Mantan Pemain Timnas Prancis Akhiri Karir Sepak Bola

0
64
Mantan Pemain Timnas Prancis Akhiri Karir Sepak Bola
Sumber : https://le10static.com/img/master/0000/0015/155600.jpeg

Debatbola.comMantan pemain timnas Prancis, Yohan Cabaye menyatakan bahwa dirinya akan pensiun dari dunia si kulit bundar pada usia 35 tahun. Gelandang mungil tersebut memang belum tampil lagi setelah terakhir bermain bagi Saint-Etienne saat mereka dikalahkan Lyon pada 1 Maret 2020 lalu.

“Dengan perasaan yang sedih luar biasa, setelah lebih dari 17 tahun berkarir untuk cinta yang penuh gairah bagi sepak bola, dengan perasaan yang tak bisa diungkapkan, kenangan ini akan tetap selamanya ada dan pertemuan antara manusia dan olahraga yang tak terlupakan, saya mengumumkan akhir dari karir sepak bola profesional saya, jika keputusan ini kurang jelas bagi beberapa pihak, setelah menghabiskan 35 tahun hidup saya bagi dunia sepak bola, sangat sulit untuk mengambil keputusan ini dan menerimnya karena kecintaan saya pada sepak bola sangatlah besar.” ujar Cabaye dalam pernyataan resmi di twitter pribadinya.

Cabaye memulai debutnya bersama Lille pada 2004 lalu dan berhasil mendapatkan dua gelar Ligue 1 dan Coupe de France pada musim terakhirnya di musim 2010-2011.

18 gol dan 18 asis berhasil dia cetak dan ciptakan di dua musim terakhirnya bersama Lille, catatan tersebut diciptakan dari 140 peluang dalam 90 pertandingan di semua kompetisi. Penampilan itu pula yang membuat Newcastle tertarik padanya dan memboyongnya pada 2011 ke St. James Park. 

Tak butuh waktu lama, Cabaye berhasil beradaptasi dengan cepat dan membuktikan kualitasnya di Liga Premier, dia mencetak lima gol dan memberikan enam asis di musim debutnya bersama Newcastle, meskipun saat itu ia gagal membawa The Magpies ke babak kualifikasi Liga Champions.

Berkat penampilannya pula, ia dirumorkan akan pindah ke Arsenal di tahun 2013, namun ia memilih untuk tetap tinggal di Newcastle dan semakin menggila dengan mencetak tujuh gold an menciptakan dua asis dalam 20 pertandingan sebelum ditransfer ke PSG pada Januari 2014.

Hanya semusim bermain untuk PSG, kemudian Cabaye pun kembali ke Inggris untuk membela Crystal Palace di tahun 2015, lalu berkarir di Dubai dengan bergabung dengan Al Nasr, untuk kemudian mengakhiri karir sepak bolanya di Prancis, bersama Saint-Etienne.

Bagi Timnas Prancis sendiri, Cabaye bermain sebanyak 48 kali dan berhasil mencetak empat gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here