Lawan Timnas Di FIFA Matchday Telah Ditentukan

0
32

Debatbola.com – FIFA Matchday adalah agenda terdekat yang akan diikuti oleh Timnas senior Indonesia di tahun ini. PSSI diharuskan mencari lawan untuk Timnas dalam agenda yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September itu. Tidak boleh asal memilih lawan, karena hasil FIFA Matchday nanti akan berpengaruh pada ranking FIFA Indonesia.

Sebelumnya, Shin Tae-Yong telah memberikan kriteria khusus untuk negara calon lawan Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea itu meminta lawan yang rankingnya diatas Indonesia untuk FIFA Matchday September nanti. Kini PSSI telah menyiapkan total 3 lawan untuk Timnas Indonesia di agenda tersebut.

PSSI Telah Siapkan 3 Lawan

Dalam FIFA Matchday September nanti, PSSI menginginkan Indonesia setidaknya melakukan 2 pertandingan. PSSI sendiri menjadwalkan pertandingan tersebut terjadi pada rentang tanggal 19 hingga 27 bulan September nanti. Sedangkan untuk lokasinya, PSSI merencanakan pertandingan tersebut dilaksanakan di Indonesia.

Memenuhi permintaan dari Shin Tae-Yong, PSSI telah mendapatkan lawan untuk Indonesia di FIFA Matchday yang akan datang. Total 3 negara yang akan dihadapi oleh Indonesia pada agenda di bulan September. Dari ketika lawan tersebut, satu diantaranya berasal dari Amerika Selatan.

Berdasarkan informasi dari PSSI pada Rabu tanggal 20 Juli kemarin, ketiga lawan Indonesia yaitu Curacao, Hongkong dan India. Curacao sendiri merupakan negara kepulauan di laut Karibia dan termasuk anggota CONCACAF. Kini PSSI terus menjalin komunikasi intensif dengan ketiga negara itu.

Sebelumnya, nama Bolivia yang muncul ketika PSSI membocorkan bahwa Indonesia akan melawan tim yang berasal dari Amerika Selatan. PSSI juga membocorkan jika negara tersebut berada di kisaran ranking FIFA 80 sampai 100. Bolivia sendiri kini menempati posisi 81 di ranking FIFA terbaru.

Isu mengenai Bolivia langsung menyurut ketika PSSI mengumumkan Curacao yang menjadi lawan Indonesia dari Amerika Selatan. Seperti yang diketahui, posisi negara tersebut di ranking FIFA sama seperti yang dibocorkan PSSI. Namun ada kendala yang cukup menyulitkan untuk mendatangkan Curacao.

Sebagian besar pemain Timnas Curacao hingga saat ini belum melakukan vaksin covid-19. Padahal vaksin merupakan syarat mutlak untuk warga negara asing bisa memasuki Indonesia. Jika para pemain Timnas Curacao tidak juga melakukan vaksin hingga September nanti, bisa saja pertandingan tersebut batal.

Ranking FIFA 3 Lawan Timnas

Indonesia mengalami kenaikan ranking di FIFA yang cukup signifikan di tahun ini. Kini Indonesia berada di peringkat 155 dan termasuk rendah dibandingkan rivalnya di ASEAN. Karena hal itulah lawan Indonesia di FIFA matchday nanti harus lebih kuat agar bisa mendongkrak ranking Timnas.

Dua calon lawan Timnas Indonesia yang berasal dari Asia sudah dipastikan rankingnya lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Hongkong yang merupakan anggota dari EAFF kini menduduki posisi 145 di ranking FIFA. Sedangkan India lebih tinggi lagi yaitu ranking FIFA di angka 104.

Peluang Indonesia untuk bisa menang atas Hongkong cukup besar mengingat negara tersebut pernah dikalahkan Malaysia di FIFA Matchday sebelumnya. Sedangkan untuk bisa menang melawan India akan lebih sulit dilakukan oleh Timnas. Namun jika berhasil menang maka akan mampu mendongkrak kenaikan ranking FIFA Indonesia.

Dibandingkan dua negara tersebut, Curacao menempati posisi yang jauh lebih tinggi. Yaitu peringkat 84. Karena hal itulah Curacao akan menjadi lawan yang paling potensial untuk Indonesia. Ranking FIFA Indonesia akan naik drastis jika berhasil mengalahkan Timnas negara itu.

Berpotensi Dapat Kekuatan Baru

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh belum juga dapat dipastikan rampungnya. Berdasarkan kabar terbaru yang beredar, berkas naturalisasi keduanya sudah sampai di tangan Presiden untuk meminta persetujuan. Padahal, tenaga kedua pemain itu sangat dibutuhkan untuk memperkuat Timnas.

Setelah cukup lama menanti, Mochamad Iriawan mengatakan jika proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah hampir selesai. Bahkan kemungkinan keduanya akan bisa bergabung saat Indonesia bertanding di FIFA Matchday September nanti. Dengan bergabungnya dua pemain itu, Timnas Indonesia akan mendapat kekuatan di agenda itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here