Marc Klok Resmi Hengkang Dari Persija

0
28
Marc Klok Resmi Hengkang Dari Persija

Debatbola.com – Playmaker Persija Jakarta, Marc Klok secara mengejutkan telah berpisah dengan klubnya itu. Padahal tinggal beberapa hari lagi kick off pertandingan pertama Liga 1 Indonesia akan dimainkan. Selain itu sejatinya, pemain naturalisasi ini masih punya kontrak bersama Macan Kemayoran sampai 2024 mendatang.

Pertandingan Awal di Persija

Sebelumnya pemain kelahiran Amsterdam, Belanda ini diboyong dari PSM Makassar pada 31 Januari 2020 silam. Berbicara mengenai biaya transfer, mayoritas klub-klub di Indonesia selalu merahasiakan berapa total dana yang dikeluarkan mereka.

Namun pemain yang berposisi di sektor lini tengah ini diikat kontrak dengan jangka waktu empat musim lamanya. Sejak pertama kali mendarat di Gelora Bung Karno, Marc Klok selalu menjadi pilihan pertama oleh pelatih. Baik pelatih asal Brasil, Sergio Farias atau bahkan pelatih lokal, Sudirman sekalipun selalu menggunakan jasanya.

Pertandingan perdananya bersama skuat Macan Kemayoran adalah pada saat menjamu Borneo FC di Gelora Bung Karno. Pemain asli binaan akademi FC Utrecht itu bermain di sepanjang 76 menit dan kemudian digantikan Ramdani Lestaluhu. Pada laga itu dirinya dimainkan sebagai gelandang serang.

Pada akhir laga, Persija Jakarta bisa memetik tiga poin penuh dengan kedudukan akhir 3-1. Masing-masing gol tuan rumah diciptakan oleh Marko Simic, Osvaldo Haay dan Evan Dimas. Sementara gol bunuh diri dari Ryuji Utomo menyumbangkan gol hiburan bagi klub asal Kalimantan itu.

Setelah itu sang gelandang dalam pertandingan selanjutnya kembali diturunkan di posisi aslinya, gelandang bertahan. Sayang, mantan pemain Dundee FC ini hanya diturunkan bermain selama satu babak saja. Kemudian Sergio Farias, sang pelatih menukarnya dengan Novri Setiawan. Di akhir laga timnya hanya membagi poin setelah hasil imbang melawan Bhayangkara FC.

Tetapi langkahnya berhenti sebab pihak penyelenggara Liga 1 memberhentikan gelaran tersebut. Pasalnya pandemi Covid-19 sedang berkecamuk dan hal ini dilakukan sebagai langkah penekanan laju penyebaran Covid-19.

Prestasi Marc Klok

Prestasi diraihnya ketika membela Persija Jakarta dalam gelaran pra musim, Piala Menpora pada bulan Maret 2021 lalu. Dalam 8 laga, pemain naturalisasi ini diturunkan di setiap pertandingan dari menit pertama. Dirinya juga sukses mencetak dua gol dan dua assist. Gol-golnya diciptakan ke gawang Bhayangkara FC dan mantan klubnya, PSM Makassar.

Hingga turnamen berakhir, Persija Jakarta berhasil tampil di partai final yang dimainkan dalam dua leg itu. Persib Bandung sebagai lawan, tidak mampu menahan laju skuat pelatih Sudirman tersebut sehingga kalah dengan agregat 4-1. Sang gelandang tersebut juga sukses terpilih sebagai pemain terbaik di Piala Menpora.

Alasan Pamit

Sang pemain sendiri telah memberikan alasan utama mengapa dirinya hengkang dari Persija Jakarta. Dalam akun media sosialnya, Marc Klok mencurahkan segala isi hatinya di situ. Gelandang bertahan berusia 28 tahun itu menuliskan bahwa dirinya ingin mencari tantangan baru.

Marc Klok juga mengakui bahwa dirinya begitu berat meninggalkan klub yang telah dibelanya sejak akhir Januari 2020 silam itu. Namun kesepakatan telah dicapai dan kedua pihak telah resmi sama-sama saling pisah.

Patut disayangkan, Persija Jakarta yang baru saja memenangkan Piala Menpora berkat aksi dari Marc Klok harus kehilangan pemain tersebut. Hingga sekarang belum diketahui secara pasti siapa yang bakalan menggantikan sosok yang tak tergantikan itu.

Dengan berlabuhnya pelatih baru dari Italia diprediksi akan ada nama baru sebagai suksesor playmaker tersebut. Kuat dugaan pemain-pemain dari Eropa yang pernah membela klub yang sama dengan Angelo Alessio pelatih sekarang, menjadi pilihannya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here