilan Pemain Jepang Memuaskan
Dari banyaknya pemain asal Jepang yang sedang maupun sudah pernah berkiprah di Liga Indonesia, sebagian besar dari mereka memiliki peran yang vital pada timnya masing-masing.

Meskipun karirnya tidak secemerlang Taisei Marukawa atau Kenji Adachihara, namun penampilan pemain jepang lainnya juga tidak kalah mentereng. Sebut saja diantaranya, Matsunaga Shohei, Kei Hirose, Kunihiro Yamashita dan Tomoyuki Sakai

4. Negosiasi Mudah
Dibandingkan dengan pemain asing lain khususnya di luar Asia, proses negosiasi pemain asal Jepang lebih mudah dan tidak berbelit-belit. Disisi lain dalam kontrak yang dilakukan dengan pemain jepang tidak ada klausul tambahan yang menyertai. Kemungkinan atas dasar itulah banyak klub liga 1 yang menginginkan jasa dari pemain asal Jepang.

5. Gaji Besar
Pemain bintang Liga Indonesia asal Jepang mengungkapkan jika gajinya berkarir di Indonesia hampir setara dengan para pemain klub papan atas di liga Jepang (J-League). Kabar ini cukup mengejutkan, namun jika dipikir lebih lanjut hal tersebut cukup masuk akal.

Hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa banyak pemain asal Jepang yang bersedia bergabung dengan klub Liga Indonesia. Disisi lain, hal ini menunjukkan kalau Liga Indonesia merupakan salah satu liga dengan market yang besar, meskipun jika ditinjau dari segi aspek masih sangat tertinggal dari negara Asia lain.

Itulah beberapa alasan banyaknya pemain asal Jepang yang bersedia untuk berkarir di Indonesia. Meskipun saat ini tubuh dari sepakbola Indonesia masih jauh dari kata profesional dan butuh banyak perbaikan, namun dengan adanya para pemain asing khususnya Jepang dapat mengangkat kualitas sepakbola Indonesia dan berhasil menjadi salah satu kekuatan besar sepakbola di Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here