Marc Roca Belajar Bahasa Jerman Demi Bayern Munich

Debatbola.comMarc Roca didatangkan Bayern Munich dari Espanyol pada penghujung bursa transfer musim panas 2020. Ini adalah pertama kalinya Roca berkarir di sepakbola Jerman. Oleh karena itulah Roca sempat merasa kesulitan berkomunikasi dengan kesebelasannya saat awal kedatangan.

Sebab para pemain dan staf Bayern Munich menggunakan bahasa Jerman dalam kesehariannya. Tapi Roca mencoba mempercepat proses adaptasinya dengan cara belajar bahasa Jerman. “Saya sedikit belajar tentang Bahasa Jerman. Mengajukan pertanyaan dan saya berharap dapat berbicara,” kata Roca seperti dikutip dari situs Bundesliga. 

Namun Roca mengakui bahwa dirinya cukup nyaman. “Mengkomunikasikan pemikiran saya dalam beberapa bulan ke depan. Bagi saya, itu sangat penting karena komunikasi tim dilakukan dalam Bahasa Jerman dan saya tahu itu penting untuk diketahui dan dipelajari. Jadi saya bisa memahaminya dengan baik,” sambung Roca.

Hari pertama Marc Roca di Jerman, pemain-pemain Bayern menyambutnya dengan mengajak berbicara memakai Bahasa Inggris. “Kami berbicara dalam bahasa Inggris. Saya disambut dengan sangat hangat oleh mereka dan rekan satu tim saya. Mereka banyak mengajari saya,” aku Roca.

Ia sendiri memang tidak berpikir panjang ketika ditawari bergabung Bayern. Akhirnya Roca meninggalkan Espanyol yang terdegradasi kepada kesebelasan yang baru memenangkan treble winners ini. “Karir saya tidak mudah. Ketika saya masih muda, saya tidak menonjol. Saya hanya seorang pemain seperti orang lain. Saya mengalami segalanya di sana,” aku Roca.

Tapi sedikit demi sedikit, Roca berhasil meningkatkan masa mudanya, sehingga bisa bermain di skuat senior Espanyol dalam pada usia 19 tahun. Setelah bersama dengan Espanyol selama 12 tahun, kini ia menantikan babak baru dalam hidupnya. “Banyak waktu bermain, di bangku cadangan, tapi saya tampil lebih kuat dan belajar banyak. Jadi saya sangat senang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here