Menang Atas Turki, Italia Lanjut Catatan Manis Bersama Roberto Mancini

0
145
Menang Atas Turki, Italia Lanjut Catatan Manis Bersama Roberto Mancini

Debatbola.com – Timnas Italia telah melakoni partai perdananya di ajang turnamen terbesar internasional se-negara benua Eropa. Di pertandingan pertama itu, Gli Azzurri yang bertindak sebagai tuan rumah sukses mencukur tamunya, timnas Turki.

3 Gol Mewarnai Pertandingan

Bertanding melawan salah satu kandidat kuda hitam di ajang EURO 2020, timnas Italia ngotot menampilkan permainan impresif mereka. Absennya tim tersebut di ajang Piala Dunia 2018 silam, jadi kesan tersendiri untuk memulai turnamen ini. Alhasil, Roberto Mancini juru taktik Gli Azzurri langsung menurunkan 11 pemain terhebatnya.  

Bertanding di kandang sendiri dengan dihadiri total 16 ribu penonton yang datang langsung ke stadion menjadikan laga ini spesial. Harga diri negara dan kepuasan para suporter juga harus dibela hingga titik darah penghabisan.

Babak pertama, tuan rumah memutuskan untuk tampil menyerang, beberapa peluang pun tercipta bagi mereka. Namun sayang hingga peluit babak pertama berakhir ditiupkan belum ada gol yang terjadi diantara kedua tim.

Barulah setelah turun minum keran gol Gli Azzurri pun terbuka, gol demi gol mengalir deras. Gol pertama tercipta pada menit ke-53 lewat pergerakan Domenico Berardi dari sisi sayap kanan tuan rumah.

Bola yang sejatinya ingin diumpankan kepada striker tim, Ciro Immobile malah salah diantisipasi oleh bek tim tamu. Bek Juventus, Merih Demiral lah yang malah menjebloskan bola ke gawangnya sendiri. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 bagi tuan rumah.

Setelah itu Gli Azzurri tidak menyurutkan semangat bertanding mereka. Gol kedua terjadi pada menit ke-66, kali ini berkat kerja keras dari Ciro Immobile. Bola muntah hasil tepisan kiper timnas Turki, Ugurcan Cakir sukses dikonversikan menjadi gol kedua.

Timnas Italia yang bermain sangat solid dan agresif itu berbuahkan gol terakhir pada menit ke-79. Winger Napoli, Lorenzo Insigne sukses menyarangkan bola ke gawang tim tamu dengan tendangan dari dalam kotak penalti. Barisan pertahanan tim tamu yang kelelahan tidak bisa berbuat banyak dalam pengawalan.

Melanjutkan Catatan Manis

Bersama pelatih Roberto Mancini, timnas Italia telah membuat rekor 28 pertandingan tanpa pernah sekalipun menelan kekalahan. Kekalahan terakhirnya setelah dilatih oleh pelatih berusia 56 tahun itu adalah ketika bertemu Portugal dalam gelaran UEFA Nations League.

Pertandingan tersebut dimainkan di Estadio Da Luz pada bulan September 2018. Sayangnya skuat Gli Azzurri tidak cukup beruntung di laga itu. Padahal mereka tampil cukup ngotot dan membuat repot pertahanan Seleccao Das Quinas. Namun di menit ke-48, Andre Silva striker timnas Portugal membuat satu-satunya gol di laga itu.

Selepas itu, timnas Italia dibawah asuhan Roberto Mancini tidak pernah lagi merasakan kekalahan. Yang paling parah mereka hanya merasakan hasil imbang selama lima pertandingan saja. Portugal, Belanda, Ukraina, Bosnia dan Polandia adalah negara yang sukses menahan imbang skuat Gli Azzurri.

Bahkan dalam gelaran kualifikasi EURO pada tahun 2016 silam kubu timnas Italia mencatatkan hasil yang sangat prestisius. Mereka sukses menyapu bersih sepuluh pertandingan dengan sepuluh kemenangan beruntun.

Selain itu timnas Italia juga berhasil menyarangkan total 37 gol kepada lawan-lawannya seperti Finlandia, Yunani, Bosnia, Armenia dan Liechtenstein. Sementara itu mereka hanya kemasukan empat gol saja.

Kemudian yang lebih menarik lagi, pasukan Gli Azzurri sementara ini menjaga rekor delapan kemenangan beruntunnya. Rekor itu menjadi kian manis lantaran mereka belum pernah sekalipun menerima hasil imbang atau kalah yang ada hanya menang.

Hasil imbang terakhir kali diterima saat tim bermain sebagai tuan rumah melawan timnas Belanda. Pertandingan itu dimainkan saat Ciro Immobile dan kawan-kawan mengikuti gelaran UEFA Nations League pada Oktober 2020 silam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here