Menarik! BRI Liga 1 Saat Ini Diikuti Oleh Tim Dengan Nilai Pasar Puluhan Miliar

0
61

Debatbola.com – BRI Liga 1 2021/2022 saat ini sangat banyak diminati pecinta sepak bola. Pasalnya, banyak hal menarik dalam kompetisi tersebut, salah satunya adalah nilai market klub yang luar biasa. Saat ini BRI Liga 1 diikuti oleh 5 klub termahal di Indonesia, diantaranya :

1. Borneo FC

Borneo FC menjadi salah satu tim di BRI Liga 1 2021/2022 yang memiliki pemain dengan nilai fantastis. Klub yang satu ini memiliki 34 pemain yang memiliki nilai bervariasi. Namun nilai mereka apabila dijumlahkan mampu menembus angka 73,8 Miliar rupiah. Nilai tersebut tentunya sangat besar bagi sebuah tim lokal Indonesia.

Dari 73,8 miliar tersebut, ada bagian dari nilai pemain termahal Borneo FC yaitu Javlon Guseynov. Pemain lini belakang asal Uzbekistan tersebut memiliki nilai pasar mencapai 350.000 euro atau setara dengan 5,74 miliar. Musim ini Javlon Guseynov sudah 18 kali berlaga untuk Borneo di BRI Liga 1 2021/2022.

2. Persija Jakarta

Posisi selanjutnya ada klub Macan Kemayoran yang memiliki nilai seluruh pemain 4,59 juta euro atau senilai 75,3 miliar rupiah. Ada dua pemain yang benar-benar mendongkrak nilai market klub Ibu Kota ini. Pertama ada Marko Simic, dan kedua ada Makan Konate.

Marko Simic memiliki nilai pasar mencapai 375.000 euro yang setara dengan 6,15 miliar. Kemudian ada Makan Konate yang memiliki nilai pasar 300.000 euro. Tingginya nilai kedua pemain ini bukan karena dari luar negeri saja. Melainkan keduanya memiliki skill di atas rata-rata pemain Persija Jakarta lainnya.

3. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya tidak mau kalah saing sebagai tim kontestan BRI Liga 1 dengan nilai market tertinggi di Indonesia. Selisih sedikit dengan Persija Jakarta, Persebaya memiliki nilai pasar para pemainnya yang mencapai 75,4 Miliar yang terdiri dari 33 pemain. Dengan nilai yang tinggi tersebut memang menjadikan Persebaya Surabaya sebagai tim yang disegani.

Nilai yang fantastis tersebut didongkrak oleh beberapa pemain yang memiliki nilai pasar cukup tinggi. Taisei Marukawa contohnya, ia merupakan pemain dengan harga tertinggi milik Bajul Ijo. Nilai pasar dari pemain asal Jepang ini adalah 375.000 euro atau senilai 6,15 miliar.

4. Persib Bandung

Maung Bandung memang terkenal selalu menjadi klub dengan nilai market tertinggi di Indonesia. Dana yang digelontorkan Persib Bandung setiap tahunnya memanglah sangat tinggi. Sebagai contoh klub ini pernah secara tiba-tiba memboyong mantan bintang Chelsea, Michael Essien.

Saat ini Persib Bandung memiliki nilai market 5,2 juta euro atau setara 85,3 miliar rupiah. Persib saat ini menjadi satu-satunya tim yang memiliki 2 pemain seharga lebih dari 400.000 euro. Marc Klok memiliki nilai 450.000 euro, dan Nick Kuipers memiliki nilai market 425.000 euro.

5. Bali United

Menggeser Persib Bandung, Bali United saat ini menjadi klub dengan nilai pasar para pemainnya termahal di Indonesia. Gabungan dari seluruh pemain Bali United memiliki nilai pasar 5,36 juta euro atau setara 88 miliar rupiah. Nilai pasar klub ini dongkrak oleh 6 pemain yang memiliki nilai pasar masing-masing sekitar 300.000 euro.

Stefano Lilipaly dan Willian Pacheco menjadi pemain Bali United termahal dengan nilai 350.000 euro. Kemudian ada Irfan Jaya, Eber Bessa, Ricky Fajrin, dan Nadeo Argawinata yang semuanya memiliki nilai pasar 300.000 euro. Tidak hanya itu, masih ada satu pemain yang nilainya mencapai 425.000 euro atau sekitar 6,97 miliar. Pemain tersebut adalah Brwa Nouri.

Dengan banyaknya klub yang memiliki pemain dengan nilai pasar yang fantastis menjadikan liga Indonesia semakin menarik. Pemain dengan harga mahal biasanya memiliki skill yang di atas rata-rata. Dengan begitu Liga 1 Indonesia akan semakin kompetitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here