Menang 1-0 dari Burnley, Spurs Tembus Zona Champions

0
48

Debatbola.com – Tottenham Hotspur berhasil memetik kemenangan penting setelah mengalahkan Burnley dengan skor akhir 1:0 di Tottenham Hotspur Stadium pada hari Minggu (15/5/2022) malam kemarin WIB pada laga pekan ke-37 dari Liga Inggris.

Babak Pertama, Spurs Unggul Lebih Dulu
Melakoni laga kandang terakhir di kompetisi musim 2021/2022 ini, Tottenham Hotspur tampaknya tidak ingin mengambil resiko sedikitpun. Antonio Conte terlihat memakai formasi lima bek sekaligus untuk menjamu Burnley. Sebab mereka butuh kemenangan di laga ini untuk menembus zona Champions.

Menit-menit awal laga berjalan, Harry Kane dan kolega terlihat fokus memperkuat pertahanan mereka. alhasil tuan rumah belum bisa membangun serangan sekalipun. Mereka baru bisa mengembangkan permainan ketika laga berjalan selama 13 menit dimotori oleh Harry Kane.

Perlahan tapi pasti, Tottenham Hotspur mulai membangun serangan. Akan tetapi rapatnya barisan bertahan Burnley membuat usaha mereka untuk unggul lebih dulu menemui kegagalan. Peluang emas sempat didapat Emerson Royals di menit ke-17 meski akhirnya juga gagal menemui sasaran.

Menjelang babak pertama berakhir, keberuntungan akhirnya berpihak kepada kubu tuan rumah. Skuad The Lilywhite akhirnya unggul lebih dulu berkat gol penalti dari Harry Kane. Pada menit ke-45+8 Ashley Barnes melakukan handsball di dalam kotak penalti dan memberikan keuntungan untuk tuan rumah.

Berkat gol di atas, Tottenham Hotspur kemudian unggul dengan skor 1:0. Sesaat setelah gol tercipta, wasit meniup peluit tanda jeda turun minum tiba.

Babak Kedua, Spurs Pertahankan Keunggulan
Melakoni babak kedua, Burnley yang masih kalah selisih gol mencoba untuk bermain dengan lebih berani. Tim besutan Michael James Jackson ini mulai memberanikan diri menebar serangan di daerah bertahan Tottenham Hotspur. Akan tetapi tendangan dari para pemain Burnley tidak ada satupun yang akurat.

Terlalu asyik menyerang, Burnley ternyata lengah dan hampir saja kebobolan. Pada menit ke-64 tuan rumah sempat mengancam melalui sepakan Rodrigo Bentancur. Sayangnya Nick Pope masih berhasil menepisnya dengan mudah. Beberapa saat kemudian Son Heung-Min ikut menebar ancaman meski juga mengalami kegagalan.

Di babak kedua ini Nick Pope terlihat bekerja lebih keras untuk mengawal gawangnya agar tidak kebobolan lagi. Pada menit ke-81 dia dipaksa untuk kembali terbang melakukan penyelamatan gemilang. Aksinya ini kemudian membuat Tottenham Hotspur merasa gemas karena gagal menambah keunggulan.

Serangan demi serangan masih rajin dikirim oleh para penyerang Tottenham Hotspur. Akan tetapi penyelamatan gemilang dari Nick Pope mampu membuat gawang Burnley tetap utuh di babak kedua ini. Sampai peluit panjang berbunyi, Tottenham Hotspur masih unggul dengan gol semata wayangnya dan keluar sebagai pemenang.

Situasi Klasemen Terbaru
Meski hanya menang dengan skor tipis 1:0, Tottenham Hotspur berhasil memetik sebuah kemenangan penting. Suntikan tripoin dari laga malam kemarin membuat pasukan Antonio Conte ini naik satu peringkat ke posisi empat dan mengoleksi 68 poin.

Kemenangan ini juga membuat Spurs mampu menggeser Arsenal dari zona Champions. Meski demikian di laga pamungkas pekan depan, tiket Liga Champions yang sudah dikantongi Tottenham Hotspur masih berpeluang hilang. Sebab Arsenal hanya terpaut dua poin dan masih bisa mengejar di satu laga tersisa.

Di sisi lain, kekalahan ini menjadi mimpi buruk untuk Burnley. Sebab hilangnya poin di laga ini membuat mereka terjun ke zona degradasi setelah bertukar posisi dengan Everton. Burnley diketahui menghuni posisi ke-18 dengan koleksi 34 poin.

Dari dua laga yang mereka miliki beberapa waktu kedepan, Burnley butuh kemenangan untuk bisa menggeser posisi Leeds United yang hanya terpaut selisih satu poin saja dan terhindar dari ancaman degradasi. Mereka masih memiliki laga kontra Aston Villa dan juga Newcastle United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here