Madura United, Tim Dengan Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 2022/2023

0
15
Madura United, Tim Dengan Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 20222023

Debatbola.comSemua klub memaksimalkan slot pemain asing di Liga 1 2022/2023. Namun terdapat salah satu klub Liga 1 yang mempunyai 5 pemain asing. Dan secara tidak langsung menjadikan tim tersebut sebagai tim dengan pemain asing terbanyak di Liga 1 kali ini. Berikut merupakan klub dengan pemain asing terbanyak di Liga 1.

Slot Pemain Asing Dipenuhi Maksimal

Hingga kini, Madura United bisa dibilang merupakan klub Liga 1 yang memiliki pemain asing paling banyak. Hal tersebut lantaran Lee Yoo-Joon, yang sebelumnya berkewarganegaraan Korea Selatan masih dalam proses naturalisasi. Karena Lee Yoo-joon sendiri nantinya akan didaftarkan sebagai pemain lokal, sehingga membuat Madura United masih aman dari regulasi.

Adapun aturan slot pemain asing di Liga 1 musim ini ialah masing-masing klub hanya dapat memiliki maksimal 4 pemain asing. Lebih tepatnya, setiap klub hanya boleh memiliki pemain asing dengan komposisi pemain asing 3+1. Yang berarti hanya boleh terdapat 3 orang pemain diluar Asia dengan 1 orang pemain asal negara Asia.

Madura United telah memenuhi kuota pemain asing tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun dari Transfermarkt, Madura United memiliki 3 pemain berkewarganegaraan Brazil dan 1 pemain berkewarganegaraan Timor Leste. Ketiga pemain Brazil tersebut diantaranya Lulinha, Hugo Gomes (Jaja) dan Cleberson. Sedangkan pemain Timor Leste yang dimiliki Madura United adalah seorang Pedro Henrique.

Praktis selama proses naturalisasi pemain berusia 32 tahun tersebut belum selesai, Madura United akan mengandalkan gelandang bertahan ‘seadanya’. Saat ini, Madura United memiliki Zulfiandi dan Ricki Ardiansyah sebagai gelandang bertahan. Atau mungkin pelatih Madura United bisa menggunakan variasi formasi untuk bisa tampil maksimal meskipun tanpa kehadiran Lee Yoo-joon

Proses Naturalisasi

Dikonfirmasi oleh Transfermarkt pula, Lee Yoo-joon masih terkendala terkait dengan masalah visa. Meskipun telah menjadi bagian dari tim Laskar Sape Kerrab, namun Lee Yoo-joon belum bisa dimainkan di Liga 1 karena kewarganegaraannya. Oleh karena itu, Lee Yoo-joon tidak diturunkan pada 2 laga awal Madura United di Liga 1 musim ini.

Proses naturalisasi dari Lee Yoo-joon sendiri sebenarnya sudah cukup lama berjalan, bahkan sejak dirinya masih berseragam Bhayangkara FC di musim lalu. Dan kemudian kembali santer terdengar jika proses naturalisasinya akan segera usai terutama dalam beberapa bulan belakangan. Hingga kini, Lee Yoo-joon belum sepenuhnya lepas dari proses naturalisasi.

Untuk sekedar informasi, terdapat beberapa persyaratan dimana pemain dikatakan bisa untuk diproses naturalisasinya berdasarkan aturan FIFA. Lee Yoo-joon mampu mencukupi salah satu syarat tersebut. Dimana ia telah tinggal secara berkelanjutan paling tidak selama 5 tahun seusai berumur 18 tahun pada Negara yang bakal menaturalisasinya.

Sedangkan Lee Yoo-joon sendiri telah berada di Indonesia semenjak Bhayangkara FC merekrutnya dari Chungju Hummel pada 28 Agustus 2016 lalu. Sementara Lee Yoo-joon tidak pernah berpindah klub di luar Indonesia dalam kurun waktu Agustus 2016 hingga Agustus 2022 kini. Artinya, Lee Yoo-joon telah memenuhi syarat FIFA untuk mengikuti proses naturalisasi.

Profil Lee Yoo-joon

Sedikit informasi mengenai Lee Yoo-joon, pemain kelahiran kota Seoul ini telah berseragam Bhayangkara FC selama lebih dari 5 tahun lamanya. Baru pada awal Mei 2022 ini, Lee Yoo-joon memutuskan untuk merapat ke Madura United. Namun tak serta merta bisa langsung bermain, sebab Madura United sedang menunggu proses naturalisasinya usai.

Aksi Lee Yoo-joon tentu akan dinantikan oleh pendukung Madura United. Mengingat dirinya pernah menjalani musim yang ciamik bersama Bhayangkara FC hingga mampu keluar sebagai juara Liga 1 pada 2017 lalu. Pada musim itu, Lee Yoo-joon sangat diandalkan Bhayangkara FC hingga mencatatkan rata-rata menit bermain selama 89 menit dari 32 pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here