Lewandowski Dukung Polandia Boikot Laga Kontra Rusia

0
82

Debatbola.com – Akibat invasi Rusia ke Ukraina, negara pimpinan Vladimir Putin kini diboikot di berbagai aspek kehidupan, termasuk sepakbola. Polandia baru-baru ini memboikot dan enggan bermain melawan Rusia di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia. Robert Lewandowski yang merupakan striker The Eagles pun mendukung keputusan negaranya tersebut.

Sepakbola Eropa Menghindar dari Rusia

Tepat pada tanggal 24 Februari 2022 kemarin, Rusia melancarkan invasi militer ke wilayah Ukraina dan membuat sejumlah wilayah lumpuh. Semenjak kejadian tersebut, isu konflik Rusia-Ukraina kembali menjadi perbincangan hangat. Konflik ini bahkan ikut berdampak ke berbagai aspek kehidupan, termasuk sepakbola.

UEFA selaku otoritas sepakbola Eropa baru-baru ini resmi memindah venue final Liga Champions. Dari yang semula bakal digelar di Saint-Petersburg, Rusia, kini dialihkan ke Saint-Denis yang berlokasi di negara Prancis. Selain pemindahan venue final Liga Champions, ternyata ada beberapa dampak lain yang ditimbulkan dari invasi ini.

Rusia kini seakan menjadi negara yang dihindari para aktor lapangan hijau. Tiga negara Eropa, Swedia, Polandia dan Republik Ceko juga sepertinya demikian. Saat ini, tiga negara itu secara tidak langsung saling terhubung di babak play-off World Cup 2022. Polandia adalah negara pertama yang bakal berhadapan langsung dengan Rusia.

Boikot Laga Melawan Rusia

Jika melihat jadwal, Polandia dijadwalkan bakal berjumpa Rusia di VTB Arena yang notabene merupakan markas Tim Beruang Merah. Namun, akibat insiden invasi Rusia ke Ukraina, Polandia lantas memboikot pertandingan ini. Bukan cuma meminta laga dipindahkan, federasi Polandia bahkan dilaporkan tidak mau memainkan pertandingan ini.

Melansir laman The Independent, ketua Asosiasi Sepakbola Polandia, Cezary Kulesza telah mengungkapkan bahwa timnas Polandia enggan memainkan laga melawan Rusia. Alasannya tentu karena invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina. Kulesza juga meminta Swedia dan Republik Ceko ikut memboikot laga karena keduanya sama-sama punya kans bertemu Rusia.

“Jangan bicara lagi, waktunya bertindak.” Tulis Kulesza lewat akun Twitter pribadinya. “Akibat agresi federasi Rusia ke Ukraina, timnas Polandia tidak mau memainkan laga play-off melawan Rusia. Ini satu-satunya keputusan tepat. Kami sekarang sedang bicara dengan Swedia dan Republik Ceko untuk mengajukan masalah ini ke FIFA.”

Dukungan Lewandowski

Langkah Polandia memboikot laga play-off World Cup melawan Rusia ternyata mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu yang mendukungnya adalah pemain andalan Bayern München, Robert Lewandowski. Lewandowski mendukung aksi ini dengan cuitan singkat di laman Twitternya, “Keputusan yang tepat.”

Striker andalan Bayern München yang juga merupakan top skorer sepanjang masa Polandia lantas mengungkapkan alasan mengapa ia mendukung langkah federasi Polandia. Ia tahu bahwa dengan diboikotnya laga ini, para penggemar lah yang akan dirugikan. Tetapi ia tak mau Polandia tutup mata dengan invasi militer besar yang dilakukan Rusia.

“Saya tak bisa membayangkan bagaimana sebuah pertandingan melawan timnas Rusia bisa tetap berlangsung, sementara agresi bersenjata di Ukraina masih terus berlanjut.” Tulis striker berusia 33 tahun tersebut. “Para fans dan pesepakbola Rusia tidak bertanggung jawab atas hal ini, tapi kami tak bisa tutup mata dan bertindak seolah tak ada apapun yang terjadi.”

Swedia dan Republik Ceko Siap Ikut Bersatu

Seperti yang telah disebutkan, Swedia dan Republik Ceko juga ikut ambil bagian dalam pemboikotan ini. Bagaimanapun, keduanya bakal memperebutkan satu tiket menuju final play-off kualifikasi World Cup. Pemenang duel Swedia melawan Republik Ceko ini pun berpotensi bertemu Rusia di babak final.

Sebelumnya, Swedia dan Republik Ceko, bersama dengan Polandia kompak mengajukan pernyataan resmi kepada FIFA untuk menggelar laga di luar Rusia. FIFA membalas dengan janji bakal melihat situasi terlebih dahulu sebelum membuat keputusan. Kini, tiga negara tersebut nampaknya siap bersatu memboikot laga melawan Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here