Liga 1 Musim Ini Kembali Tanpa Degradasi

0
166
Liga 1

Debatbola.com – Beberapa hari yang lalu Exco PSSI memutuskan untuk menggelar rapat perihal pagelaran Liga 1 yang diperkirakan akan segera berlangsung. Pasalnya beberapa tim sudah mempersiapkan dengan matang dan bahkan beberapa klub sudah tancap gas dalam belanja pemain baru.

Akan sangat disayangkan apabila pagelaran liga kasta tertinggi di Indonesia ini tak segera digelar. Apalagi jika harus diundur lagi, tentunya akan sangat banyak merugikan bagi klub-klub liga 1.

Jadwal Liga 1 Masih Belum Ditentukan

Meskipun beberapa waktu yang lalu jajaran petinggi PSSI dan panitia Liga 1 sudah melaksanakan rapat secara tertutup, namun nampaknya untuk jadwal masih belum ada bocoran. Pasalnya sampai saat ini juga semua masih belum mengetahui kapan Liga 1 ini akan bergulir kembali seperti sedia kala. Hal ini semakin membuat para suporter dibuat harap-harap cemas, pasalnya para suporter sudah rindu akan euforia Liga 1.

Para suporter berharap dikala pandemi Covid seperti ini masyarakat banyak mendapatkan hiburan. Salah satu hiburan yang cukup berdampak adalah dunia Sepak bola. Masyarakat sebagian besar berharap bahwa Liga 1 akan segera digelar, pasalnya Indonesia merupakan negara dengan fans sepakbola terbanyak di dunia. Akan sangat disayangkan apabila Indonesia kehilangan hiburan utama yang selama ini banyak diidamkan oleh masyarakat banyak.

Rapat Mengumumkan Bahwa Liga 1 Tidak Ada Degradasi

Terkait rapat yang beberapa waktu lalu sudah digelar, memang belum ada info jadwal yang jelas. Namun terdapat keputusan dan poin penting yang perlu diperhatikan oleh klub-klub dan para pendukung. Pasalnya Exco PSSI memutuskan untuk kembali memberikan aturan yang sifatnya sementara yaitu dihapusnya degradasi dalam kompetisi Liga 1 musim 2021. Hal ini banyak mendapatkan respon yang cukup positif dari semua pihak dan perwakilan masing-masing klub.

Para perwakilan dari masing-masing klub sebagian besar juga sangat menyetujui akan keputusan PSSI ini. Para jajaran petinggi PSSI juga menegaskan bahwa keputusan ini diberlakukan semata-mata untuk kepentingan semua klub yang terdampak pandemi Covid-19.

Keputusan yang dibuat oleh Exco sudah dipikirkan secara matang dan sudah dikaji lebih dalam. Oleh karena itu para petinggi PSSI yakin bahwa keputusan yang telah dibuatnya tak akan salah dan merugikan bagi klub.

Namun ada juga segelintir orang yang nampaknya kurang bisa menerima bahwa tidak ada tim yang degradasi. Pasalnya banyak orang yang berpendapat bahwa jika tidak ada degradasi nantinya akan berjalan kurang seru. Karena beberapa musim terakhir, papan bawah selalu menjadi persaingan yang menarik ketika musim segera berakhir dan tim yang berada di zona merah akan tampil lebih ngotot lagi. Namun musim ini tak akan ada lagi yang namanya zona merah dan tak akan ada lagi tim yang degradasi ke liga 2.

Para Klub Liga 1 Banyak yang Terdampak Pandemi

Keputusan Exco yang menyatakan tidak ada degradasi tentunya bukanlah tanpa sebab. Pasalnya PSSI menilai bahwa klub akan sangat kesulitan mengendalikan keuangan di kala pandemi Covid saat ini. Oleh karena itu rasanya terlalu kejam jika musim ini ada yang namanya degradasi. Selain itu tim Liga 1 juga banyak sekali kehilangan pendapatan utama. Hal ini membuat dari segi pendapatan tentunya langsung menurun drastis.

Bisa diambil contoh bahwa musim ini Liga 1 bakal kembali digelar tanpa suporter di stadion. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi klub-klub yang sedang berjuang menyeimbangkan neraca keuangannya. Pasalnya jika tidak ada penonton yang hadir otomatis tidak akan ada biaya pendapatan tiket yang masuk ke klub. Namun keputusan ini tentunya semata-mata untuk kepentingan orang banyak agar pandemi Covid segera usai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here