Menarik, Pemain Timnas Paling Berpengalaman Ini Akan Membela Indonesia Dalam SEA Games

0
43

Debatbola.com – Sebentar lagi Indonesia akan mengikuti ajang bergengsi di wilayah Asia. Timnas Garuda Muda diharapkan mampu membawa medali emas dalam ajang tersebut. Berbagai persiapan sudah dilakukan, salah satunya adalah pemanggilan pemain berpengalaman oleh Shin Tae-yong. Berikut ini ada daftar pemain berpengalaman yang akan membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 mendatang:

Ricky Kambuaya

Pemain ini sudah tidak diragukan pengalamannya. Ricky Kambuaya sudah sering membela Tim Nasional Indonesia dalam berbagai ajang internasional. Salah satu ajang paling bergengsi yang telah diikuti Ricky Kambuaya adalah Piala AFF 2020 tahun lalu yang membawa Indonesia hingga partai final mempertemukan Indonesia dengan Thailand.

Tidak hanya itu, Ricky Kambuaya menjadi pemain yang sangat penting di tubuh Tim Nasional Indonesia. Kontribusi yang diberikan pemain ini sering kali membawa Indonesia memenangkan laga. Dalam ajang Piala AFF kemarin, Shin Tae-yong selalu memainkan Ricky Kambuaya dari awal kompetisi hingga partai final leg kedua.

Asnawi Mangkualam

Saat ini Asnawi Mangkualam bermain di klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners. Asnawi bisa dibilang sebagai pemain paling berpengalaman milik Indonesia saat ini yang akan berlaga di ajang SEA Games 2021 mendatang. Sebelumnya Asnawi Mangkualam juga pernah membela Indonesia dalam SEA Games 2017 di Malaysia dan 2019 di Filipina.

Dengan pengalaman yang dimiliki, Asnawi Mangkualam diharapkan bisa berkontribusi dengan baik. Ini berarti Asnawi Mangkualam akan membela Tim Nasional Indonesia dalam ajang SEA Games sebanyak 3 kali. Pemain ini menjadi salah satu harapan bangsa karena benar-benar sudah berpengalaman di berbagai ajang internasional. Apalagi saat ini Asnawi bermain di Korea Selatan, tentunya pengalamannya lebih banyak.

Fachrudin Aryanto

Pemain lini belakang milik Madura United ini juga menjadi salah satu daftar pemain Indonesia paling berpengalaman yang akan bermain di SEA Games 2021 mendatang. Fachrudin menjadi pemain senior yang melengkapi kuota untuk SEA Games U-23 mendatang. Sekedar informasi bahwa SEA Games kali ini setiap tim memperoleh jatah 3 pemain senior di atas 23 tahun.

Sejauh ini Fachrudin Aryanto sudah tercatat bermain sebanyak 44 kali membela Skuad Garuda. Bisa dibilang Fachrudin Aryanto menjadi pemain paling banyak membela Tim Nasional Indonesia dibanding pemain lainnya. Tercatat Fachrudin Aryanto sudah bermain bersama Tim Nasional Indonesia sejak tahun 2012.

Saddil Ramdani

Tidak berbeda dengan Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani sudah 3 kali bermain untuk SEA Games apabila diberangkatkan ke Vietnam untuk kompetisi mendatang. Saat ini Saddil Ramdani menjadi andalan klub asal Malaysia, Sabah FC. Memang, pemain ini memiliki peran sangat berharga bersama klub asal Malaysia tersebut.

Pengalaman yang dimiliki Saddil Ramdani bisa dibilang sangat mumpuni. Bagaimana tidak, pemain ini sedang membela klub Sabah FC yang bermain di kasta tertinggi Liga Malaysia. Namun ada hal yang mungkin menghambat Saddil untuk bermain di SEA Games. Ada kemungkinan Sabah FC keberatan melepas Saddil Ramdani untuk berlaga di SEA Games 2021.

Marc Klok

Berbeda dengan pemain-pemain sebelumnya yang merupakan pemain berdarah asli Indonesia, Marc Klok merupakan salah satu pemain yang memiliki darah luar negeri. Pemain ini sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah melakukan proses naturalisasi pada bulan November 2020 lalu. Kompetisi SEA Games ini menjadi yang pertama bagi Marc Klok.

Meskipun ini ajang SEA Games pertama baginya, pemain ini sudah memiliki pengalaman yang mumpuni dan bisa diharapkan di ajang SEA Games mendatang. Dengan komposisi tim yang mumpuni bersama Marc Klok, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjuarai ajang bergengsi SEA Games mendatang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here