Masih Terjerat Masalah Tunggakan Gaji Pemain, Persija Justru Siap Menyewa JIS Sebagai Homebase

0
38

Debatbola.com – Jelang bergulirnya Liga 1 2022/2023, Persija melakukan gebrakan besar. Kabarnya Macan Kemayoran bakal menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai Homebase mereka. 

Manajemen Persija juga sudah mengajukan terkait penggunaan JIS ke PT LIB untuk dilakukan verifikasi. Jika semua proses pengajuan berjalan dengan lancar tidak tertutup kemungkinan, Persija bakal bermarkas di stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut.

Terkait penggunaan JIS sebagai markas mereka di musim depan, Mohamad Prapanca, selaku presiden Persija belum dapat memastikannya. Menurutnya hingga saat ini masih dalam proses penjajakan. 

Meski demikian, Persija sendiri sedang melakukan ancang-ancang dan tidak gentar dengan biaya sewa yang dapat dikatakan cukup besar. Menurutnya, selama bisa menguntungkan kedua belah pihak, Persija siap membayar berapapun.

Harga Sewa Mahal

Meskipun belum mengetahui secara detail mengenai harga sewa JIS, namum Mohamad Prapanca siap mengeluarkan biaya besar untuk membayar harga sewa. Menurut kabar beredar, harga sewa dari JIS untuk sekali pertandingan mencapai 800 Juta hingga 1 Milyar Rupiah. 

Harga tersebut jauh lebih tinggi dari harga sewa Stadion Utama Gelora Bung Karno. Apabila biaya besar yang dikeluarkan sebanding dengan keuntungan yang didapat, maka Persija siap untuk menyewa JIS sebagai homebase mereka. 

Adapun manajemen Persija memanfaatkan hubungan baik mereka dengan Pemprov Jakarta agar dapat memberikan harga spesial terkait harga sewa. Menurut presiden klub, hubungan antara Manajemen klub, supporter dan juga Pemprov tidak dapat dilepaskan satu sama lain. Ketiganya harus saling mendukung agar mendapatkan keuntungan.

Sudah Mengajukan Verifikasi

Salah satu persiapan Persija untuk menggunakan JIS sebagai kandang mereka musim depan yaitu dengan mengajukan proses Verifikasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB). Sudjarno selaku Direktur Operasional PT LIB, mengatakan jika Persija Jakarta sudah memintanya untuk melakukan proses verifikasi. 

Adapun yang diminta oleh Persija Jakarta masih sebatas verifikasi, dengan demikian JIS belum bisa didaftarkan secara resmi oleh Macan Kemayoran sebagai kandang mereka musim depan.

Jika ditinjau dari fasilitas, kemegahan dan segala kelebihan yang dimiliki, kemungkinan besar JIS bakal lolos verifikasi oleh PT LIB. Keunggulan dari stadion baru ini yaitu adanya atap yang bisa terbuka dan tertutup. Selain itu, stadion ini juga memiliki dua lapangan latihan serta ruang ganti pemain yang mewah. 

Kapasitas dari JIS yang mampu menampung hingga 82 ribu penonton diyakini mampu mengakomodir kehadiran Suporter Persija Jakarta, The Jak Mania yang jumlahnya selalu membludak pada setiap pertandingannya.

Adapun Liga 1 2022/2023 rencananya bakal digelar pada 27 Juli mendatang dengan melakukan pertandingan pra musim. PT LIB rencananya bakal menghadirkan suporter secara penuh pada setiap pertandingan Liga 1 musim depan.

Pernyataan Presiden Klub Tuai Kontroversi

Terkait pernyataannya yang berniat menyewa JIS sebagai kandang mereka tahun depan ternyata menuai kontroversi banyak pihak. Hal ini terkait kasus penunggakan gaji yang melibatkan mantan pemain mereka Marko Simic

Persija yang kabarnya siap menggelontorkan dana besar untuk menyewa stadion, namun menurut sang pemain, mantan klubnya tersebut belum membayar gajinya selama setahun. Tentu saja hal ini menuai pro-kontra dari banyak kalangan.

Seperti diketahui, alasan Marko Simic hengkang dari Persija lantaran dirinya belum mendapat bayaran selama setahun. Melalui surat terbukanya pada 26 April 2022 lalu, dirinya kerap dicadangkan apabila menuntut haknya yang belum dibayarkan tersebut.

Meskipun demikian, pihak Persija sendiri membantah pernyataan yang dilontarkan pemain asal Kroasia tersebut. Kabarnya Marko Simic siap membawa kasus ini ke FIFA. Dirinya juga yakin bakal memenangkan gugatannya tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here