Menang Laga Uji Coba di Turki, Timnas U-18 Diharapkan Menjadi Punggawa Piala Dunia U-20 2023

0
18

Debatbola.com – Skuat Timnas Indonesia U-18 dinilai mengalami perkembangan yang pesat selama pemusatan latihan di Turki. Apalagi skuat Garuda Muda ini telah berhasil memperoleh kemenangan 3-1 dalam laga uji coba perdananya.

Timnas U-18 memang sudah menjalani pertandingan kontra Antalyaspor U-18 pada Minggu (21/11/12). Laga itu dilangsungkan di Limak Football Complex, Antalya, Turki. Kemenangan ini diraih oleh Garuda Nusantara seusai mengakhiri pertandingan dengan skor 3-1.

Kapten Timnas U-18 Bersyukur

Kakang Rudianto selaku kapten kesebelasan mengaku bersyukur atas hasil yang diperoleh. Dirinya mengungkapkan bahwa pemain telah bekerja keras dengan intensitas yang cukup tinggi. Selain itu tentunya para pemain telah mampu memaksimalkan kesempatan dengan baik.

Pemain yang berkelahiran 2003 ini juga mengungkapkan bahwa komunikasi dan passing masih menjadi bahan evaluasi Garuda Nusantara. Akan tetapi dirinya yakin dengan tekad dan semangat bersama, Timnas U-18 bisa memperbaiki kekurangan tersebut. Menurut Kakang, kekurangan mereka yakni pada komunikasi atau passing bola.

Pada pertandingan perdana ini, pemain yang berposisi sebagai bek ini beberapa kali telah berhasil menyelamatkan serangan dari lawan melalui sepakannya. Dirinya juga menyampaikan pesan dari pelatih Shin Tae-yong supaya pemain selalu siap menghadapi dan menyelamatkan bola dari lawan.

Kakang menambahkan bahwa kunci kemenangan ini tentu tidak terlepas dari arahan sang pelatih. Skema yang diberikan untuk Garuda Nusantara adalah untuk selalu passing kedepan. Selain itu juga menekan lawan dan mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di lapangan.

Di pertandingan selanjutnya, Kakang akan terus bekerja keras dalam latihan dan meningkatkan komunikasi di lapangan. Selain itu mereka akan terus membimbing satu sama lain. Dirinya juga menargetkan untuk bisa meraih kemenangan pada laga uji coba selanjutnya kontra Alanyaspor U-18 pada Rabu (24/11/2021).

Iwan Bule Tetap Minta Tim untuk Fokus dan Disiplin

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan apresiasinya atas kemenangan 3-1 Timnas U-18 atas Antalyaspor u-18. Tiga gol kemenangan itu dicetak Ronaldo Joybera Kwateh di menit ke-33 dan 81 via laporan bursa inter303.

Satu gol tersisa dibesut oleh bomber muda Persija Jakarta, Alfriyanto Nico Saputro melalui titik penalti di menit ke-40. Sedangkan satu gol Antalyaspor dicetak oleh Denir di menit ke-45. Begitu laga berakhir, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengapresiasi kemenangan perdana uji coba di Turki tersebut.

Iriawan merasa bersyukur lantaran Timnas bisa meraih kemenangan. Menurutnya ini merupakan awal yang bagus selama pemusatan pelatihan di Turki. Meski begitu, tim harus tetap kerja keras, fokus dan disiplin.

Iriawan juga menambahkan bahwa skuat Garuda Nusantara ini adalah cikal bakal punggawa di Piala Dunia U-20 2023 nanti, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumahnya. Iwan Bule berharap Timnas Indonesia U-18 ini bisa meningkatkan kemampuannya selama pemusatan latihan di Turki. Dirinya juga yakin bahwa skuat Garuda Nusantara ini nantinya bisa meraih prestasi di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Timnas U-18

Selain itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memuji kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan. Hal ini lantaran Timnas U-18 baru saja memulai pemusatan latihan beberapa hari yang lalu. Shin Tae-yong mengatakan bahwa tim melakukan latihan sehari tiga kali. Namun, Kakang dan rekan-rekannya itu bekerja sangat keras dalam pertandingan. Dirinya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih kepada pemain.

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga memuji penampilan tim secara keseluruhan. Dirinya juga mengaku terdapat beberapa pemain yang mencuri perhatiannya. Meski demikian, Pelatih asal Korea itu tidak ingin menyebutkan pemain yang dimaksud.

Hal ini lantaran dirinya menilai motivasi dan semangat dari pemain itu bisa menjadi luntur jika diungkapkan. Terlepas dari semua itu, kemenangan itu bisa menjadi modal yang berharga bagi pelatih dan pemain untuk menghadapi pertandingan uji coba kedua pada 24 November besok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here