Melawan Austria, Gawang Donnarumma Akhirnya Kebobolan

0
297
Melawan Austria, Gawang Donnarumma Akhirnya Kebobolan

Debatbola.com – Timnas Italia sukses melangkah ke babak perdelapan final euro 2020 setelah menyingkirkan timnas Austria. Pada laga yang dimainkan di stadion Wembley, skuat Gli Azzurri menang tipis dengan kedudukan akhir 2-1 lewat babak pertambahan waktu.

Dua Gol Italia Di Babak Pertambahan Waktu Menjadi Titik Balik

Bertanding melawan runner up grup C di babak 16 besar, timnas Italia tetap menggunakan pemain intinya untuk bertanding. Hanya Giorgio Chiellini saja yang tidak dimainkan lantaran cedera. Sebagai gantinya Roberto Mancini menurunkan bek tengah Lazio, Francesco Acerbi.

Sejak peluit jalannya pertandingan ditiupkan, kedua tim langsung menerapkan skema menyerang. Gli Azzurri yang lini serangnya dipimpin oleh Ciro Immobile nampak kesulitan menembus pertahanan yang dibangun oleh Aleksandar Dragovic dan Martin Hinteregger.

Sebaliknya skuat Unsere Burschen juga mengalami kegagalan dalam percobaan serangan ke gawang Gianluigi Donnarumma. Hingga babak pertama dan kedua berakhir, tidak ada gol yang tercipta. Maka wasit pun memutuskan untuk memperpanjang pertandingan selama setengah jam lagi.

Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu para penonton yang memadati stadion Wembley pun hadir juga. Federico Chiesa yang masuk menggantikan Domenico Berardi membuka kran gol timnya pada menit ke-95.

Berawal dari pergerakannya di sisi kiri gawang Daniel Bachmann, winger Juventus tersebut berhasil mengecoh Konrad Laimer yang mencoba menghalau tendangannya. Gerakan tipuan pun langsung disambut dengan sepakan keras ke pojok kanan gawang Austria. Kedudukan menjadi 1-0 pada babak pertama extra time.

Menjelang babak pertama extra time berakhir, skuat asuhan Roberto Mancini kembali menambah pundi-pundi golnya. Matteo Pessina, gelandang Atalanta kali ini menjadi kreator gol dengan tendangan dari dalam kotak penalti.

Sebelumnya Francesco Acerbi yang berhasil menerobos masuk kotak penalti skuat Unsere Burschen kewalahan akibat dijaga ketat Martin Hinteregger dan Aleksandar Dragovic. Namun pemain bertahan berusia 33 tahun tersebut memutuskan memberi bola kepada Matteo Pessina yang tak terkawal.

Dengan mengontrol dan mengarahkan bola ke zona tembak yang lebih luas, gelandang serang berusia 24 tahun itu sukses mencetak gol. Kedudukan pun menjadi 2-0 untuk keunggulan timnas Italia hingga babak pertama pertambahan waktu berakhir.

Kebobolan Pertama Kalinya

Memasuki babak kedua extra time, Timnas Austria yang berusaha mengejar mendapatkan hasil tepat di menit ke-114. Striker tim, Sasa Kalajdzic menjadi pencetak gol skuat asuhan Franco Foda. Gol disarangkan lewat skema sepak pojok yang diambil oleh Louis Schaub.

Pada laga babak 16 besar ini, rekor Gianluigi Donnarumma pun pecah sudah. Sebelumnya penjaga gawang berusia 22 tahun tersebut belum pernah sekalipun mengalami kebobolan pada pertandingan fase grup.

Setiap pertandingan melawan Turki, Swiss dan Wales, Gianluigi Donnarumma selalu berhasil menghalau bola dari setiap peluang musuhnya. Berkat itu pun dirinya meraih rekor clean sheet berturut-turut sejak awal laga.

Namun pada laga melawan Austria, rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh striker VfB Stuttgart dengan sundulan. Beruntung cuma satu gol yang sanggup diciptakan skuat Unsere Burschen pada pertandingan kali itu.

Pada babak waktu normal, sebenarnya gawang mantan kiper AC Milan itu sudah kebobolan terlebih dahulu. Lewat aksi striker Shanghai Port, Marko Arnautovic dengan sundulannya yang memanfaatkan umpan dari David Alaba.

Akan tetapi wasit yang bertugas, Anthony Taylor langsung meniupkan peluit tanda pengecekan VAR terlebih dahulu. Sang pengadil lapangan itu pun menarik kesimpulan bahwa striker berusia 32 tahun itu sudah terjebak offside sebelum gol tercipta. Akhirnya gol pun dianulir dan kedudukan menjadi 0-0 kembali hingga dilanjutkan ke babak pertambahan waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here