Menang 1-3 dari RB Leipzig, Bayer Leverkusen Dekati Puncak Klasemen

0
49

Debatbola.com – Bermain di Red Bull Arena, Bayer Leverkusen berhasil menang 1:3 dari RB Leipzig pada laga pekan ke-13 lanjutan dari kompetisi Liga Jerman musim 2021/2022 pada hari Minggu (28/11) tadi malam.

Babak Pertama, Bayer Leverkusen Unggul Dua Gol

Bermain di hadapan publik sendiri ternyata membuat RB Leipzig mampu tampil percaya diri pada laga malam kemarin. Sejak menit awal laga dimulai, mereka mencoba menekan tim tamu terlebih dahulu. Bahkan RB Leipzig terlihat lebih banyak menguasai bola dalam laga ini mencapai 56 persen.

Meski demikian Bayer Leverkusen mampu dengan jeli membendung permainan dari tuan rumah. Kokohnya benteng pertahanan dari Bayer Leverkusen di laga ini memang patut diacungi jempol. Dari serangkaian serangan awal para pemain RB Leipzig selalu mentah di barisan bertahan.

Memasuki menit kedelapan Bayer Leverkusen melalui Exequiel Palacios mampu merebut bola dan langsung membangun serangan balik. Bola kemudian diumpan kepada Amine Adli dan dibawa mendekat ke area penalti. Melihat Moussa Diaby bebas tanpa kawalan di kiri gawang, Adli kemudian melempar umpan.

Dengan sontekan mudah Moussa Diaby berhasil menyarangkan bola ke gawang Josep Martinez. Akan tetapi Diaby ternyata hanya melakukan selebrasi gol yang sia-sia. Sebab wasit menganulir gol tersebut setelah Amine Adli dinyatakan sudah dalam posisi offside terlebih dahulu sebelum memberikan umpan kepada Diaby. Laga kemudian kembali berlanjut dengan skor kembali 0:0 seperti sedia kala.

Pada menit ke-16 RB Leipzig sempat mendapatkan peluang dari Joko Gvardiol. Sayangnya tembakan pemain ini masih melebar ke sisi gawang. Pada menit ke-21 gawang RB Leipzig akhirnya benar-benar jebol untuk pertama kalinya melalui sepakan Florian Wirtz yang mendapatkan umpan lambung dari Exequiel Palacios.

Belum berhenti di situ, pada menit ke-34 Bayer Leverkusen kembali menggandakan keunggulan melalui gol Moussa Diaby setelah mendapatkan umpan dari Jonathan Tah. Skor kemudian berubah menjadi 0:2 via bursa inter303 dan bertahan sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua, Bayer Leverkusen Amankan Keunggulan

Keluar dari ruang ganti, RB Leipzig yang berambisi menang di kandang sendiri mulai tampil lebih agresif. Jesse Marsch nampaknya merubah skema bermain timnya dan mencoba kembali menguasai permainan. Setelah menanti sekian lama, pada menit ke-62 RB Leipzig berhasil memperkecil ketertinggalan dengan mencetak gol pertamanya. Gol pertama ini diciptakan oleh Andre Silva usai mendapat umpan dari Christopher Nkunku.

Setelah mampu menghasilkan gol pertama, para pemain RB Leipzig mulai percaya diri. Akan tetapi dua menit kemudian Bayer Leverkusen mampu meruntuhkan kepercayaan diri tuan rumah. Pada menit ke-64 Jeremie Frimpong mencetak gol ketiga Bayer Leverkusen setelah memaksimalkan umpan dari Moussa Diaby. Sejak menit ini RB Leipzig kembali masuk dalam tekanan. Bayer Leverkusen yang kian unggul semakin menjadi-jadi.

Meski tertekan, RB Leipzig masih mencoba melakukan serangan untuk mengikis selisih gol. Menit ke-86 peluang emas hinggap di kubu tuan rumah setelah wasit memberikan hadiah tendangan penalti. Duel udara yang sempat terjadi antara Benjamin Henrichs dan Edmond Tapsoba menjadi penyebab wasit menunjuk titik putih setelah Tapsoba melakukan handball.

Dominik Szoboszlai yang menjadi algojo tendangan penalti ternyata gagal melaksanakan tugasnya. Bola membentur tiang kiri gawang dan memantul kemudian langsung disapu oleh pemain bertahan Bayer Leverkusen keluar lapangan.

Sampai waktu bertanding habis, skor 1 : 3 tetap bertahan dan Bayer Leverkusen keluar sebagai pemenang di laga ini. Dengan kemenangan di laga ini, Bayer Leverkusen saat ini naik ke posisi ketiga dengan koleksi 24 poin. Sedangkan RB Leipzig turun ke peringkat kedelapan dengan koleksi 18 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here