Menang Adu Penalti, PSS Melaju ke Babak Semi-final

0
120

Debatbola.com – Tanpa disangka PSS mampu meredam serangan demi serangan tim unggulan Bali United. Pada babak perempat final Piala Menpora 2021 itu, kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol pada waktu normal.

Pemenang akhirnya harus ditentukan lewat adu penalti. Empat eksekutor PSS yakni Irfan Jaya, Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame, dan Wahyu Sukarta menunaikan tugasnya dengan baik, Di pihak Bali United, hanya Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry yang mencetak gol, Dias Angga dan Willian Pacheco gagal menaklukkan kiper PSS, Ega Rizky. PSS melaju ke semifinal.

PSS nyatanya memang sudah menyiapkan tendangan penalti untuk bisa mengalahkan Bali United. Tak heran semua penendangnya berhasil merobek gawang Bali United yang dikawal Samuel Reimas.

“Tentu saja sudah beberapa hari sebelum pertandingan kita persiapkan, kita lihat semua kondisi pemain. Kita ganti Aaron Evans masuk Wahyu (Sukarta) dia disiplin dan bagus untuk penalti. Kita siapkan dia sebelum penalti mulai, dia confidence dari anak-anak semua yang shooting benar,” kata pelatih PSS, Dejan Antonic.

Ega Rizky yang jadi pahlawan kemenangan PSS Sleman setelah menangkap tendangan Pacheco bersyukur timnya bisa melaju ke babak empat besar. Baginya ini adalah pencapaian luar biasa karena PSS bukanlah tim unggulan.

“Ini pertandingan luar biasa, ini juga prestasi PSS baru kali ini masuk empat besar di pra musim, respek sama teman-teman yang sangat kerja keras untuk bisa memenangkan pertandingan. Respek ke coach, dia selalu support kita yang dukung kita walaupun banyak dari media lain, netizen, yang kurang respek ke kita, kita bisa buktikan itu,” beber Ega.

Sebelum pertandingan berakhir dan melaju ke babak adu penalti, Bali United sempat mengganti kipernya. Reimas masuk menggantikan penjaga gawang utama, Wawan Hendrawan. Namun pergantian itu tak berbuah manis.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, punya alasan terkait pergantian ini. Pelatih asal Brasil ini mengatakan bahwa Reimas sempat tampil gemilang dalam sesi latihan tendangan penalti, namun ternyata PSS punya eksekutor yang lebih baik.

“Kita waktu itu ada latihan di Bali, dalam beberapa kali latihan di sana, Samuel (Reimas) bagus. Kita sudah tahu dia beberapa tahun sebelumnya sering (sukses) ambil penalti. Kita pnya plan untuk bantu tim di penalti, tapi Sleman lebih bagus di adu penalti ini,” papar Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra.

PSS menjadi tim terakhir yang memastikan diri ke babak semifinal. Skuad berjuluk Elang Jawa tersebut menyusul Persija, PSM, dan Persib. Nama terakhir akan menjadi lawan mereka di semifinal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here