Melalui Media Korea, Shin Tae-Yong Ungkapkan Alasan Pilih Timnas Indonesia

0

Debatbola.com – Shin Tae-Yong memutuskan untuk melatih Timnas Indonesia sejak tahun 2021 lalu. Sejak dilatih oleh pelatih asal Korea Selatan itu, perkembangan Timnas mulai terlihat terutama dari segi kenaikan rangking FIFA. Terbaru Shin Tae-Yong berhasil membawa Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia di tahun 2023 nanti.

Termasuk dalam pelatih yang sudah melatih Timnas kelas dunia, alasan Shin Tae-Yong memilih melatih Indonesia sempat menjadi tanda tanya. Pasalnya Shin Tae-Yong mendapat tawaran yang lebih menjanjikan dibandingkan di Timnas Indonesia. Baru-baru ini, alasan pelatih tersebut memilih melatih skuad Garuda terungkap melalui media Korea.

Alasan Pilih Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong menjadi salah satu nama pelatih besar yang direkrut Indonesia untuk melatih Timnas. Sebelumnya, Timnas Indonesia juga sempat dilatih Luis Milla yang merupakan pelatih kenamaan asal Spanyol. Terhitung sudah dua tahun 6 bulan Shin Tae-Yong melatih sejak datang pada awal tahun 2020 lalu.

Menjadi pelatih Timnas, Shin Tae-Yong memiliki rekam jejak yang cukup bagus di dunia kepelatihan. Sebelum memutuskan melatih Skuad Garuda, Shin Tae-Yong menjabat sebagai pelatih kepala di Timnas Senior Korea Selatan. Jabatan tersebut dipegang oleh Shin Tae-Yong selama dua tahun lamanya.

Dengan cv yang begitu mentereng dari Shin Tae-Yong, alasan sang pelatih mau melatih Timnas Indonesia tentu menjadi tanda tanya. Pasalnya Shin Tae-Yong juga menerima tawaran yang lebih menggiurkan salah satunya dari klub asal Cina. Bahkan kabarnya, gaji yang ditawarkan juga lebih besar dibandingkan yang diberikan oleh Timnas Indonesia.

Orang terdekat Shin Tae-Yong pun banyak tidak percaya dengan keputusannya yang lebih memilih Timnas Indonesia. Bahkan keluarganya juga menyarankan pada pelatih itu menerima tawaran lain yang lebih baik. Namun dengan tegas pelatih berusia 51 tahun itu mengatakan tetap ingin melatih Timnas Indonesia.

Ketika ditanya oleh salah satu media asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong mengungkapkan alasannya memilih Timnas Indonesia yaitu untuk mendapat tantangan baru. Dalam wawancara itu, Shin Tae-Yong juga mengatakan jika ingin menguji seberapa besarnya bakatnya sebagai seorang pelatih. Karena hal itulah melatih Timnas Indonesia menjadi pengalaman yang sangat berarti untuk pelatih berusia 51 tahun itu.

Sebenarnya, sejak awal Shin Tae-Yong mengetahui jika melatih Timnas Indonesia bukanlah hal yang mudah. Namun karena tantangan yang lebih besar dibandingkan tawaran lain yang diterimanya, pelatih itu lebih memilih Timnas Indonesia. Keputusannya ternyata tidak salah karena kini Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan.

Revolusi Shin Tae-Yong
Semenjak Timnas Indonesia dilatih Shin Tae-Yong, perkembangan pun terlihat cukup signifikan terutama dari segi kualitas pemain. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk Indonesia meraih prestasi cukup singkat dibandingkan pelatih-pelatih sebelumnya. Terbukti rangking Timnas di FIFA naik cukup tinggi dibandingkan sebelum dilatih oleh Pelatih Korsel itu.

Hingga kini, Shin Tae-Yong telah mendampingi sebanyak 21 pertandingan termasuk di babak kualifikasi Piala Asia. Dari 21 laga tersebut, total 11 laga yang dimenangkan Timnas dengan 5 kali kalah serta sisanya imbang. Shin Tae-Yong juga berhasil membuat Indonesia menjadi runner up di Piala AFF 2020 lalu.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga berhasil mempersembahkan medali perunggu di SEA Games 2021 yang dilaksanakan di Vietnam. Terbaru Shin Tae-Yong membantu Indonesia lolos Piala Asia 2023 sejak terakhir kali 15 tahun lalu. Sederet pencapaian tersebut diraih Shin Tae-Yong hanya dalam waktu 2,5 setengah dan dengan kondisi Timnas yang masih kurang mendukung.

Shin Tae-Yong telah membawa revolusi yang besar-besaran terutama di wajah Timnas Indonesia. Perubahan yang paling menonjol tentu saja mental dari para pemain Timnas yang memang menjadi fokus utama dari pelatih asal Korea Selatan itu. Kini mental para pemain sudah terbentuk dan lebih berani menghadapi tim-tim yang lebih kuat dibandingkan Timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong mengakui jika para pemain Indonesia terlihat lebih santai dibandingkan pemain negaranya. Pelatih tersebut memaklumi karena cuaca Indonesia yang lebih panas dibandingkan negara Korea Selatan. Karena hal itulah Shin Tae-Yong berusaha keras merubah mental santai para pemain Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Baru-baru ini PSSI telah memutuskan jika Shin Tae-Yong akan tetap melatih keseluruhan kelompok umur Timnas. Karena hal itulah dua kompetisi besar sudah menunggu untuk kembali ditaklukkan oleh Timnas dibawah arahan Shin Tae-Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu kini tengah melakukan pemusatan pelatihan bersama Timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia sebentar lagi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version