Lyon Tebus Xherdan Shaqiri Seharga 9,5 Juta Pounds Dari Liverpool

0
123

Debatbola.com – Xherdan Shaqiri akhirnya resmi bergabung ke klub Prancis, Lyon seharga 9,5 juta pounds dari Liverpool. Ia memutuskan pergi dari Anfield karena ingin bermain reguler pada musim 2021/22 mendatang. Setelah di musim sebelumnya, pemain berusia 29 tahun itu hanya mencatatkan 22 penampilan di semua kompetisi.

Pemain berkewarganegaraan Swiss itu telah menandatangani kontrak dengan durasi tiga tahun bersama Lyon. Ia berharap dirinya bisa membantu Lyon untuk finish di posisi tiga besar pada klasemen akhir Ligue 1 musim ini.

Ingin Bermain Lebih Banyak di Penghujung Karier

Sebelum resmi bergabung ke Lyon, Xherdan Shaqiri telah berbicara kepada Jurgen Klopp dan manajemen klub bahwa dirinya ingin pindah musim panas ini. Alasannya karena pemain tersebut ingin bermain reguler musim depan. Hal itu tidak dapat dijamin oleh Jurgen Klopp, karena The Reds masih mengandalkan Mohamed Salah di posisi sayap kanan.

Sejak tiba di Anfield tahun 2018 lalu, pemain asal Swiss ini hanya berperan sebagai pelapis Mohamed Salah di posisi tersebut. Dalam tiga tahun terakhir, ia hanya mencatatkan delapan gol serta sembilan assist dalam 63 pertandingan di semua kompetisi.

Meskipun begitu, Xherdan Shaqiri sukses membantu Liverpool menjuarai berbagai macam gelar dalam tiga musim terakhir. Mulai dari Liga Champions, Piala Super Eropa, kemudian Piala Dunia Antar Klub sampai Liga Primer Inggris pada musim 2019/20 lalu.

Dengan berbagai kesuksesan itu, ia merasa waktunya di Liverpool sudah cukup dan dirinya sudah tidak ingin berperan sebagai pemain pelapis lagi. Oleh sebab itu, dirinya meminta Jurgen Klopp dan manajemen klub Liverpool untuk menjualnya ke klub lain musim panas ini.

Pengalaman Baru Xherdan Shaqiri Untuk Bermain Di Prancis

Pemain berumur 29 tahun itu sebenarnya sudah memiliki cukup banyak pengalaman untuk bermain dengan beberapa klub top Eropa. Bayern Munchen, Inter Milan dan Liverpool telah diperkuat olehnya dalam sembilan musim terakhir. Kini ia akan mencoba pengalaman baru bersama Lyon di sepakbola Prancis.

Ini merupakan kali pertama bagi Xherdan Shaqiri berkarir di Prancis, karena sebelumnya ia memang belum pernah berkarir di negara tersebut. Hal tersebut tentu bakal menjadi tantangan tersendiri untuknya karena sebelum ini ia baru merasakan atmosfer sepakbola Swiss, Jerman, Italia dan Inggris.

Dengan pengalamannya bermain di empat negara tersebut, Lyon berharap kepada Xherdan Shaqiri untuk bisa mengangkat performa klub bersaing di Ligue 1 musim ini. Karena Lyon sendiri memiliki target untuk finish di urutan tiga besar pada klasemen akhir Ligue 1 agar bisa lolos ke Liga Champions 2022/23.

Siapa Yang Bakal Menjadi Pengganti Xherdan Shaqiri Di Liverpool?

Kepergian Xherdan Shaqiri dari Anfield nampaknya tidak akan membuat Liverpool pergi ke bursa transfer untuk mencari penggantinya. Sebab keuangan klub tersebut saat ini sangat terbatas. Jurgen Klopp kemungkinan besar bakal mencari pemain akademi untuk menggantikan pemain tersebut musim depan.

Harvey Elliott menjadi salah satu pemain yang sangat mungkin untuk menggantikan peran Xherdan Shaqiri di Liverpool. Di pertandingan terakhir melawan Burnley, pemain berusia 18 tahun itu bahkan sudah tampil gemilang ketika diberi kesempatan bermain penuh.

Ada juga pemain akademi Liverpool bernama Kaide Gordon yang bisa menjadi pelapis Mohamed Salah dan Harvey Elliott musim ini. Karena pemain berusia 16 tahun itu juga berposisi di sayap kanan.

Liverpool berharap kehadiran Harvey Elliott dan Kaide Gordon cukup untuk menggantikan peran Xherdan Shaqiri di Liverpool pada musim-musim sebelumnya. Yakni menjadi pelapis Mohamed Salah yang menjadi bagian inti dari skuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here