Lionel Messi Memudahkan Barcelona

Debatbola.com – Lionel Messi adalah nyawa Barcelona. Musim 2019/20 semakin menunjukkan hal itu. Teranyar, Lionel Messi jadi bintang kala Barcelona mengalahkan Real Betis pada lanjutan La Liga

Barcelona mengalahkan Betis dengan skor 3-2. Messi tak mencetak gol. Tapi pemain asal Argentina itu mencetak tiga asis, yang artinya memborong semua asis Barca pada laga tersebut. Messi terlibat di semua gol Barcelona.

Barcelona masih berada di peringkat kedua klasemen sementara, terpaut tiga poin dari Real Madrid. Jika tak ada Messi, mungkin Barca tak akan ada di sana. Pasalnya, Messi saat ini merupakan pencetak gol terbanyak sekaligus pencetak asis terbanyak La Liga: 14 gol dan 11 asis.

Total 25 gol disumbangkan Lionel Messi baik melalui gol maupun asis untuk Barca musim ini di La Liga. Dengan total 55 gol Barca, artinya setengah gol Barca tak lepas dari peran pemain berusia 32 tersebut.

Pemain anyar Barcelona musim ini, Frenkie de Jong, mengakui betapa besarnya peran Messi di Barcelona musim ini. Berkat kehadiran Messi, menurut De Jong, permainan terasa lebih mudah.

“Menjadi mudah bermain bersamanya karena dia memberikanmu bola pada ruang kosong, meski aku tak memiliki hubungan spesial dengannya, tapi dia tetap bisa memberikanmu umpan bagus pada ruang kosong,” ujar De Jong yang mencetak salah satu gol ke gawang Betis.

Aksi heroik Messi lewat tiga asisnya itu datang di saat yang tepat. Beberapa hari sebelumnya, Barca tersingkir dari Copa del Rey setelah kalah dari Athletic Bilbao. Karenanya, menurut De Jong, ini jadi kemenangan penting. 

“Menjadi sangat penting untuk memenangkan pertandingan dan tentu itu laga yang sulit, apalagi seharusnya kami bisa mencetak lebih banyak gol, seperti pada situasi Lionel Messi tidak diberikan penalti. Padahal itu jelas (pelanggaran), lawan melanggar dan mendorongnya,” kata De Jong. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here