Liga Belgia Diakhiri Akibat Virus Corona, UEFA Protes

Debatbola.com – Tak semua federasi sepakbola kebingungan dalam menentuskan masa depan musim 2019/20 yang terhenti akibat virus corona. Liga Belgia menjadi liga pertama yang dengan yakin mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan liga. 

Liga Belgia atau juga dikenal dengan sebutan Liga Pro Jupiler, mengambil keputusan untuk mengakhiri liga setelah 24 klub dari dua divisi teratas mengadakan pertemuan. Hasilnya 17 klub setuju jika liga dihentikan permanen dan Club Brugge yang memuncaki klasemen sementara mendapatkan gelar juara.

Ternyata keputusan itu kurang disukai oleh UEFA. UEFA memang meminta semua liga bisa dilanjutkan hingga tuntas meski jadwal harus molor. Maka dari itu UEFA pun meminta liga lain jangan gegabah mengambil keputusan untuk mengakhiri liga seperti Liga Belgia, bukan tak mungkin UEFA akan memberikan sanksi jika tidak menurutinya.

“Aku tak merasa itu keputusan yang tepat,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, pada ZDF. “Solidaritas itu bukan jalan satu arah. Anda tak bisa meminta bantuan lalu memutuskan sendiri apa yang paling cocok untuk Anda.”

“Orang-orang Belgia dan federasi-federasi yang mungkin mempertimbangkan langkah serupa menempati partisipasi mereka di kompetisi-kompetisi Eropa dalam risiko. Harapan UEFA adalah semuanya bisa menuntaskan liga, meski itu berarti periodenya berjalan sangat jauh atau bermain secara tertutup (tanpa penonton).”

Ceferin menegaskan bahwa semua liga diberikan kesempatan untuk menyelesaikan liga paling tidak hingga bulan Agustus. Karena itu opsi menggelar pertandingan tanpa penonton bisa jadi opsi terakhir jika di negara tersebut virus corona masih belum mampu dikendalikan.

“Sepakbola memang tak sama tanpa fans, tapi pastinya lebih baik untuk bertanding dan bisa menyaksikannya di TV ketimbang tak dilanjutkan sama sekali. Inilah yang orang-orang inginkan.”

“Kami masih meninjau kemungkinan bermain di bulan Juli atau Agustus, karena kami tak akan bisa bermain di bulan September atau Oktober.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here