Legenda Liverpool Sebut Hanya Ada Dua Pemain yang Pantas Gantikan Mané dan Salah

0
72

Debatbola.com – Sadio Mané dan Mohamed Salah saat ini adalah dua pemain andalan Liverpool dan sepertinya berstatus tidak tergantikan. Legenda The Reds, Robbie Fowler pun mencoba menerka siapa yang pantas menggantikan Mané dan Salah jika keduanya pergi. Menurut Fowler, hanya ada dua pemain yang bisa menggantikan dua nama besar Liverpool tersebut.

Duo Mané-Salah Bakal Pergi?

Sekitar enam tahun lalu, Liverpool mendatangkan bintang Southampton, Sadio Mané dengan mahar sekitar 700 miliar rupiah. Hanya berselang setahun, Liverpool berhasil mendapatkan tanda tangan bintang baru. Mohamed Salah datang dari AS Roma dengan mahar transfer yang hampir mirip, yakni sama-sama senilai sekitar 700 miliar rupiah.

Lima tahun bersama, Mané dan Salah kini seakan sudah menjadi sosok yang tidak terpisahkan di Liverpool. Musim ini saja, catatan gol keduanya, jika digabung telah menyentuh angka 40 gol. Salah berkontribusi menggetarkan jala lawan sebanyak 27 kali, sementara Mané mencetak lebih sedikit gol, yakni sebanyak 13 kali.

Sayang, kontrak duo Mané dan Salah bakal berakhir tak lama lagi. Menurut laman Transfermarkt, keduanya terikat kontrak sampai pertengahan tahun 2023. Namun, sampai saat ini, belum ada perpanjangan kontrak. Hal ini pun memunculkan sejumlah desas-desus bahwa pasca musim Liga Inggris 2022/2023, keduanya bakal berakhir menjadi pemain klub lain.

Cuma Dua Nama yang Bisa Jadi Pengganti

Melihat kontribusi duo Mané-Salah yang begitu besar buat Liverpool, rasanya sulit memprediksi siapa yang bakal bisa gantikan keduanya. Legenda Liverpool, Robbie Fowler juga kesulitan memprediksi siapa yang cocok menggantikan duet tersebut. Namun, Fowler beranggapan bahwa hanya ada dua nama yang sanggup gantikan duo Mané-Salah.

Seperti kebanyakan penggemar Liverpool, Fowler tidak mau melihat Liverpool melepas Mané dan Salah. Tapi jika kemungkinan paling buruk itu terjadi, Fowler meminta The Reds mendatangkan Kylian Mbappé dan Erling Haaland. Karena menurut Fowler, hanya dua pemain muda itulah yang bisa gantikan Salah dan Mané.

“Saya hanya ingin melihat klub (Liverpool) memberi kontrak baru untuk Mo Salah dan Sadio Mané.” Papar Fowler kepada Daily Mirror, mengutip via Daily Express. “Pertanyaan terbesarnya adalah, “Bagaimana negosiasi kontrak mereka?” Jika mereka tak memperpanjangnya, secara logika, mereka bakal dijual di musim panas.”

“Pertanyaan berikutnya adalah, “Setelah itu, apakah Liverpool bisa saingi Manchester City dalam perburuan gelar di musim berikutnya?” Jawabannya tidak, kecuali mereka mendatangkan Kylian Mbappé dan Erling Haaland untuk menggantikan keduanya. Tapi seperti kasus (Romelu) Lukaku, tak ada jaminan untuk pemain berharga mahal.”

Strategi Transfer Jitu Liverpool

Fowler lalu memuji setiap strategi transfer Liverpool. Menurut wahana888, setiap pemain yang datang ke Liverpool tidak disiapkan untuk langsung mengganti para pemain yang ada. Tetapi, para pemain itu disiapkan untuk mengganti para pemain yang ada, namun di masa depan. Fowler pun menilai Jürgen Klopp kini tengah mempersiapkan pengganti duet Mané-Salah.

“Mereka (Mbappé dan Haaland) adalah orang yang selevel untuk menggantikan keduanya (Mané dan Salah.). Tapi jika mereka masih bisa main lima tahun atau lebih, mengapa harus digantikan? Apalagi mereka sudah mengetahui taktik Klopp luar dalam. Itulah mengapa saya pikir, harus ada perpanjangan kontrak.”

“Menurut saya, mereka mendatangkan (Diogo) Jota, (Luis) Díaz juga dengan satu alasan. Mereka datang bukan untuk menggantikan pemain yang ada, tapi untuk menambah kedalaman sehingga para pemain depan bisa lebih sering beristirahat. Itu akan membuat mereka bermain lebih lama sampai mereka berusia 30 tahunan.”

“Lalu, ketika para pemain senior mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan permainan, maka akan ada pemain-pemain berpengalaman yang siap mengambil alih posisi mereka. Jangan lupa, ada juga para pemain muda penuh semangat yang juga siap mendukung di belakang mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here