Man City Dihukum Larangan Bermain di Liga Champions Selama Dua Musim

Debatbola.com – Manchester City kemungkinan besar tidak akan berlaga pada Liga Champions musim 2020/21 dan 2021/22. Pasalnya, UEFA baru saja mengumumkan bahwa skuad asuhan Pep Guardiola tersebut dihukum lantaran telah melanggar Financial Fairplay.

Tak hanya itu, Man City juga didenda sebesar 30 juta euro atas pelanggaran ini. Hukuman tersebut lahir dari hasil investigasi UEFA yang menilai bahwa Man City mengakali laporan pendapatan pada 2012-2016 agar lolos dari batas FFP.

Kasus ini sendiri mencuat atas temuan salah satu media asal Jerman, Der Spiegel, pada 2018 silam. Man City sendiri sempat membantah saat itu. Mereka merasa bahwa tidak ada kesalahan atau pelanggaran perihal laporan finansial mereka.

Pendalaman mengenai investigasi keuangan City sendiri pada akhirnya baru dilakukan sejak Maret 2019 oleh UEFA. Saat itu City masih bersikukuh tidak melakukan pelanggaran, bahkan hendak melaporkan media-media yang menuding City telah melakukan pelanggaran FFP.

Pada November 2019, City sempat dinyatakan tidak akan mendapatkan hukuman larangan tampil di kompetisi UEFA jika terbukti melanggar. The Citizens saat itu hanya dikabarkan akan mendapatkan denda.

Tapi setelah hampir setahun melakukan penyeledikan terhadap kasus ini, UEFA akhirnya mengumumkan bahwa City terbukti melanggar dan hukumannya berupa denda dan larangan tampil di kompetisi UEFA selama dua musim. Man City jelas akan mengajukan banding dan mempertanyakan putusan tersebut pada CAS.

Di samping kabar buruk yang diterima City, masalah tersebut jadi kabar baik bagi kesebelasan-kesebelasan Premier League lain. Jika hukuman terhadap City tetap dijatuhkan, maka posisi City yang saat ini menempati peringkat kedua tidak akan ada artinya dan zona Liga Champions akan jatuh hingga peringkat kelima, di luar Man City.

Saat ini, terdapat Leicester City dan Chelsea yang menempati peringkat tiga dan empat, selain Liverpool yang berada di puncak klasemen. Sekarang, peringkat kelima pun punya kesempatan untuk lolos ke Liga Champions andai hukuman pada City tak berubah.

Hal ini jadi kabar baik bagi kesebelasan-kesebelasan seperti Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, Tottenham Hotspur, Everton dan Manchester United. Persaingan bagi mereka untuk langsung tampil ke babak grup Liga Champions musim depan terbuka semakin lebar, sebelumnya hanya terbatas mengejar peringkat keempat di mana Chelsea cukup konsisten pada posisi tersebut, berbeda dengan posisi lima yang terus mengalami perubahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here