Menang Atas Belgia, Roberto Mancini Ciptakan Catatan Sempurna Lagi

0
261
Menang Atas Belgia, Roberto Mancini Ciptakan Catatan Sempurna Lagi

Debatbola.com – Laga final kepagian terjadi di perempat final EURO 2020. Pertandingan tersebut mempertemukan dua kandidat kuat juara turnamen internasional terbesar sebenua Eropa ini. Timnas Belgia harus berhadapan dengan timnas Italia.

Sebelumnya kedua tim ini belum pernah terkalahkan di ajang EURO 2020. Bahkan di fase grup mereka masing-masing keluar sebagai juara grup dengan poin sempurna dari tiga kemenangan dari tiga pertandingan.

Italia Masih Terlalu Perkasa

Bermain di stadion netral, kedua tim tetap ngotot menampilkan permainan yang menyerang di laga seru ini. Sejak babak pertama mulai masing-masing tim sudah melakukan jual beli serangan. Lolos ke fase semifinal merupakan tujuan utama mereka.

Gol pertama tercipta bagi skuat Gli Azzurri yang dilesatkan gelandang Inter Milan, Nicolo Barella. Kerja sama apik terjadi antara sang pencetak gol dengan Marco Verratti di dalam kotak penalti. Setelah itu Nicolo Barella memanfaatkan miskomunikasi dari barisan pertahanan skuat Belgia.

Baik Vermaelen, Vertonghen dan Thorgan Hazard tidak mampu menghentikan laju gelandang berusia 24 tahun tersebut. Kemudian dengan tinggal beberapa jarak saja dari garis gol, dirinya pun melepaskan tendangan keras. Thibaut Courtois, penjaga gawang The Red Devils tidak mampu membendung sepakan tersebut.

Sebelas menit berselang, kembali skuat asuhan Roberto Mancini menambah keunggulan mereka. Berawal dari skema serangan balik, winger Napoli, Lorenzo Insigne sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Tendangan roketnya dari luar kotak penalti sukses membuat timnya unggul menjadi 2-0. Sepakan dari kaki kanan itu menghujam deras di sisi kiri gawang Thibaut Courtois tanpa bisa ditepis kiper Real Madrid tersebut.

Keunggulan dua gol Gli Azzurri hanya bertahan tiga menit saja lantaran anak asuh Roberto Martinez sanggup memperkecil ketertinggalan. Slavko Vincic, wasit yang bertugas meniupkan peluit tanda pelanggaran yang terjadi di kotak penalti.

Winger timnas Belgia sekaligus pemain Stade Rennais, Jeremy Doku yang sukses masuk ke kotak penalti musuhnya terbaring kesakitan. Giovanni Di Lorenzo yang mengawalnya tertangkap basah melakukan pelanggaran keras.

Hukuman pun diberikan kepada skuat Gli Azzurri, sepakan penalti dihadiahkan untuk timnas Belgia. Romelu Lukaku yang ditunjuk menjadi algojo tendangan tersebut sukses melakukan tugasnya dengan sempurna. Sepakan kaki kirinya mengalir deras ke pojok kiri gawang Gianluigi Donnarumma.

Belgia Sudah Bermain Dengan Baik

Kedudukan pun bertahan 2-1 hingga babak pertama selesai. Menariknya, pada babak kedua tak ada lagi gol yang tercipta. Menurut statistik jalannya pertandingan, kedua tim bermain dengan nyaris seimbang. Hanya Gli Azzurri yang lebih unggul dalam penguasaan bola. Sementara anak asuh Roberto Martinez unggul dalam tendangan ke arah gawang.

Namun timnas Belgia tak kunjung mendapatkan peluang yang bisa dikonversikan menjadi gol. Alhasil skuat Italia yang dipimpin oleh Giorgio Chiellini berhak lolos dan tampil di babak semifinal EURO 2020 nanti.

Dilihat dari torehan rekor skuat Gli Azzurri, kemenangan atas timnas Belgia semakin menambah catatan sempurna dari sang pelatih, Roberto Mancini. 12 Kemenangan secara berturut-turut telah dicapai tim yang berjuluk Gli Azzurri ini.

Penghitungan itu dimulai ketika Giorgio Chiellini dan kawan-kawan bermain imbang melawan timnas Belanda pada Oktober 2020 lalu. Di pertandingan gelaran UEFA Nations League itu, kedua tim berbagi poin dengan hasil akhir 1-1.

Kembali ke gelaran EURO 2020, setelah menyingkirkan calon kuat juara, permainan anak asuh Roberto Mancini menunjukkan bahwa mereka bukan tim sembarangan. Mereka akan berhadapan dengan Spanyol di fase semifinal. Dimana skuat asuhan Luis Enrique menang atas Swiss di partai perempat final lewat babak adu penalti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here