Marselino Ferdinan Cedera, PSSI Tanggung Pengobatan Hingga Sembuh

0
53

Debatbola.com – Marselino Ferdinan merupakan gelandang muda Timnas Indonesia yang memiliki jadwal cukup padat. Bahkan Marselino aktif di semua kelompok umur Timnas dan sudah memulai debutnya bersama Timnas senior. Kepercayaan yang diterima wonderkid Persebaya tersebut tentu saja dikarenakan performa apiknya selama ini.

Kabar buruk bagi Timnas, Marselino Ferdinan yang juga menjabat sebagai kapten mengalami cedera yang sangat serius. Padahal Timnas U-19 masih menjalani kompetisi dan sangat membutuhkan kehadiran gelandang berusia 17 tahun itu. Dengan kejadian tersebut, PSSI tentu harus bertanggung jawab atas kesembuhan Marselino.

Cedera Cukup Parah

Timnas U-19 kini sedang berjuang di kompetisi Piala AFF 2022 untuk bisa lolos dari fase grup. Namun sayang sekali di tengah kompetisi Timnas Indonesia harus kehilangan Marselino Ferdinan yang harus absen karena cedera. Tidak tanggung-tanggung, gelandang Persebaya itu harus menepi sekitar 2 bulan lamanya.

Cedera yang dialami Marselino terjadi saat Indonesia melawan Thailand tepatnya saat matchday ke-3 pada tanggal 6 Juli lalu. Gelandang berusia 17 tahun itu dibawa keluar menggunakan tandu sebelum berakhirnya babak pertama. Untuk mengetahui cederanya, Marselino kemudian menjalani pemeriksaan oleh Tim Medis PSSI.

Berdasarkan hasil MRI, Marselino Ferdinan mengalami cedera ruptur partial otot yang cukup parah dengan kedalaman dari rupturnya hingga 10 cm dan lebar 1,7 cm. Hasil pemeriksaan tersebut disampaikan langsung oleh Syarif Alwi selaku kepala Tim Medis PSSI. Untuk bisa pulih dari cedera tersebut dibutuhkan waktu hingga 2 bulan lamanya.

Ketika ditemui, Marselino Ferdinan mengungkapkan situasinya yang kelelahan ketika melawan Thailand. Saat itu, Marselino mencoba melakukan backheel untuk mengamankan bola di sisi kiri. Akibat Gerakan itu, Marselino kesakitan hingga ambruk sehingga harus ditandu untuk keluar.

Marselino Ferdinan merupakan pemain muda yang menjadi andalan baik di tingkat klub maupun Timnas. Terhitung sudah 52 pertandingan yang diikutinya sejak bulan September tahun lalu baik bersama Persebaya maupun 3 kelompok umur Timnas. Dengan catatan menit bermain sebanyak 2.605 menit, tidak heran dirinya kelelahan.

Bentuk Tanggung Jawab PSSI

Melihat ada pemain Timnas yang cedera, PSSI tentu harus bertanggung jawab untuk membantu kesembuhan sang pemain. Terlebih Marselino cedera ketika membela Timnas U-19 di Piala AFF. Belum lagi pada September nanti Timnas U-20 memiliki agenda yang cukup penting yaitu Piala AFC.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Yunus Nusi, PSSI akan bertanggung jawab penuh atas cedera yang dialami Marselino. Pasalnya PSSI juga berkewajiban menanggung semua pengobatan hingga sembuh. Selain itu, Yunus Nusi juga mengatakan jika pihak PSSI akan mengusahakan agar Marselino bisa sembuh secepatnya.

PSSI tahu betapa pentingnya Marselino Ferdinan untuk skuad asuhan Shin Tae-Yong baik di U-19 maupun kelompok umur lain. Karena hal itulah PSSI berkomitmen untuk bisa membuat Marselino bisa kembali ke lapangan. Namun PSSI menagih kemenangan untuk Timnas di pertandingan yang tersisa.

Timnas U-19 Tanpa Marselino Ferdinan

Kehilangan Marselino Ferdinan rupanya membawa dampak cukup besar bagi Timnas Indonesia yang berlaga saat itu. Pasalnya peran Marselino sangat penting untuk tim dan merupakan otak dari permainan Timnas. Belum lagi Marselino juga terancam absen di keseluruhan sisa pertandingan piala AFF fase grup.

Saat pertandingan melawan Thailand Rabu kemarin, Marselino digantikan oleh Muhammad Ferrari. Namun pemain tersebut tidak bisa menyelamatkan permainan Timnas yang terlihat kacau. Akibatnya Indonesia gagal meraih kemenangan di pertandingan itu dan hanya meraih hasil imbang.

Beruntung Shin Tae-Yong bisa mengatasi masalah ketika Timnas Indonesia harus melawan Filipina pada tanggal 08 Juli kemarin. Tanpa Marselino Ferdinan, Timnas Indonesia tetap berhasil tampil apik dan mengakhiri pertandingan dengan skor 5-1. Hasil tersebut membuat asa Indonesia untuk lolos semifinal tetap terjaga.

Shin Tae-Yong berhasil membuat pemain Timnas tidak bergantung pada Marselino Ferdinan saja dengan mengubah mental pemain. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya untuk tampil maksimal dan mengorbankan diri untuk mengisi kekosongan itu. Dengan perubahan mental tersebut, Indonesia berhasil memetik kemenangan atas Filipina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here