Mantan Pelatih Barcelona Bongkar Sifat Lionel Messi

Debatbola.comQuique Setien, mantan pelatih Barcelona, mengungkapkan sulit untuk mengendalikan Lionel Messi. Setien dipecat setelah dikalahkan Bayern Munich dengan skor 8-2 pada pertandingan Liga Champions 2019/2020. Sementara itu, Messi pernah mengkritik Barcelona sangat lemah ketika dilatih Setien. Messi juga akhirnya bertahan di Barcelona karena menghindari perselisihan hukum dengan pihak klub.

“Memang benar ada pemain yang tidak mudah diatur, di antaranya Leo. Dan ketika di dalam dirinya, itu menimbulkan kecemasan ketika Anda tidak mencapainya (menang), itu merugikan Anda. Tuntutan yang ada di dalam sepakbola saat ini sangat brutal, itu telah membuatnya jenuh dan orang lain membutuhkan kemenangan secara permanen,” ungkap Setien seperti dikutip dari The Score.

Sejauh ini, Messi sudah mencetak tiga gol dan memberikan dua asis dalam seluruh penampilan Barcelona di La Liga maupun Liga Champions 2020/2021. Terlepas dari eksploitasi Messi di sepanjang karir Setien, ditegaskan bahwa tidak ada yang lebih penting dari klub dan pendukungnya. Setien mengenal sifat Messi dan berani membongkar bagaimana sifatnya.

“Ada aspek lain di luar pemain dan lebih sulit dikelola. Jauh lebih sulit. Itu adalah sesuatu yang melekat pada banyak atlet yang dapat dilihat di film dokumenter Michael Jordan. Anda melihat hal-hal yang tidak diharapkan. Dia sangat pendiam dan hanya menunjukan hal-hal yang ingin dia perlihatkan. Dia tidak banyak bicara,” beber Setien lebih lanjut.

Baginya, Messi adalah sosok pendiam tapi sulit diatur. Tak dipungkiri juga bahwa Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia yang sulit dicapai oleh pemain lain. Tapi melatih Messi, bukan pekerjaan yang mudah karena sulit ditangani.

“Setelah kepergian saya, satu hal yang jelas bagi saya adalah pada waktu-waktu tertentu saya seharusnya mengambil keputusan lain. Tetapi ada sesuatu di atas Anda: klub dan fans. Mereka di atas presiden, pemain, pelatih. Anda berhutang rasa hormat kepada mereka dan harus melakukan apa yang paling nyaman untuk klub ini,” kata Setien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here