Legenda Arsenal Gabung Staff Kepelatihan Timnas Belgia

0
144
Legenda Arsenal Gabung Staff Kepelatihan Timnas Belgia

Debatbola.com – Thierry Henry sudah pernah melatih timnas Belgia dalam kompetisi World Cup 2018 dan Euro 2016 kemarin. Legenda Arsenal itu lantas meninggalkan Rode Duivels selepas turnamen empat tahunan itu selesai. Namun sekarang, Henry secara resmi kembali masuk ke dalam staff kepelatihan Belgia.

Gabung Lagi Bareng Belgia

Jelang bergulirnya kompetisi Euro 2020, sejumlah kejutan terjadi di beberapa negara kontestannya. Beberapa nama, mulai dari pemain hingga staff mulai bergabung baru-baru ini. Salah satu kejutan yang terjadi jelang ajang Euro 2020 adalah kembalinya Thierry Henry ke dalam Rode Duivels.

Henry sempat memperkuat Belgia sebagai bagian dari staff kepelatihan, tetapi ia telah meninggalkan peran tersebut. Menjelang gelaran Euro 2020 ini, Henry sejatinya mendapat tawaran menjadi pundit di stasiun televisi BBC. Tetapi peran itupun ditolak Henry demi bereuni lagi bersama Roberto Martínez.

Kebahagiaan Henry dan Belgia

Menanggapi kembalinya dirinya sebagai staff pelatih Belgia, Henry mengaku senang dan bangga. Ia sejatinya merasa berat hati menolak tugas sebagai pundit di BBC. Tetapi ia tidak sabar menanti comebacknya tim Belgia. Ia juga ingin memberikan kesuksesan untuk Rode Duivels, seperti di era World Cup 2018 kemarin.

“Adalah sebuah kehormatan dan keistimewaan saya mendapat panggilan lagi untuk menemani Roberto dan seluruh staff kepelatihannya dalam turnamen Euro nanti.” Kata Martínez. “Ini merupakan lanjutan dari kisah yang belum tamat, di mana kami ingin memberikan kesuksesan untuk tim di waktu-waktu yang akan datang.”

“Rasanya juga sangat sedih saya tak dapat bersama lagi dengan seluruh rekan dan tim saya yang luar biasa di BBC selama gelaran Euro 2020 musim panas ini. Tapi, kesempatan untuk bergabung dengan timnas Belgia lagi adalah sesuatu yang mustahil saya tolak. Saya berterimakasih pada BBC yang telah memperbolehkan saya menerima peluang ini lagi.”

Bukan cuma Henry, timnas Belgia ternyata juga senang menanggapi kembalinya sosok legendaris yang diketahui pernah bermain bersama timnas Prancis dan Arsenal itu. Melalui unggahan media sosial, Belgia menyambut kedatangan sang legenda kembali. Mereka bahkan menulis ‘Urusan yang belum selesai’ untuk menyambut kembalinya Henry.

Rekam Jejak Karir Henry

Sebagai pemain, karir Thierry Henry pastinya sudah sangat dikenal oleh para pecinta sepakbola di seluruh dunia. Pria yang kini berusia 43 tahun tercatat pernah membela sejumlah raksasa Eropa. Sebut saja Arsenal, Juventus, Barcelona, AS Monaco, hingga klub Major League Soccer New York Red Bulls.

Dalam turnamen internasional, nama Thierry Henry juga dikenal sebagai salah satu pahlawan timnas Prancis. Bahkan, Henry tercatat telah memenangkan gelar Pemain Terbaik Prancis sebanyak lima kali, dan rekor itu kini belum pernah dikalahkan pemain manapun. Henry juga pernah membawa Les Bleus menjuarai World Cup 1998, dan UEFA Euro 2000.

Tahun 2007 barangkali menjadi puncak kesuksesan Henry bersama timnas, karena saat itu, ia dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Prancis. Henry memutuskan pensiun dari karir internasional setelah turnamen World Cup 2010. Lalu ia benar-benar pensiun sebagai pemain pada  tahun 2015.

Selepas pensiun, Henry ternyata masih menggeluti dunia sepakbola, di mana ia berkarir sebagai pelatih, dan juga sebagai pundit di beberapa stasiun televisi. Belgia melirik Henry dan kemudian memanggilnya sebagai asisten pelatih pada tahun 2016. Ia lalu menyudahi perannya tersebut demi menangani mantan klubnya dahulu AS Monaco pada 2018.

Sayangnya, karir Henry sebagai pelatih Monaco ternyata tak bertahan lama karena ia akhirnya meninggalkan jabatan tersebut pada Januari 2019. Henry lalu melatih klub MLS Montréal Impact. Ia sukses membawa Montréal ke babak playoff musim 2020 sebelum akhirnya hengkang dengan alasan untuk bisa lebih dekat dengan keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here