Makedonia Utara Siap Beri Kejutan di Euro 2020

0
254
Sumber : inews.id

Debatbola.com – Makedonia Utara menjadi salah satu nama kejutan dalam turnamen Euro 2020 mendatang. Sebagai negara debutan, Makedonia Utara tentu tak dipandang sebagai tim kuat oleh kebanyakan orang. Tapi nyatanya para pemain mereka siap untuk memberi kejutan di turnamen empat tahunan tersebut.

Siap Ulangi Kisah Ajaib

Setiap edisi turnamen Euro, pasti selalu ada saja kejutan yang terjadi di dalamnya. Pada edisi 2016 misalnya. Banyak orang pasti mengingat perjalanan Islandia yang kala itu menjadi negara debutan. Islandia yang kurang dianggap kala itu sukses merepotkan negara-negara yang lebih diunggulkan, semacam Inggris, Austria, hingga sang juara Portugal.

Kisah ajaib negara debutan macam Islandia di Euro 2016 nampaknya bisa terjadi lagi di edisi Euro 2020. Namun kali ini, pelaku kisah tersebut bukanlah Islandia karena perempat finalis Euro 2016 itu tak lolos ke putaran final. Pelaku kisah ajaib semacam itu nampaknya adalah Makedonia Utara, sang tim debutan dalam edisi Euro kali ini.

Para Pemain Percaya Diri

Sebagai negara kecil dengan luas area sekitar 25 ribu meter persegi dan berpopulasi sekitar 2 juta jiwa, Makedonia mungkin bukan merupakan salah satu kekuatan Eropa. Tak banyak pemain populer dari tim nasional negara ini. Tetapi dalam gelaran Euro 2020 nanti, para pemain Makedonia Utara tetap optimis negaranya bisa hadirkan kejutan.

Seperti yang disampaikan oleh Eljif Elmas, punggawa Napoli yang juga merupakan punggawa timnas Macedonia Utara. Elmas sepakat dengan pendapat yang mengatakan bahwa negaranya merupakan negara kecil dan kurang diperhitungkan. Tapi ia tetap optimis negaranya bisa setidaknya merepotkan negara-negara besar di Euro 2020 nanti.

“Kami adalah negara kecil yang bermain melawan negara-negara besar.” Kata Elmas, seperti dikutip dari Eurosport. “Tapi kami tidak akan terkejut dengan fakta tersebut dan kami yakin bisa melewati fase grup untuk bermain di babak 16 besar. Kami tahu apa yang kami capai sudah bagus, tetapi tak boleh ada yang puas hanya dengan kesuksesan bermain di Euro.”

Optimisme yang sama juga ditunjukkan oleh playmaker Makedonia Utara Boban Nikolov. Nikolov mengatakan bahwa dia dan rekan-rekan setimnya siap mengharumkan nama negara mereka di Euro 2020 mendatang. Ia juga yakin bahwa Makedonia Utara akan mendapat banyak dukungan, terutama dari negara-negara Balkan.

“Tentu saja kami siap membuat negara kami bangga.” Kata Nikolov, seperti dikutip dari laman Eurosport. “Ada banyak perbedaan antara bermain bersama klub dan bersama timnas. Tapi saya merasa tim ini memiliki karakter yang kuat sehingga kami percaya diri, dan kami yakin, seluruh negara Balkan akan mendukung perjalanan kami di Euro 220.”

Debutan yang Tak Boleh Diremehkan

Perlu diketahui, timnas Makedonia Utara tercatat tak pernah lolos ke turnamen akbar apapun sebelum perhelatan Euro 2020 ini. Jadi, bisa dibilang ini akan menjadi penampilan perdana mereka dalam sebuah turnamen akbar. Meski terbilang masih baru di turnamen Euro, kekuatan Makedonia Utara tetap tak boleh diremehkan.

Sepanjang gelaran babak kualifikasi hingga beberapa laga persahabatan, anak asuh Igor Angelovski tercatat tampil cukup baik. Mereka sejatinya hanya mampu finish di urutan ke-3 klasemen Grup G fase kualifikasi. Tetapi kemenangan 0-1 atas Georgia akhirnya berhasil memberikan satu tiket ke putaran final nanti.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Makedonia Utara mampu membuat beberapa kejutan, antara lain menahan imbang Belanda, Slovakia dan Italia. Mereka juga tercatat pernah mengandaskan perlawanan negara-negara yang lebih kuat. Antara lain Serbia, Kroasia, bahkan juara dunia tahun 2014 Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here