Menang Atas Wales, Roberto Mancini Lanjutkan Rekor Kemenangan

0
248
Menang Atas Wales, Roberto Mancini Lanjutkan Rekor Kemenangan

Debatbola.com – Timnas Italia telah menyelesaikan pertandingan mereka di fase grup EURO 2020. Skuat Gli Azzurri sukses menyapu bersih tiga laga mereka dan selalu membawa poin penuh. Hadangan timnas Turki, Swiss dan Wales sukses mereka lewati.

Mereka juga sukses mengakhiri fase grup tanpa pernah sekalipun kebobolan satu gol. Di sisi lain, Timnas Italia sudah menggelontorkan tujuh gol. Dengan rincian masing-masing tiga gol ke gawang Turki dan Swiss. Sementara satu gol mereka ciptakan pada laga terakhir melawan Wales.

Sukses Menang Atas Wales

Bertanding melawan timnas Wales, timnas Italia masih tetap ngotot untuk menang. Tim tersebut ingin menyegel posisi pertama yang sekaligus membuat langkah mereka semakin ringan menuju ke fase gugur.

Bertanding di markas sendiri, Olimpico Roma, Roberto Mancini mengistirahatkan Manuel Locatelli, Giovanni Di Lorenzo, dan Nicolo Barella. Selain itu striker mereka, Ciro Immobile juga duduk di bangku cadangan.

Sang pelatih nampaknya tidak mau memaksakan para pemain andalannya untuk bermain. Istirahat selama satu laga penuh harus dilakukannya agar menghemat tenaga para pemainnya itu untuk dipakai pada fase selanjutnya.  

Sementara itu bek veteran sekaligus kapten mereka, Giorgio Chiellini juga tidak bisa bermain lantaran menderita cedera. Bek senior Juventus ini harus keluar lapangan lebih cepat pada pertandingan melawan Swiss. Sebagai gantinya, bek muda Inter Milan, Alessandro Bastoni diturunkan.

Gol berhasil tercipta pada babak pertama tepatnya menit ke-39 lewat sodoran kaki gelandang Atalanta, Matteo Pessina. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Marco Verratti, bola hasil umpan pemain Paris Saint-Germain itu mampu dikonversi menjadi gol.

Hingga babak pertama dan kedua selesai, skuat asuhan Roberto Mancini tidak menambah jumlah gol. Sedangkan di sisi sebaliknya, timnas Wales yang digempur habis-habisan oleh skuat Gli Azzurri tidak bisa melawan dan mencetak gol.

Dari statistik jalannya pertandingan, timnas Italia yang berperan sebagai tuan rumah unggul penguasaan bola sangat jauh. Mereka unggul 70 persen berbanding 30 persen dari tim tamu, Wales. Sementara dari jumlah tendangan yang dihasilkan tim tuan rumah kembali unggul 23 berbanding 3.

Rekor Fantastis Roberto Mancini

Kemenangan melawan timnas Wales juga semakin menambah catatan sempurna di rapor Roberto Mancini. Timnas Italia telah menuliskan rekor sepuluh laga tanpa kekalahan atau menerima hasil imbang.

Dimana hal itu terhitung sejak mengalami hasil imbang kala berhadapan dengan Belanda di gelaran UEFA Nations League, November 2020 silam. Bahkan dalam 30 laga terakhir ini, mereka belum pernah sekali pun merasakan kekalahan.

Kekalahan terakhir mereka dapatkan pada turnamen UEFA Nations League ketika bertandang ke markas Portugal September 2018 silam. Anak asuh Roberto Mancini takluk dengan kedudukan tipis 1-0 berkat gol dari Andre Silva.

Lolos Ke Fase Gugur

Setelah menang tiga kali berturut-turut dan menambah catatan sempurna sang pelatih, timnas Italia pun berhak tampil di babak 16 besar Euro 2020 . Maka lawannya selanjutnya adalah tim yang berhasil finish sebagai runner di grup C.

Yang mana hingga saat ini, baik Ukraina dan Austria sama-sama mempunyai peluang untuk finish sebagai runner up. Kedua tim tersebut mempunyai jumlah poin yang sama yakni tiga dimana dalam dua pertandingan, mereka hanya sanggup memetik satu kemenangan.

Keduanya pun telah saling bertemu dan berhadapan pada partai lanjutan grup C pada hari Senin (21/6) ini. Bertempat di Arena Nationala, Bucharest, Rumania kedua tim saling memperebutkan tiket tampil di babak 16 besar. Akhirnya yang menang adalah Austria dengan skor 1-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here