Menang Di Laga Perdana, Timnas Inggris Pecahkan Rekor EURO

0
94
Menang Di Laga Perdana, Timnas Inggris Pecahkan Rekor EURO

Debatbola.com – Skuat timnas Inggris bertemu dengan runner up Piala Dunia 2018 silam, Kroasia dalam pertandingan pertama EURO 2020. Pada pertandingan yang dimainkan di Wembley Stadium itu anak asuh Gareth Southgate dapat memetik poin penuh.

Laga Balas Dendam

Laga perdana grup D tersebut juga diselimuti pembalasan dendam skuat The Three Lions. Dimana pada turnamen Piala Dunia lalu, fase semifinal kedua tim sebelumnya pernah bertemu. Timnas Kroasia yang masih diperkuat Ivan Rakitic sukses membungkam timnas Inggris dengan skor 2-1.

Skuat The Three Lions pun harus puas hanya menjadi juara keempat di gelaran Piala Dunia tersebut. Pasalnya mereka tidak berdaya menghadapi timnas Belgia di fase perebutan tempat ketiga. Dua gol Thomas Meunier dan Eden Hazard menutup harapan tim untuk finish di tempat ketiga.

Beruntung mereka dapat membalaskan dendam yang sudah terpendam selama kurang lebih tiga tahun itu. Gol tunggal Raheem Sterling sukses membawa negaranya mengantongi tiga poin pertamanya di kancah EURO 2020 ini.

Tepat di menit ke-57 sang winger yang kini merumput bersama Manchester City itu membuat satu-satunya gol di pertandingan tersebut. Gol tercipta lewat kreasi serangan balik yang digagas oleh Kalvin Phillips.

Gelandang timnas Inggris sangat jeli menempatkan bola ke arah sang winger, Raheem Sterling. Gelandang bertahan berusia 25 tahun itu sukses membuat satu assist dan umpannya berhasil dikonversi menjadi gol oleh Raheem Sterling.

Pemecahan Rekor

Selain menuntaskan balas dendamnya, Timnas Inggris juga sukses mematahkan rekor yakni tidak pernah menang dalam laga perdana. Sejak mengikuti gelaran EURO di edisi tahun 1968, skuat The Three Lions tidak pernah meraih sekali pun kemenangan.

Tim asal kepulauan Britania itu hanya meraih hasil lima kali imbang dan empat pertandingan mengalami kekalahan. Pada gelaran EURO terakhir mereka yakni pada edisi tahun 2016 lalu di Prancis, mereka hanya bermain imbang melawan Rusia.

Ketika laga itu, Eric Dier yang sudah menciptakan gol sejak menit ke-73 harus mengakhiri pertandingan dengan kecewa. Pasalnya di penghujung pertandingan, mantan bek Rusia, Vasili Berezutski sukses membuat kedudukan menjadi imbang pada menit ke-90+2.

Namun setelah menemui kemenangan di laga pembuka grup D kemarin, timnas Inggris pun memutuskan rekor buruk tersebut. Selanjutnya skuat The Three Lions masih harus bertemu dua lawan lagi yakni Ceko dan Skotlandia.

Pemilihan Pemain Gareth Southgate

Sang pelatih, Gareth Southgate membuat geger pihak pecinta sepakbola Inggris atas pemilihan pemainnya. Kieran Trippier yang sejatinya berposisi sebagai bek kanan malah ditempatkan sebagai bek kiri. Sementara bek kirinya, Luke Shaw yang siap bermain malah hanya duduk di bangku cadangan.

Bahkan di posisi double pivot dimana kapten Liverpool, Jordan Henderson diprediksi akan tampil sejak menit pertama malah tidak bermain. Sang juru taktik tersebut malah memilih Kalvin Philips yang ditempatkan di posisi itu.

Akan tetapi gelandang yang kini berseragam Leeds United itu sukses mematahkan pandangan jelek dari para pendukung timnas Inggris. Pasalnya dirinya berperan penting dalam gol yang diciptakan oleh Raheem Sterling di laga itu.

Dirinya juga sukses mengamankan lini tengah skuat The Three Lions dan bermain sangat baik. Kestabilan antara pertahanan dan lini penyerangan tim yang menjadi tanggung jawabnya sukses ditunaikan dengan sempurna.

Posisi terakhir yang tak kalah membuat keresahan adalah Raheem Sterling yang dimainkan di sektor sayap. Padahal sang winger kualitas permainannya sedang mengalami penurunan di klubnya Manchester City.

Namun nama terakhir sukses membungkam segala ekspektasi buruk dari para fansnya. Terbukti winger berusia 26 tahun itu terpilih sebagai pemain terbaik di laga kontra Kroasia berkat satu-satunya gol yang diciptakan olehnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here