Latihan Perdana PSM Telah Dimulai, Bernardo Tavares Langsung Tancap Gas

0
28

Debatbola.com – Sejak Rabu tanggal 11 Mei 2022 kemarin, PSM Makassar telah mulai melakukan latihan perdananya. Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Bernardo Tavares yang sudah tiba di kota Daeng sejak tanggal 10 Mei. Bosowa Sport Center terpilih sebagai lokasi dari latihan para pemain PSM Makassar.

Diantara wajah-wajah lama PSM Makassar, juga ada setidaknya 4 wajah baru yang bergabung di latihan perdana. Bahkan supporter PSM juga terlihat berada di lokasi latihan. Karena terkesan, Bernardo Tavares mengungkapkan jika dirinya siap membantu PSM meraih hasil terbaik di musim depan.

Fokus Siapkan Mental Pemain PSM
Latihan perdana PSM Makassar berlangsung sukses dan dihadiri sebanyak 21 pemain yang merupakan gabungan dari wajah lama ditambah wajah baru. Beberapa pemain juga masih harus absen karena tengah berada di kampung halaman. Kabarnya jumlah pemain milik PSM tersebut akan kembali bertambah di beberapa waktu kedepan.

Selama proses latihan, ke-21 pemain tersebut dibagi menjadi dua kelompok utama. Kelompok pertama dipimpin langsung oleh Bernardo Tavares ditemani asisten pelatih dan melatih total 18 pemain. Sedangkan sisanya yang berposisi sebagai kiper berlatih bersama Allan Hafiduddin.

Selain diikuti oleh pemain lama dan pemain baru, latihan perdana tersebut juga diikuti oleh para pemain trial. Setidaknya ada 6 pemain trial dari U-19 yang ikut bergabung dalam latihan tersebut. Spesialnya lagi, supporter PSM juga terlihat berada di luar lapangan dan ikut menyaksikan proses latihan.

Pasca latihan perdana yang dilaksanakan pada hari Rabu tersebut, Bernardo Tavares membeberkan program latihan yang disusunnya. Sebagai awalan, Tavares ingin fokus pada pengembalian kebugaran para pemainnya terlebih dahulu. Menu latihan kemudian akan bertambah secara bertahap termasuk strategi dan taktik yang digunakan.

Kebugaran fisik para pemain PSM Makassar penting untuk dimaksimalkan mengingat PSM Makassar tidak hanya mengikuti satu kompetisi saja. Adanya AFC Cup 2022 serta Liga 1 membuat PSM tidak memiliki waktu untuk bersantai. Dalam beberapa pekan ke depan latihan fisik menjadi menu utama latihan para pemain.

Selain menyiapkan fisik para pemainnya, Bernardo Tavares juga akan menyiapkan mental skuad PSM Makassar. Pasalnya lawan yang akan dihadapi oleh PSM di AFC Cup bukalah hanya dari Indonesia saja. PSM akan berhadapan dengan klub-klub lain dari Asia dan tentunya membutuhkan mental yang cukup kuat.

Ungkap Kekurangan Tim
Dalam wawancara pasca latihan perdana kemarin, Bernardo Tavares bukan hanya mengungkapkan menu latihannya saja. Pelatih asal Portugal tersebut juga mengungkapkan kekurangan yang dimiliki skuadnya saat ini. Demi membangun kerangka tim seperti yang diinginkan, Tavares harus memperbaiki kekurangan tersebut.

Pilihan Bernardo Tavares untuk memperbaiki kebugaran para pemain PSM Makassar merupakan langkah yang tepat. Pasalnya kekuatan fisik para pemain kini mengalami penurunan pasca libur panjang dan kini menjadi kelemahan tim. Padahal kondisi fisik pemain harus benar-benar dijaga untuk bisa melakoni padatnya jadwal pertandingan.

Sebagai pelatih, Bernardo Tavares optimis jika kondisi fisik para pemainnya akan terus meningkat seiring berjalannya latihan. Setelah fisik pemain dalam kondisi prima, baru latihan akan fokus pada teknik serta taktik. Bernardo Tavares berharap skuadnya sudah siap sebelum AFC Cup 2022 bergulir.

Sementara itu, PSM Makassar akan kembali berusaha melengkapi skuad yang dimilikinya. Kabarnya, Tavares masih ingin mendatangkan pemain lokal ditambah dengan pemain asing dalam waktu dekat. Sang pelatih akan bekerja maksimal agar PSM bisa meraih trofi di musim ini.

Bernardo Tavares juga mengakui jika dirinya merupakan seorang pelatih dan bukan seorang pesulap. Karena hal itulah untuk bisa merubah PSM ke posisi yang lebih baik dibutuhkan kepercayaan serta kerja keras. Butuh waktu yang lebih banyak agar skuad PSM Makassar memiliki mental juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here