Melawan Timor Leste, Shin Tae-Yong Persiapkan Pemain Kunci

0
117

Debatbola.com – Bulan Januari 2022 ini, Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba bertajuk FIFA Matchday. Tim Garuda akan bertanding melawan Timor Leste pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022. 

Pertandingan sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Bali. Meskipun laga uji coba, Shin Tae-Yong selaku pelatih timnas akan membawa pemain terbaik. Namun sayangnya Pelatih Shin Tae-Yong tidak dapat memasukkan pemain yang merumput di luar negeri.

Batal Bertanding VS Bangladesh

Setidaknya ada 27 pemain yang akan dibawa ke Bali. Pelatih Shin Tae-Yong memasukkan beberapa pemain yang berlaga di Piala AFF 2022 dan juga menambahkan 5 pemain baru. Sebagian besar pemain yang dibawa merupakan pemain muda U-23. Alasannya, sebagai persiapan para pemain sebelum menjalani turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja

Sebelumnya, Timnas Indonesia dijadwalkan akan bertemu melawan Bangladesh, namun rencana ini gagal akibat terkendala vaksinasi COVID 19 pemain Bangladesh. Saat ini skuad asuhan Shin Tae-yong sudah berada di Bali untuk menjalani pemusatan latihan.

Selain sebagai persiapan pemain sebelum menjalani piala AFF U-23, pertandingan ini juga akan berpengaruh pada peringkat FIFA. Oleh karena itu ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap supaya pemain dapat bermain dengan maksimal dan mampu melanjutkan tren positif sebelumnya. 

Pemain Kunci yang Disiapkan Shin Tae-Yong

Guna meraih kemenangan pada pertandingan tersebut, tidak tanggung-tanggung setidaknya ada 5 pemain kunci yang telah dipersiapkan pelatih Shin Tae-Yong. Siapa saja mereka?

1. Muhammad Rafli

Pemain yang merumput bersama Arema ini merupakan salah satu sosok pemain yang memiliki visi bermain yang jelas. Meskipun pemain ini berposisi sebagai gelandang, namun dia juga dapat beroperasi sebagai penyerang ketika dibutuhkan. 

Pertandingan melawan Timor Leste ini sekaligus sebagai ajang pembuktian jika dirinya layak bermain untuk Timnas setelah tidak dipanggil ketika piala AFF 2020 kemarin.

2. Marselino Ferdinand

Wonderkid asal Persebaya Surabaya ini merupakan salah satu pemain kunci yang diharap mampu menjadi bintang masa depan Indonesia. Penampilan apiknya tidak hanya diakui oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga dunia. Nama Marselino Ferdinand sempat masuk ke dalam daftar 60 pemain muda terbaik dunia versi The Guardians, Media ternama asal Inggris. 

Namanya menjadi satu-satunya pemain asal Indonesia yang bersaing dengan para bintang dunia. Hingga pekan 20 ini, pemain 17 tahun ini telah mencatatkan empat gol dan lima assist. Dengan dimasukkannya ke dalam skuad Shin Tae-Yong, tentunya akan menambah kekuatan Timnas Indonesia.

3. Ricky Kambuaya

Pemain yang juga merumput bersama Persebaya ini juga merupakan salah satu tulang punggung Timnas Indonesia dibawah asuhan pelatih Shin Tae-Yong. Nama Ricky Kambuaya mulai dikenal luas setelah dua golnya bersarang ke gawang Thailand saat Final piala AFF 2020 kemarin. Selain memiliki kemampuan Individu, pemain berusia 25 tahun ini juga mampu mengalirkan bola dengan baik.

4. Ronaldo Joybera Kwateh

Satu lagi pemain wonderkid Indonesia yang dimasukkan ke dalam skuad Timnas yaitu Ronaldo Joybera Kwateh. Pemain yang merumput bersama Madura United ini merupakan pemain termuda yang berlaga di Liga satu, tepatnya ketika berusia 16 tahun 10 bulan 15 hari. Sebelum dimasukkan ke dalam skuad Timnas U-23, dia sempat bermain untuk Timnas U-18. Selama bermain bersama timnas senior, Ronaldo Kwateh menampilkan permainan impresif.

5. Evan Dimas

Nama Evan Dimas yang juga sebagai salah satu senior sekaligus kapten Timnas dapat dibilang sebagai senjata utama Timnas saat ini. Pengalamannya yang sudah sangat matang dan juga jiwa kepemimpinan yang dimiliki diharapkan mampu membawa Timnas meraih kemenangan. 

Setidaknya Evan Dimas telah melakoni laga selama 950 menit bersama Timnas era Shin tae-Yong. Kontribusi besar inilah yang membuat Pelatih dan juga pendukung Timnas berharap banyak kepadanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here