Lionel Messi Ingin Bertahan di Barcelona

0
Lionel Messi

Debatbola.com – Lionel Messi saat ini menjadi salah satu dari dua mega bintang persepakbolaan dunia. Dirinya bersama Cristiano Ronaldo menjadi dua pemain terbaik dalam dunia sepakbola pada periode tahun 2010an. Mereka berganti-gantian menjadi peraih penghargaan tertinggi pemain bola yakni Ballon d’Or.

Hingga kini, penyerang berkebangsaan Argentina itu masih membela klub yang sama sejak awal karir profesionalnya. Tercatat di agen judi bola, Lionel Messi sudah membela Barcelona semenjak tahun 2000 saat sang pemain diboyong dari klub masa kecilnya Newells Old Boys.

Namun baru tahun 2005, pemain yang kerap disapa Messi tersebut promosi ke tim utama. Pelatih asal Belanda, Frank Rijkaard lah yang menjadi pelatih kala sang kapten tim nasional Argentina itu promosi ke tim utama.

Peran Messi Tak Tergantikan

Lionel Messi yang bermain sebagai playmaker, perannya tidak tergantikan di skuat Barcelona. Siapapun pelatihnya, tetap mega bintang asal Argentina itu menjadi pemain inti. Tak dipungkiri, memang perannya begitu vital dan hampir-hampir tak ada pemain yang bisa menggantikannya.

16 tahun membela panji El Barca, Messi sudah bermain di sebanyak 774 pertandingan. Pemain yang kerap bermain sebagai winger kanan tersebut telah mencatatkan rekor 668 gol selama berseragam Biru-Merah.

Messi menjadi pemain Barcelona yang menjadi top score all time tim asal Catalan tersebut. Sang mega bintang berhasil mengalahkan striker El Barca era 1942-1955, Cesar Rodriguez yang hanya mampu mencetak 232 gol.

Maka dari itu, sebutan mega bintang dan GOAT (Greatest Of All Time) sangat pantas diberikan kepada Messi. Sudah banyak yang diberikannya kepada sepakbola, khususnya untuk klub yang telah membesarkan namanya ini.

Blaugrana juga setelah diperkuat pemain yang kerap dijuluki La Pulga ini meraih banyak trofi. Apalagi di era kejayaan mereka periode 2007 hingga 2015. Dimana dua pelatih anyar eks pemain Barcelona yang berada di balik itu semua, Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Bersama Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, La Pulga sering merepotkan pertahanan lawan. Ketiganya menjadi kunci permainan El Barca. Dengan menggunakan taktik tiki-taka yang terkenal itu, maka trofi pun berdatangan ke Camp Nou.

Untuk urusan trofi, pemain yang sukses meraih gelar Ballon d’Or terbanyak dengan jumlah enam kali ini telah meraih segala jenis titel. Gelar Liga Champions, La Liga, Copa Del Rey dan Piala Dunia Antar Klub sudah pernah diraihnya.

Messi Ingin Bertahan

Kalimat judul di atas, sangatlah tepat untuk menggambarkan kondisi saat ini. Usia Messi semakin menua, usianya kini berada di angka 33 tahun. Belum ada pemain matang yang sanggup menggantikannya.

Hanya Ansu Fati, bocah ajaib berusia 18 tahun yang mulai menunjukkan kualitasnya. Namun, pemain asli binaan akademi La Masia tersebut dinilai belum cukup matang dan masih memerlukan bimbingan dari pemain senior.

Hingga menginjak periode tahun 2018 sampai kini, penurunan Barca berturut-turut kita saksikan. Mulai dari Roma, Liverpool, Bayern hingga kini PSG, klub-klub itu berhasil menggagalkan Barcelona untuk melaju lebih jauh di gelaran Liga Champions.

Messi yang masih ingin meraih gelar trofi bersama klub tercintanya ini seakan muak dengan hasil minor tersebut. Puncaknya saat dirinya mengirimkan surat pengunduran diri kepada klub dan presiden sebelumnya, Josep Bartomeu.

Kecaman keras mulai berdatangan. Kepemimpinan yang bobrok mulai terlihat. Mata dunia sudah benar-benar terbuka melihat situasi yang sudah dibeberkan oleh pemain terbaik mereka itu. Hingga Bartomeu dipecat pada tahun 2020 silam.

Sekarang kontrak Messi hanya tersisa hingga akhir musim ini. Sang presiden, Joan Laporta telah menyatakan bahwa dirinya bakal mempertahankan Messi di klub yang dipimpinnya itu. Hal itu sesuai dengan visi-misinya sewaktu sebelum menjabat.

Kabar baik pun datang dari tim asal Catalan tersebut. Pemain yang dijuluki La Pulga itu telah menyatakan bahwa dirinya ingin tetap bertahan. Barcelona dikabarkan sedang bekerja untuk membuat kontrak sang kapten.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version