Media Asing Soroti Keinginan Indonesia Keluar AFF, Ada Yang Tidak Rela

0
27

Debatbola.com – Sejak Timnas Indonesia dicurangi di Piala AFF U-19, warganet sudah meminta PSSI untuk keluar dari Federasi ASEAN tersebut. Netizen semakin mendesak PSSI lantaran protes yang diajukan pada AFF tidak juga ditindak lanjuti. Demi memenuhi permintaan netizen, PSSI dikabarkan sudah menghubungi pihak EAFF beberapa waktu lalu.

Keinginan netizen Indonesia yang ingin PSSI pindah ke EAFF dan meninggalkan AFF rupanya menjadi sorotan media asing. Bahkan media negara luar tersebut juga ikut heboh dan bahkan menjadikan kabar tersebut sebagai headline. Akan tetapi ada juga yang tidak rela jika Indonesia benar-benar keluar dari AFF.

Media Vietnam Ikut Heboh

Indonesia memang sering kali menjadi topik hangat media Vietnam akhir-akhir ini sejak PSSI resmi mengajukan protes ke AFF. Karena hal itulah kabar mengenai PSSI yang ingin bergabung dengan EAFF tidak luput dari sorotan media negara tersebut. Bahkan berita keluarnya PSSI dari AFF menjadi trending topik di negara tersebut.

Salah satu media Vietnam yang mengangkat tema mengenai PSSI yang sudah menghubungi EAFF dan akan keluar AFF yaitu Soha. Bahkan judul tersebut menjadi hot topik berita dari media asal Vietnam itu. Soha juga menyoroti pernyataan Mochamad Iriawan yang mengatakan jika EAFF menyambut dengan baik kedatangan Indonesia.

Tidak mau ketinggalan, The Thao 247 juga menuliskan hal yang sama yaitu mengenai kabar PSSI yang sudah berkomunikasi dengan EAFF. The Thao juga menuliskan jika kemungkinan Indonesia akan keluar dari AFF. Baik Soha dan The Thao 247 juga ikut membahas mengenai EAFF beserta anggota dari federasi tersebut.

Tidak ingin ketinggalan, warganet Vietnam juga ikut mengomentari terkait keluarnya Indonesia dari AFF. Bahkan ada yang mengatakan jika akan menjadi kabar buruk bagi EAFF jika Indonesia benar-benar pindah lantaran tipe permainan yang berbeda. Bahkan Sebagian besar warganet Vietnam berharap Indonesia benar-benar keluar dari AFF.

Media Malaysia Juga Tidak Mau Ketinggalan

Selain Vietnam, media milik Malaysia juga ikut menyoroti mengenai wacana Indonesia yang akan pindah federasi. Media yang bernama Makan Bola itu juga mengambil tajuk mengenai pernyataan Mochamad Iriawan yang sudah berkomunikasi dengan EAFF. Sama seperti Media Vietnam, Makan Bola juga membahas mengenai kemungkinan Indonesia keluar AFF.

Dalam berita yang ditulis Makan Bola, juga mencantumkan alasan keinginan Indonesia untuk keluar AFF yang dikarenakan persaingan yang sudah tidak sehat. Media tersebut juga menyebutkan anggota-anggota EAFF yang diisi tim-tim kuat. Dengan belajar dari tim-tim tersebut, level Timnas Indonesia akan semakin meningkat.

Makan Bola juga mencantumkan pertanyaan di akhir berita yang ditulisnya yaitu bersediakah tim-tim Asia Tenggara ditinggal Indonesia. Pasalnya para pecinta sepak bola Indonesia memiliki fanatisme yang tinggi terhadap Timnas. Bahkan fanatisme pecinta sepak bola Indonesia lebih kuat dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya.

Respon yang diberikan Makan Bola terhadap rencana PSSI keluar dari AFF berbeda dengan respon media Vietnam. Dari berita yang dituliskan oleh salah satu media Malaysia tersebut menunjukkan ada ketidakrelaan jika Indonesia keluar dari AFF. Pasalnya persaingan antara negara di ASEAN akan semakin berkurang mengingat tim terkuat hilang satu.

Ada Yang Tidak Rela

Vietnam mungkin akan menjadi negara yang paling berbahagia jika PSSI benar-benar keluar dari AFF jika melihat respon media dan warganet dari negara tersebut. Namun masih ada beberapa negara ASEAN yang kemungkinan tidak akan rela jika Indonesia keluar dari AFF, ketiganya yaitu Malaysia, Thailand serta Kamboja.

Malaysia bisa dikatakan rival Indonesia abadi Indonesia di wilayah Asia Tenggara dalam lingkup sepak bola. Bahkan pertandingan antara Malaysia dengan Indonesia selalu dijuluki dengan El Clasico di wilayah Asia. Dengan hubungan baik antara PSSI dan FAM, kemungkinan Malaysia tidak akan rela kehilangan rival abadinya di AFF.

Thailand juga berpeluang akan menolak keinginan Indonesia untuk keluar dari AFF. Pasalnya Indonesia adalah lawan yang paling sering dikalahkan oleh Thailand di babak final kompetisi tingkat ASEAN. Karena hal itulah Thailand tidak mau kehilangan lawan yang paling sering mengantarkannya meraih juara.

Kamboja dipastikan menjadi negara yang menolak paling keras kepindahan Indonesia dari AFF. Pasalnya AFF kini diketuai oleh Khiev Sameth yang merupakan tentara berpangkat Mayor Jenderal dari Kamboja. Khiev tentu tidak ingin AFF mengalami kerugian jika Indonesia benar-benar keluar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here