Memasuki Babak Semifinal, Kompetisi Euro 2024 Didominasi Pemain Keturunan Afrika

0
24

Debatbola.com – Kompetisi Euro 2024 telah memasuki babak semifinal. Terdapat hal menarik dari empat kontestan yang akan tampil di babak semifinal. Semua negara ternyata diperkuat oleh beberapa pemain keturunan dari Afrika. Timnas Spanyol yang berhasil lolos menuju babak semifinal Euro 2024 tidak terlepas dari kontribusi Lamine Yamal dan Nico Williams.

Keduanya adalah pemain yang dominan pada lini serangan Timnas Spanyol, terutama di sisi sayap. Lamine Yamal adalah pemain yang lahir di Spanyol, memiliki darah Afrika dari sang ayah (Maroko) dan ibunya (Guinea Ekuatorial). Nico Williams yang telah bermain di tim Athletic Bilbao dari level usia terlahir di Pamplona. Berasal dari orang tua berdarah Ghana.

Bukayo Saka yang menjadi pahlawan Inggris di babak 8 Besar kontra Swiss atas aksinya yang mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 juga pemain yang memiliki darah keturunan Afrika. Saka terlahir di London dari orang tua yang berdarah Nigeria. Kedua Orang tua Saka berpindah ke Inggris sebab alasan ekonomi.

Nama ‘Bukayo’ sendiri diambil dari bahasa asal Nigeria yang memiliki arti sumber kebahagiaan. Tidak hanya Saka, terdapat juga beberapa nama lain di dalam skuad Timnas Inggris yang berdarah Afrika. Ia adalah Kobbie Mainoo (keturunan Ghana), Marc Guehi (keturunanPantai Gading), hingga Ezri Konsa (keturunan Republik Demokratik Kongo).

Timnas Prancis juga dihuni oleh pemain keturunan asal Afrika. Kombinasi bek tengah, dari Dayot Upamecano dan William Saliba adalah contohnya. Upamecano mempunyai darah Guinea-Bissau dan Saliba adalah keturunan dari Kamerun. Kylian Mbappe juga mempunyai darah Afrika sebab sang ayah (Wilfried) berasal dari Kamerun. Terdapat juga nama N’Golo Kante dan Aurelien Tchouameni yang mempunyai darah keturunan Afrika.

Seperti halnya tiga negara di atas, Timnas Belanda juga diisi oleh banyak pemain keturunan. Bahkan, ada total 15 pemain yang berstatus keturunan di dalam skuad Der Oranje. Salah satunya Tijjani Reijnders, keturunan Indonesia. Sedangkan pemain yang berdarah Afrika ada pada diri Nathan Ake, Jeremie Frimpong, Joshua Zirkzee dan Memphis Depay.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here