Menang Tipis Lawan Rumania, Gareth Southgate Belum Puas

0
93
Menang Tipis Lawan Rumania, Gareth Southgate Belum Puas

Debatbola.com – Timnas Inggris melaksanakan pertandingan uji coba keduanya di tahun ini. Mereka menghadapi tim dari Eropa tengah, Rumania. Partai yang bertajuk friendly match itu diselenggarakan di Riverside Stadium, Inggris.

Rumania Tidak Lolos EURO 2020

Rumania sendiri tidak mampu lolos dari babak kualifikasi Euro 2020 setelah hanya menempati posisi keempat di tabel klasemen grup F. Mereka tidak bisa mengatasi perlawanan dari negara-negara lainnya di grup tersebut.

Menurut aturan, negara yang lolos adalah mereka yang menempati posisi satu dan dua. Di grup F, timnas Spanyol dan timnas Swedia lah yang berhak lolos setelah menempati masing-masing posisi pertama dan kedua.

Walaupun finish sebagai penghuni peringkat keempat klasemen grup F, timnas Rumania berhak melaju ke babak playoff. Di fase semifinal, tim yang berjuluk Tricolori itu berhadapan dengan tim asal Skandinavia, Islandia. Islandia sukses mengakhiri kualifikasi Euro 2020 dengan finish sebagai peringkat tiga.

Namun sayang, anak asuh Mirel Radoi itu tidak mampu memenangi pertandingan tersebut. Di laga yang dimainkan di Stadion Laugardalsvöllur itu, tim tuan rumah Islandia mampu unggul lewat waktu normal dengan skor 2-1. Sehingga di fase itulah skuat timnas Rumania gugur dari gelaran Euro 2020.

Gareth Southgate Belum Puas

Kembali lagi ke pertandingan uji coba antara Inggris melawan Rumania. Anak asuh Gareth Southgate berhasil menemui kemenangan selepas sepakan penalti yang dilesatkan oleh Marcus Rashford masuk pada menit ke-68.

Menariknya Marcus Rashford di laga itu menyandang jabatan sebagai kapten tim. Dikarenakan skuat The Three Lions sendiri tidak tampil dengan skuat utama mereka. Sang pelatih diduga sedang melakukan perombakan agar mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya.

Seperti Harry Kane, Jordan Pickford dan bahkan kedua bek andalannya, John Stones dan Harry Maguire tidak dibawa oleh sang pelatih. Diprediksi juru taktik berusia 50 tahun itu ingin melihat bagaimana pemain cadangannya bermain.

Berdasarkan rincian dari statistik jalannya pertandingan, timnas Rumania yang tampil sebagai tim tamu tidak bermain bertahan. Malahan tim yang berjuluk Tricolorii tersebut berkali-kali mengancam gawang tim tuan rumah.

Jadon Sancho dan kawan-kawan unggul dalam segi tendangan ke gawang 19 kali berbanding 14. Sementara tendangan yang tepat sasaran skuat The Three Lions kembali berada di atas lawannya itu, 7 berbanding 4. Dari rincian penguasaan bola, tim tuan rumah menang tipis 55% dibandingkan dengan tim tamu yang hanya 45%.

Walaupun memetik kemenangan dalam pertandingan uji cobanya itu, sang pelatih mengaku belum puas dengan pencapaian timnya. Gareth Southgate menilai anak asuhnya masih bisa tampil lebih baik lagi dari yang ditunjukkan di laga uji coba ini.

Menurutnya timnya masih kurang dalam pergerakan tanpa bola, aliran bola yang tergolong masih sangat lambat. Serta kurangnya akurasi dari umpan yang dilesatkan para pemainnya yang bermain di laga tersebut.

Dapat Jabatan Kapten, Marcus Rashford Bahagia

Timnas Inggris tampil dengan mengistirahatkan kapten utama, Harry Kane. Sebagai penggantinya, Gareth Southgate menunjuk punggawa Manchester United, Marcus Rashford sebagai kapten timnya di laga itu.

Striker berusia 23 tahun itu juga sekaligus menjadi kapten timnas senior di usianya yang masih terbilang belia itu. Sang pemain sendiri yang ditunjuk pertama kali sebagai kapten timnas tidak bisa menyembunyikan perasaan gembiranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here