Manchester United Tertarik Datangkan Bek AC Milan Fikayo Tomori

0
36

Debatbola.com – Manchester United dikabarkan tertarik mendatangkan pemain untuk membenahi lini pertahanan mereka. Usai mendapatkan tanda tangan Tyrel Malacia, kali ini Setan Merah berencana merekrut bek andalan AC Milan, Fikayo Tomori, yang muncul berkat performa gemilang pada musim lalu.

Pemain 24 tahun itu memainkan peran penting saat Rossoneri mematahkan dominasi Juventus di kompetisi Serie A. Musim lalu, ia memainkan 40 penampilan di berbagai ajang, serta memenangkan Scudetto Serie A.

Tidak Mudah Mendapatkan Tomori

Fikayo Tomori adalah pemain akademi Chelsea yang dipinjamkan ke AC Milan karena tidak mendapat tempat untuk tim utama. Namun, secara mengejutkan, ia malah tampil apik bersama AC Milan sehingga mereka mengontraknya secara permanen.

United harus berpikir panjang untuk mendapatkan Tomori, sebab masa depannya bergantung pada manajemen AC Milan. Direktur Paolo Maldini dan Ricky Massara mempunyai gagasan yang jelas, yaitu ingin memperpanjang kontrak Tomori hingga dua tahun lagi, yang sebelumnya dikontrak sampai 2025.

Kenaikan gaji juga akan dilakukan guna memagari Tomori agar tidak lepas ke pelukan klub lain. Chelsea kabarnya juga ingin kembali mendatangkan sang pemain, tapi AC Milan tidak ingin melepas bek asal Inggris itu dengan biaya berapa pun.

Ambisi Ten Haag Kembalikan Kejayaan MU

Dalam periode musim panas, Ten Haag bertekad mengembalikan kejayaan United dengan melakukan beberapa langkah demi bisa mendatangkan pemain yang sesuai dengan gaya permainannya. Sebelum itu, dirinya telah membuang punggawa lama United, seperti Juan Mata, Jesse Lingard, Paul Pogba, dan Nemanja Matic.

Namun, pencinta sepak bola merasa pergerakan United pada bursa transfer kali ini berjalan lambat. Pendekatan yang dilakukan MU dinilai cukup mengecewakan. Sebab, hingga pertengahan Juli, United baru meresmikan satu pemain saja, usai Tyrel Malacia datang dari Feyenoord.

Sementara, Frenkie de Jong, Lisandro Martinez, dan nama-nama lain yang diminati Setan Merah hingga kini tidak juga menunjukkan kabar baik. Maka dari itu, MU dikabarkan kepincut mendatangkan Fikayo Tomori guna bersedia bergabung dengan klub yang bermarkas di Old Trafford ini.

Memang belum ada tawaran resmi yang dilakukan oleh manajemen untuk mendapatkan tanda tangan Tomori ke Manchester United. Sebab, saat ini sang pemain dinilai sulit untuk didatangkan karena manajemen AC Milan tidak akan menjual Tomori dengan biaya berapa pun.

Tomori memiliki prospek masa depan yang besar di skuat Rossoneri sehingga klub yang berminat mendapatkan jasanya akan kesulitan. Lebih lanjut, sang pemain juga memberi instruksi kepada agennya bahwa dirinya betah berada di AC Milan.

Perjalanan Karier Fikayo Tomori

Pemain bernama lengkap Oluwafikayomi Oluwadamilola Tomori ini merupakan pesepakbola profesional yang berposisi sebagai bek. Ia pernah mewakili Timnas Inggris dan Kanada pada tingkat junior. Tomori bergabung dengan akademi Chelsea pada tim U-8. Ia merupakan bagian dari tim junior yang meraih juara UEFA Youth League dan FA Youth Cup berturut-turut pada 2015 dan 2016.

Pada Mei 2016, ia mendapat kesempatan mengisi bangku cadangan tim utama Chelsea, saat imbang melawan Liverpool 1-1. Tomori menjalani debut pertandingan bersama Chelsea pada laga terakhir musim 2015/2016 saat menghadapi Leicester City 1-1.

Pemain yang lahir pada 19 Desember 1997 ini ikut dalam tur pramusim ke Amerika Serikat, meski tak diturunkan sama sekali. Pada Agustus 2016, ia menandatangani kontrak profesionalnya selama empat tahun.

Setelah mendapat kontrak profesional, ia lebih sering dipinjamkan dibanding bermain reguler di tim utama Chelsea. Tomori dipinjamkan ke beberapa klub, seperti Brighton, Hull City, Derby County, sebelum akhirnya kembali ke Chelsea.

Sukses Bersama AC Milan

Pada 2021, Tomori akhirnya memutuskan pergi dari Chelsea ke AC Milan. Beruntung baginya karena Milan ingin mengontraknya secara permanen. Tidak butuh lama, Tomori langsung menjadi pilihan utama untuk mengisi posisi bek kanan pada musim pertamanya.

Kariernya di Milan pun semakin gemilang, walau tercecer di Liga Champions. AC Milan sukses meraih Scudetto di akhir musim, memutuskan dominasi Juventus. Ia merasa banyak belajar ketika berada di AC Milan. Para legenda selalu memotivasi dirinya menjadi lebih baik.

Kegemilangan bersama klub membuat dirinya kembali dipanggil Gareth Southgate untuk menghiasi skuat Timnas Inggris pada UEFA Nations League pada Juni lalu. Sebelumnya, saat gelaran Euro 2020, ia hanya menjadi penonton kala Inggris dikalahkan Italia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here