Madura United Menang WO Atas Persipura Jayapura

0
85

Debatbola.com – Laga antara Madura United melawan Persipura Jayapura batal dilaksanakan. Laga tersebut seharusnya dilaksanakan pada hari Senin 21 Februari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Keputusan hasil pertandingan pekan ke-22 tersebut akhirnya masih ditunggu banyak orang. Pertandingan tersebut seharusnya digelar pada pukul delapan lebih tiga puluh menit malam hari.

Semua pihak kebingungan kenapa Persipura Jayapura tak kunjung datang. Bahkan pertandingan tersebut ditayangkan secara live di Indosiar. Tentu publik semakin antusias menunggu penjelasan kenapa Persipura Jayapura tak kunjung datang.

Surat Dari Persipura

Sebelumnya pihak dari Persipura Jayapura telah membuat surat permohonan untuk pertandingan antara Persipura melawan Madura United. Surat bernomor 004/Persipura/II/2022 itu telah ditulis pada tanggal 20 Februari 2022. Isi dari surat ini adalah alasan kenapa pihak Persipura tidak hadir dalam laga melawan Madura United.

Surat Persipura menjelaskan bahwa tidak dapat mengikuti pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 dikarenakan pihaknya positif Covid. Hasil tes PCR 20 Februari menunjukkan 9 personel positif Covid-19. Dengan rincian 6 pemain Persipura Jayapura dan 3 lainnya Team Official.

Surat yang dituliskan tersebut berisi permohonan bahwa pihak Persipura telah melakukan koordinasi bersama pihak LIB untuk melakukan Tes pembanding yang dilakukan Senin 21 Februari 2022. Apabila dalam tes pembanding tersebut masih terdapat pihak Persipura Jayapura dengan status positif Covid-19, maka Persipura tidak akan berlaga. Ini dikarenakan terlalu banyak pemain yang tidak bisa berangkat dan dapat menghilangkan azas fairness.

Wajar Batal Dilaksanakan

PT Liga Indonesia Baru atau yang sering disebut PT LIB akhirnya melakukan tes ulang dengan berkoordinasi bersama Satgas Covid-19. Hasil tes ulang tersebut ternyata membuktikan bahwa benar adanya 9 personel Persipura Jayapura positif Covid-19. Ini memberi bukti bahwa Persipura Jayapura tidak berbohong mengenai surat yang dilayangkan.

Sedangkan untuk hasil negatif ada 14 personel dari Persipura Jayapura. Sesuai dengan Peraturan yang ada, Pasal 54 (7) Regulasi BRI Liga 1 2021/2022, maka diputuskan tidak perlu lagi ada rapat darurat. Ini dikarenakan tidak ada kejadian darurat mengenai COVID, sehingga tidak perlu diadakan rapat darurat. Wajar saja pertandingan tersebut batal dilaksanakan.

Sama seperti kejadian sebelumnya terkait covid-19, saat Bali United berhadapan dengan Persikabo 1973 beberapa minggu lalu. Pertandingan kedua tim tetap dilaksanakan, seperti yang dikatakan Sudjarno selaku Direktur Operasional LIB dalam situs resminya. Semua komponen sudah siap melanjutkan laga termasuk wasit, LOC, keamanan, dan tim Madura United.

Persipura Jayapura Tidak Hadir

Sebelum laga berlangsung, dalam Daftar Susunan Pemain atau DSP, Madura United telah memasukkan 21 pemain dan official. Namun Persipura Jayapura tidak mengirimkan DSP menjelang laga dimulai. Sebenarnya ini sudah menjadi tanda-tanda bahwa Persipura Jayapura tidak akan hadir.

Semua komponen pertandingan telah bersiap dan memasuki lapangan termasuk pemain Madura United dan wasit pertandingan. Namun hingga semua berjajar dan berfoto, pemain Persipura Jayapura tak kunjung datang. Hingga akhirnya wasit memanggil kapten Madura United untuk membicarakan hal ini.

Sesuai peraturan yang ada, Madura United berhak mendapatkan poin kemenangan 3-0. Ini dikarenakan tidak ada satupun perwakilan dari Persipura Jayapura yang datang ke lapangan. Status kemenangan Madura United terhadap Persipura Jayapura adalah Walkout alias WO. Hingga semua bubar, keputusan belum dibuat.

Komisioner pertandingan harus melaporkan kejadian tersebut ke PT LIB terlebih dahulu selaku penyelenggara liga. Semua harus sesuai peraturan yang ada, hingga resmi Persipura Jayapura dinyatakan WO. Namun pihak dari PT Liga Indonesia Baru lebih menyerahkan keputusan tersebut ke PSSI selaku federasi tertinggi sepakbola Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here