Liga 1 Kick Off Tetap Tanggal 27 Juli, Lokasi Partai Pertama Menyusul

0
42

Debatbola.com – Beberapa waktu lalu, PT. LIB melalui Akhmad Hadian Lukita mengatakan jika ingin merubah jadwal kick off. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah Liga 1 dimulai pada hari kerja dan ingin dipindah ke hari libur. Secara kebetulan, hari libur jatuh pada tanggal 23 Juli atau tepatnya maju 4 hari dari tanggal awal.

Perubahan jadwal kick off tersebut tentu saja akan mendapat penolakan karena terlalu berdekatan dengan final Piala Presiden. Dengan majunya jadwal kick off akan membuat masa recovery klub yang tampil di final semakin berkurang. Kini PSSI dan PT. LIB kembali memberi kabar terbaru mengenai jadwal kick off yang telah disepakati.

Tetap Di Tanggal Awal

Wacana perubahan jadwal kick off di Liga 1 beberapa waktu sempat membuat heboh. Pasalnya jadwal akan dimajukan dan menyebabkan pemotongan masa istirahat bagi klub yang masih berlaga di Piala Presiden. Namun kini setiap klub bisa bernapas lega karena rencana tersebut dibatalkan.

Baru-baru ini PSSI telah memutuskan jika tidak akan ada perubahan mengenai jadwal kick off. Hal tersebut disampaikan oleh Mochamad Iriawan selaku ketum PSSI ketika ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga. Ketum PSSI itu memastikan jika kick off Liga 1 tetap akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan awal.

Hal serupa juga disampaikan oleh Akhmad Hadian Lukita ketika ditemui di Stadion Kanjuruhan Malang di hari yang sama. Direktur PT. LIB tersebut mengatakan jika jadwal kick off masih on track atau sesuai dengan rencana awal. Dengan begitu, hampir bisa dipastikan jika kick off akan terlaksana pada tanggal 27 Juli nanti

Hingga kini, federasi terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah dan juga kepolisian terkait draft Liga 1. PSSI dan PT. LIB terus berusaha agar penonton tetap bisa hadir di Stadion meskipun sempat ada kejadian di fase grup Piala Presiden. Antusiasme yang tinggi membuat PSSI dan PT. LIB ingin terus menghadirkan penonton.

PSSI juga tengah berusaha agar jadwal kick off Liga 1 tidak kembali mundur seperti musim sebelumnya. Pasalnya, jika kembali molor maka akan mengganggu jadwal yang telah disusun. Mundurnya jadwal kick off juga akan membuat kompetisi berakhir tidak tepat waktu.

Tinggal Tentukan Lokasi

Dengan tanggal yang telah ditentukan, PT LIB dan PSSI kini tengah berusaha menyelesaikan persiapan untuk Liga 1. PT. LIB juga telah mengagendakan tindak lanjut dari kepastian jadwal itu di pekan depan. Bersama 18 klub yang musim ini berada di Liga 1, PT. LIB akan membahas susunan regulasi serta draft jadwal.

Federasi dan operator Liga tersebut juga tengah menyusun jadwal yang berdasarkan masukan dari masing-masing klub. Namun karena beberapa klub masih sibuk di Piala Presiden, kemungkinan meeting akan dilakukan secara virtual. PSSI dan PT LIB juga masih harus menentukan lokasi dari laga pembuka.

Saat ini, PSSI dan PT. LIB tengah berdiskusi dengan berbagai pihak termasuk klub yang bersangkutan untuk menentukan lokasi laga pembuka. Mochamad Iriawan juga meminta kepada publik untuk bersabar mengenai hal tersebut. jika sudah diputuskan, maka PSSI dan PT. LIB akan langsung mengumumkan ke publik.

Seperti yang diketahui, PSSI dan PT. LIB merencanakan pelaksanaan Liga 1 yang dimulai 27 Juli dan akan berakhir di bulan April 2023. Berbeda dengan musim kemarin, kali ini format Liga 1 akan kembali ke home away seperti sebelumnya. PSSI dan PT. LIB juga merencanakan adanya penonton di setiap pertandingan.

Klub Liga 1 Bersiap

Kembalinya jadwal kick off ke jadwal semula tentu saja disambut antusias oleh klub-klub Liga 1. Dengan begitu, persiapan untuk menyambut musim baru tersebut menjadi lebih panjang dan lebih maksimal. Pasalnya sebagian klub masih harus berkutat dengan jadwal padat di Piala Presiden.

Seperti yang diketahui, ada 4 klub yang melaju ke semifinal yaitu PSIS Semarang, Arema, PSS Sleman serta Borneo FC. Laga Final rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 17 Juli nanti. Jika kick off kembali ke tanggal 27 Juli, maka klub yang berlaga di final akan memiliki waktu 10 hari untuk recovery.

Untuk klub yang gagal lolos dari fase grup kini sudah mulai berbenah dan mempersiapkan diri untuk menyambut musim baru. Terutama Bali United yang lagi-lagi gagal lolos dari fase grup di Piala AFC yang diikuti. Bali United kabarnya akan menjadikan Liga 1 sebagai pelampiasan karena gagal lolos fase grup di 2 kompetisi yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here