Mario Mandzukic Putuskan Pensiun

0
101

Debatbola.com – Mantan penyerang AC Milan dan Juventus, Mario Mandzukic resmi pensiun dari sepakbola di umur yang ke-35 tahun. Pengumuman tersebut disampaikan olehnya langsung lewat akun Instagram pribadinya pada Jumat (3/9) malam tadi.

Mario Mandzukic menutup kariernya setelah berkarier selama 16 tahun lebih sebagai pesepakbola profesional. Sejumlah klub top Eropa juga pernah diperkuat olehnya, seperti Juventus, AC Milan, Atletico Madrid dan Bayern Munchen dalam sembilan musim terakhir.

Menulis Surat Untuk Dirinya Di Masa Muda

Penyerang berkewarganegaraan Kroasia itu menulis sebuah surat yang ditujukan kepada dirinya saat masih muda dalam akun Instagram pribadinya. Dalam surat tersebut, ia banyak berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya sejauh ini. Mulai dari rekan setim, manajer sampai semua penggemar yang mendukungnya.

“Untuk Mario si kecil, saat mengenakan ini (sepatu berwarna hitam) pertama kalinya dalam hidup, kamu tidak akan membayangkan apa yang bisa diraih dalam sepakbola. Kamu akan mencetak gol di pentas tertinggi dan memenangkan gelar paling bergengsi di salah satu klub terbaik,” tulis Mario Mandzukic.

“Jersey yang kamu gunakan dengan penuh kebanggaan yakni jersey Timnas Kroasia, kamu akan mencatatkan beberapa momen terpenting dalam sejarah olahraga Kroasia. Kamu kelak akan sukses, karena bakal banyak orang yang membantumu menjalani perjalanan tersebut.”

“Rekan setim yang berjuang bersamamu, sederet pelatih yang membantumu banyak belajar dan penggemar yang mendukungmu juga keluargamu. Pelatih dan rekan setim akan terus berada di sisimu. Anda akan selalu berterimakasih kepada mereka semua!”.

Bawa Timnas Kroasia Bersinar Di Kompetisi Internasional

Mario Mandzukic menjadi salah satu pemain yang berhasil membawa Timnas Kroasia bersinar di kompetisi internasional dalam satu dekade terakhir. Puncaknya adalah ketika membawa Timnas Kroasia mencapai final di Piala Dunia 2018 lalu sebelum akhirnya kalah oleh Prancis.

Penyerang 35 tahun itu sudah membela negaranya di ajang internasional sejak tahun 2008 lalu. Sejak saat itu, ia mencatatkan 33 gol dan sembilan assist dari 89 caps bersama Timnas Kroasia.

Piala Dunia 2018 meninggalkan kesan tersendiri untuknya karena itu merupakan terakhir kalinya ia memperkuat Timnas Kroasia. Selain itu, ia juga sempat mencetak satu gol di final, tetapi negaranya harus kalah dengan skor 4-2 oleh Prancis saat itu.

Pernah Juara Dengan Berbagai Klub Top Eropa

Seperti disebutkan sebelumnya, kalau Mario Mandzukic telah memperkuat sejumlah klub top Eropa seperti Atletico Madrid, Juventus, AC Milan dan Bayern Munchen. Bersama klub-klub tersebut, penyerang 35 tahun itu sudah memenangkan banyak trofi dalam satu dekade terakhir.

Bersama Juventus, ia telah memenangkan empat Scudetto, tiga gelar Coppa Italia dan dua kali menjuarai Piala Super Italia. Di Bayern Munchen, Mario Mandzukic sukses meraih satu gelar Liga Champions 2012/13 dan dua kali menjuarai Bundesliga.

Sementara itu, di Atletico Madrid ia hanya mampu meraih satu trofi yakni Piala Super Spanyol pada musim 2014/15 lalu. Di AC Milan ia belum sempat meraih gelar, karena hanya bermain pada paruh kedua musim 2020/21 saja.

Mario Mandzukic memiliki catatan gol yang tidak terlalu banyak, tetapi tidak bisa juga dibilang sedikit. Di Juventus ia mencetak 44 gol, di Bayern Munchen sempat mengoleksi 48 gol dan penyerang tersebut telah mengumpulkan 20 gol bersama Atletico Madrid.

Selama berseragam AC Milan, sayangnya Mario Mandzukic tidak dapat mencetak gol karena hanya tampil sebanyak sebelas kali. Hal ini membuat dirinya memutuskan pensiun sebagai pesepakbola profesional karena performanya sudah tidak seperti dulu lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here