Maguire Absen, Inggris Latihan Bermain Tiga Bek Jelang Laga Pembuka Euro 2020

0
170
Maguire Absen, Inggris Latihan Bermain Tiga Bek Jelang Laga Pembuka Euro 2020

Debatbola.com – Selepas mendapat panggilan dari timnas Inggris, Harry Maguire akan mendapat peran sebagai pemimpin lini pertahanan. Sayangnya, punggawa Manchester United diragukan bakal bisa memperkuat Inggris sejak laga pembuka Euro 2020. Itulah sebabnya, Inggris kini mulai berlatih menggunakan formasi tiga bek jelang laga pembuka.

Rencana Cadangan Inggris

Jelang bergulirnya pagelaran Euro 2020, Inggris telah mengumumkan skuad yang akan mereka bawa ke turnamen, dan Harry Maguire adalah salah satu nama yang ikut serta. Sayangnya, jelang pertandingan pembuka, muncul keraguan terhadap sosok defender yang kini memperkuat Manchester United itu.

Sejak tanggal 9 Mei 2021 kemarin, Maguire diketahui mengalami cedera ligamen yang memaksanya absen cukup lama. Menurut Daily Mail, Maguire butuh waktu pulih sekitar enam hingga delapan pekan. Hal inilah yang menyebabkan mantan punggawa Leicester diragukan bisa tampil di turnamen final.

Jika Maguire ada, pelatih Gareth Southgate sejatinya sudah mempersiapkan taktik andalannya, 4-2-3-1. Defender Manchester United itu mungkin bakal diduetkan dengan salah satu di antara John Stones dan Conor Coady. Sementara di lini serang, Harry Kane bakal dibantu lima gelandang yang berada di belakangnya.

Sayangnya, ketidakpastian Maguire sepertinya telah membuat Inggris harus memikirkan cara lain. Jika Maguire tidak bermain, maka Southgate mungkin akan mempertimbangkan opsi cadangan yakni 3-4-3. Bagaimanapun, formasi ini sebelumnya telah berhasil mengantar Inggris menuju babak semifinal pada gelaran World Cup 2018 silam.

Dampak Positif dan Negatif Formasi Tiga Bek

Absennya Maguire dalam pertandingan Euro 2020 memang sekilas terlihat tak begitu bagus buat timnas Inggris. Tetapi sejatinya, hal ini juga bisa memberikan dampak positif untuk skuad Tiga Singa. Absennya Maguire mungkin bisa membuat skuad arahan Gareth Southgate lebih kreatif karena mereka mungkin akan memakai formasi tiga bek.

Pada laga uji coba melawan Austria kemarin, Inggris memulai laga dengan formasi empat bek, tetapi mereka mengakhiri laga dengan skema tiga defender. Absennya Maguire bisa memaksa Southgate memasang skema yang sama lagi. Skema tiga defender, seperti yang mereka pakai di ajang World Cup 2018 kemarin.

Skema tiga bek mungkin akan berdampak bagus, apalagi Inggris pernah melaju ke semifinal World Cup dengan formasi ini pada tahun 2018 lalu. Namun, skema tiga bek juga ternyata memiliki kelemahan. Dengan skema tiga bek, maka Southgate diharuskan memilih tiga dari banyaknya striker yang ia miliki untuk dimasukkan dalam starting XI.

Sementara itu, formasi empat bek akan membuat pilihan lini depan Skuad Tiga Singa menjadi lebih bervariasi. Harry Kane akan tetap diplot sebagai penyerang tengah sendirian. Sementara di sisi gelandang, Southgate bisa memasang sejumlah nama secara bergantian untuk setiap pertandingan.

Pemain Favorit Pengganti Maguire

Formasi tiga bek sepertinya akan membuat Timnas Inggris mengandalkan duo Manchester City, Kyle Walker dan John Stones sebagai tumpuan lini belakang. Sementara itu, satu tempat tersisa akan diperebutkan dua defender berbakat lainnya. Mereka antara lain defender Aston Villa Tyrone Mings dan Conor Coady.

Di antara Coady dan Mings, sepertinya Coady akan lebih difavoritkan turun jika Southgate akhirnya memutuskan untuk memakai skema 3-4-3. Tak cuma itu, Coady juga nampaknya akan dipakai Southgate dalam formasi 4-2-3-1, jika Maguire absen. Bagaimanapun, Coady adalah bek yang sudah familiar bermain dengan dua formasi tersebut.

Laga Pembuka, Balas Dendam Inggris

Perjalanan Inggris di fase grup Euro 2020 sendiri bakal dimulai pada hari Minggu (13/6) melawan Kroasia. Laga ini akan menjadi laga spesial karena Inggris akan berusaha balas dendam melawan negara yang menyingkirkan mereka dari World Cup 2018. Inggris lalu akan melanjutkan perjalanan mereka dalam laga kontra Skotlandia dan Republik Ceko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here