Mantan Asisten Antonio Conte Latih Persija

0
142
Mantan Asisten Antonio Conte Latih Persija

Debatbola.com – Persija Jakarta baru saja mengumumkan pergantian pelatihnya, Sudirman. Pelatih berusia 52 tahun tersebut pada turnamen pra musim, Piala Menpora sukses mempersembahkan gelar juara kepada tim Macan Kemayoran.

Sudirman sebelumnya diketahui mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Persija Jakarta. Hal itu dilakukannya usai mengarsiteki tim tersebut di turnamen pra musim, Piala Menpora pada bulan Maret lalu.

Mantan pemain PSPS Pekanbaru itu ditunjuk menjadi pelatih Persija Jakarta sejak musim 2019/2020 silam. Kini klub asal ibukota Indonesia itu dipastikan telah memboyong pelatih baru ke Stadion Gelora Bung Karno.

Mantan Asisten Antonio Conte Menjadi Pelatih

Angelo Alessio telah resmi ditunjuk menjadi arsitek terbaru klub Macan 

Kemayoran. Berita tersebut dilansir dari akun media sosial resmi Persija Jakarta yang berisi ucapan selamat datang kepada pelatih barunya tersebut.

Didesas-desuskan bahwa sebelumnya ada lima kandidat juru taktik baru bagi Persija Jakarta. Tetapi sang presiden klub, Mohamad Prapanca dan Bambang Pamungkas yang langsung mewawancarai kandidat tersebut langsung menjatuhkan pilihan kepada Angelo Alessio.

Sementara itu sang pelatih berkebangsaan Italia tersebut diberitakan masih belum berada di Jakarta. Namun menurut manajemen tim, mantan pemain Juventus tersebut akan segera merapat untuk memimpin tim dalam sesi latihan sebelum berjalannya Liga 1 Indonesia . 

Angelo Alessio dikabarkan tidak akan berangkat dan merapat sendiri ke Indonesia. Mantan pelatih Kilmarnock FC itu disebut-sebut akan membawa satu asistennya untuk membantunya meramu taktik bagi skuat Persija Jakarta .

Sang pelatih pun dipastikan akan bereuni kembali bersama mantan punggawanya di Juventus, Marco Motta. Sebelumnya Marco Motta adalah pemain yang pernah membela Bianconeri saat sang pelatih tersebut menjadi asisten Antonio Conte.

Namun Marco Motta lebih banyak menghabiskan waktu bermainnya di luar kota Turin. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu pernah berkali-kali dipinjamkan ke beberapa klub. Seperti Catania, Bologna dan Genoa.

Perjalanan Sebagai Pemain

Angelo Alessio sebelum menjadi pelatih pernah membela klub-klub Italia yang bermain di Serie A. Juventus, Bologna dan Bari pernah dibelanya ketika masih aktif bermain sebagai pemain di periode 1984/1985 hingga 1998/1999.

Sebagai pemain dirinya pernah menjadi juara Liga Europa ketika memperkuat raksasa Turin, Juventus pada musim 1989/1990. Di partai final yang dimainkan dalam dua leg, Bianconeri sukses menjadi pemenang dengan agregat 3-1 melawan Fiorentina.

Pada dua leg tersebut, pelatih yang dulunya bermain winger kanan ini menyumbangkan satu assist pada leg pertama. Di leg pertama, dirinya hanya bermain satu babak saja sementara di leg kedua, bermain 90 menit penuh.

Ternyata di musim itu, raksasa Turin juga sukses meraih trofi Coppa Italia. Di partai final melawan AC Milan yang juga dimainkan dua leg itu, Angelo Alessio bermain penuh pada leg pertama. Sementara di leg kedua, dirinya hanya bermain 15 menit saja.

Perjalanan Kepelatihan Angelo Alessio

Sebelumnya pelatih berusia 56 tahun tersebut pernah membela klub-klub top Eropa seperti Juventus dan Chelsea. Selama menjadi asisten Antonio Conte dirinya total menyumbangkan tiga scudetto dan dua Coppa Italia bagi Juventus.

Setelah itu dirinya pun mengikuti Antonio Conte hijrah ke tanah Inggris dan menukangi Chelsea. Pada musim 2016/2017 dan 2017/2018, Angelo Alessio juga menyumbangkan gelar. Masing-masing satu gelar Liga Premier Inggris dan FA Cup kepada klub asal London Barat tersebut.

Setelah itu Angelo Alessio pun berpisah dengan Antonio Conte. Dirinya ditunjuk menjadi pelatih kepala Kilmarnock FC yang bermain di divisi teratas liga Skotlandia. Setelah menjalani 22 pertandingan bersama klub tersebut, dirinya pun dicopot tugasnya sebagai arsitek tim.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here