Masih Diberi Waktu, PSM Makassar Kebut Renovasi Stadion BJ Habibie

0

Debatbola.com – PSM Makassar menginginkan klubnya untuk bermarkas di Stadion BJ Habibie pada saat Liga 1 musim baru bergulir. Hal tersebut bertujuan agar para suporter Juku Eja tidak perlu jauh-jauh jika ingin mendukung klub kesayangannya. Karena hal itulah PSM Makassar tengah berusaha keras agar Stadion BJ Habibie bisa lolos verifikasi PT. LIB.

Hingga memasuki bulan Juli, PT. LIB belum juga memutuskan status dari Stadion BJ Habibie selaku homebase PSM Makassar. Rupanya masih ada catatan yang diberikan tim verifikasi agar Stadion tersebut bisa lolos sebagai homebase klub. Karena hal itulah PSM Makassar mengebut proses renovasi agar siap digunakan sebelum Liga 1 dimulai.

Belum Diumumkan Statusnya

PSM Makassar mendaftarkan Stadion BJ Habibie sebagai homebase dari klub tersebut di Liga 1 musim baru nanti. Pihak PT. LIB juga sudah melakukan kunjungan ke kota Pare-Pare untuk meninjau kelayakan dari Stadion tersebut. Namun hingga kini belum ada keputusan mengenai status Stadion BJ Habibie.

Seharusnya, pengumuman mengenai hasil verifikasi Stadion BJ Habibie dilaksanakan pada akhir Juni kemarin. Namun PT. LIB memutuskan menunda pengumuman status homebase PSM Makassar itu lantaran masih ada catatan yang harus diperbaiki. Karena hal itulah PT. LIB memutuskan memberikan waktu untuk proses renovasi sebelum nantinya diverifikasi kembali.

Berdasarkan catatan, ada 3 aspek utama yang harus diperbaiki dari Stadion BJ Habibie untuk bisa layak dijadikan homebase. Salah satunya pencahayaan stadion yang belum sesuai dengan standar PT. LIB yaitu 1.200 lux. Sedangkan pencahayaan BJ Habibie hanya sekitar 1.000 lux saja ketika diukur.

Selain itu, PT. LIB juga menemukan beberapa bagian lapangan yang konturnya belum rata sehingga harus dibongkar. Akses masuk ke dalam stadion juga perlu ditambah karena hanya satu jalur saja yang berpotensi menimbulkan kemacetan. PT. LIB menginginkan setidaknya ada dua arus jalan untuk masuk dan keluar dari Stadion.

Pihak penanggung jawab Stadion juga diminta untuk merekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti di laga uji coba kemarin. Belum lagi akses masuk dan keluar untuk penonton dan pemain melalui pintu yang sama. PT. LIB berharap renovasi bisa usai sebelum Liga 1 dimulai pada 23 Juli nanti.

Kebut Renovasi

Demi bisa berhombase di stadion BJ Habibie, PSM Makassar kini tengah berusaha untuk merampungkan proses renovasi sesuai catatan tim verifikasi. Pasalnya banyak hal yang harus diperbaiki baik sarana prasarana di dalam maupun di luar Stadion BJ Habibie. Belum lagi waktu yang diberikan cukup sedikit dengan jadwal kick off Liga 1 yang telah ditentukan.

Saat ini, tim renovasi tengah mengerjakan perbaikan di area dalam stadion. Perbaikan lapangan serta sarana di dalam stadion tengah dikerjakan termasuk juga penambahan jumlah lampu agar lebih terang. PSM Makassar juga tengah memperbaiki tempat latihan termasuk untuk klub lawan yang akan berkunjung ke Stadion BJ Habibie.

Pihak PSM Makassar juga tengah bekerja sama dengan pemerintah serta pihak kepolisian untuk perbaikan jalan menuju stadion. Pasalnya akses jalan menuju stadion BJ Habibie juga menjadi catatan dalam verifikasi pertama. Selain itu, PSM juga tengah meminta kepada pemerintah Pare-Pare untuk menyiapkan satu hotel yang sudah direnovasi sebaik mungkin.

Selaku direktur PSM Makassar, Munafri sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Pare-Pare dalam merenovasi Stadion BJ Habibie. Seperti halnya pihak klub dan suporter, pemerintah Pare-Pare juga ingin PSM Makassar bermarkas di stadion tersebut. Dengan dukungan dari pemerintah, Munafri yakin proses renovasi nantinya akan berbuah manis.

Munafri yakin jika proses renovasi akan dipastikan rampung sebelum Liga 1 dimulai. Baru setelah itu, pihaknya akan minta kepada verifikator untukmenilai perkembangan renovasi dari Stadion BJ Habibie. Dengan perkembangan proses renovasi yang cukup signifikan, PSM Makassar optimis Stadion BJ Habibie bisa lolos verifikasi.

PT. LIB Mau Menunggu

Sementara itu, Akhmad Hadian Lukita selaku dirut PT. LIB mengatakan pihaknya tengah menunggu proses renovasi stadion BJ. Habibie. Namun pihaknya juga terus memantau perkembangan dari proses renovasi calon homebase PSM Makassar itu. Lukita berharap renovasi stadion tersebut cepat rampung agar bisa segera direnovasi ulang.

Pihak PSM Makassar meminta PT. LIB untuk memverifikasi kembali 10 hari sebelum jadwal kick off. PSM berharap di verifikasi kedua nanti ada kabar baik yang diterima oleh pihak klub mengenai status Stadion BJ Habibie. Dengan begitu, PSM Makassar tidak perlu mencari stadion alternatif sebagai homebase.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version